Apakah kamu seorang mahasiswa yang akan atau tengah menuntut ilmu di luar kota, jauh dari kampung halaman? Atau kamu adalah seorang yang bekerja di luar kota? Ataukah sedang meniti karier untuk mengumpulkan tabungan.

Semua itu bisa dikatakan orang yang sedang merantau. Memang hidup tak selalu berada di zona nyaman. Terkadang kita dihadapkan pada situasi yang mengharuskan kita keluar dari zona nyaman.

Hal itu membuat kita semkain berkembang. Dengan hidup mandiri orang akan semakin terasah skillnya. Menjadi perantau memang bukan perkara mudah.

Memutuskan untuk merantau dan atau bekerja jauh dari kampung halaman tentu harus berhati-hati dalam mengelola keuangan.

Kebutuhan hidup di daerah perantauan semakin beragam,apalagi jika kita jauh dari orang tua. Yang biasanya kita hidup nyaman bersama orang tua dan nyaman tinggal di rumah, kita harus mandiri dan mengatur segala hidup kita sendiri.

Orang yang merantau pasti berharap kehidupannya jauh lebih baik, dalam artian ia berharap mempunyai bekal lebih untuk masa depannya. Selain pengalaman hidup, mereka pun ingin memiliki tabungan yang nantinya untuk masa depan.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan agar kamu bisa hemat di perantauan?

1Lakukan Survey Tempat Tinggal dengan Harga Terjangkau

desainrumahid.com

Tempat tinggal adalah kebutuhan pertama yang harus dipenuhi ketika merantu. Karena di sanalah tempat kamu berteduh dan beristirahat.

Sebelum merantau, kamu sebaiknya melakukan survei tempat tinggal. Pilihlah tempat tinggal dengan harga terjangkau.

Jangan malas untuk menjelajah dari satu daerah ke daerah lain agar bisa membandingkan harga sewa. Tidak perlu memilih kos dengah harga selangit yang di dalamnya menawarkan fasilitas-fasilitas mewah.

Dimana fasilitas tersebut dirasa tak terlalu kamu butuhkan. Kamu cukup memilih tempat tinggal sederhana yang bersih, aman dan nyaman.

2Rajin Browsing atau Bertanya Kepada Teman di sana Tentang Dana Pengeluaran

appletozebra.com

Nah, setelah tempat tinggal sudah Ok dan kamu nyaman di sana selanjutnya cari tahu tentang budget yang dibutuhkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Hal itu perlu kamu lakukan sebagai gambaran bagaimana kamu mengatur keuangan dan berapa dana yang harus dikeluarkan setiap harinya.

Kamu dapat bertanya mulai dari hal kecil mengenai kebutuhan di sana. Seperti makan atau dimana tempat makan yang murah, transportasi, dan lain-lain.

Selain informasi dari temanmu yang sudah lama di sana, kamu dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan berjelajah di diunia maya.

3Agar Hemat, Bawalah Kendaraan Pribadimu

7leopold7.files.wordpress.com

Terkadanag tempat perantauan yang akan kita singgahi memiliki jalur transportasi yang lumayan rumit. Sehingga kita tak hanya menggunakan satu akses transportasi agar sampai ke tempat tujuan.

Atau bahkan dana transportasi di sana begitu tinggi. Nah, maka dari itu dana trasnportasi harus di pikirkan matang-matang.

Jika kamu memiliki kendaraan di kampung halaman, bawalah segera ketempat perantauan agar mempermudah kamu untuk menjelajahi kota tujuanmu.

Tentu kamu juga harus memikirkan rincian dananya, seperti uang bensin dan kebutuhan parkir.

4Hindari Jalan-jalan atau Berwisata yang Tak Jelas

www.akulebay.com

Apa yang ada di benakmu ketika tiba di tempat perantauan? Umumnya tempat wisata. Ya, bagaimana tidak kebanyakan orang tergoda akan obyek wisata di tempat baru yang akan ia singgahi.

Mereka ingin menjelajah agar dapat menikmati obyek wisata di kota tersebut. Perlu kamu tahu, hal tersebut tanpa disadari dapat menghabiskan uang mu sedikit demi sedikit. Boleh refreshing, tapi kamu juga berpikir agar pengeluaran tersebut bisa terkontrol.

Salah satu alternatif yang dapat dilakukan misalnya pilih tempat wisata yang dekat dengan tempat tinggalmu, atau wisata dengan harga yang besahabat dengan kantongmu bahkan syukur-syukur gratis.

5Pastikan Kamu Mempunyai Kawan yang Bisa Dimintai Bantuan

onenews.id

Perasaan pertama yang di rasa ketika berada di tempat perantauan adalah merasa sendiri. Hal itu akan berbeda jika kamu mempunyai saudara atau teman yang di sana.

Pasti akan merasa aman saat kita tinggal di perantauan jika kita memiliki saudara atau teman yang ada di sana.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa berhemat ketika diperantauan. Semoga sukses dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here