mushroomali.blogspot.com

Yuk Coba Tips Makanan Bergizi Untuk Sahur Ini, Agar Tubuhmu Kuat Berpuasa Sebulan Penuh

Posted on

Bulan Ramadhan sebentar lagi tiba. Salah satu persiapan yang perlu umat Muslim lakukan adalah dengan mengokohkan fisik, agar kuat menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Salah satu yang menjadi faktor penunjang dari kuatnya seseorang untuk berpuasa sebulan penuh, selain olahraga dan pola hidup sehat, adalah pola makan yang dilakukan saat sahur dan berbuka.

Itulah kenapa Allah menyunnahkan dan sangat menganjurkan hambaNya untuk melakukan makan sahur dan buka di saat berpuasa, karena selain terkandung waktu mustajab dan penuh berkah, melakukan makan sahur dan buka juga dapat menguatkan stamina.

Pun pada saat makan sahur dan berbuka, tak semestinya juga kita asal makan makanan yang justru malah bisa membuat tubuh kita sakit dan lemas sehingga tak bisa menjalankan puasa secara maksimal.

Lalu apa yang harus kita lakukan saat makan sahur agar menjadi asupan tenaga dan memacu tubuh tetap sehat saat berpuasa hingga waktu berbuka? Ini dia tipsnya!

Makan Secukupnya Saja

beauty.grivy.com

Maksudnya di sini lebih kepada porsi. Jangan tersugesti pikiran agar puasa kuat maka harus makan banyak. Karena kebanyakan makan justru akan membuat perut sakit dan tubuh menjadi lemas.

Jadi makan dengan porsi yang secukupnya saja, tidak terlalu banyak namun juga jangan terlalu sedikit.

Hindari Makan Makanan yang Terlalu Pedas

www.kaskus.co.id

Entah yang memiliki masalah dengan lambungnya atau tidak, makanan yang terlalu pedas justru akan memicu naiknya asam lambung karena sejatinya cabe mengandung vitamin C yang jauh lebih besar daripada jeruk.

Untuk menghindari sakit perut, naiknya asam lambung, diare, atau masalah yang lainnya, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang terlalu pedas saat sahur.

Apalagi setelah bangun tidur dimana kondisi lambung sempat kosong selama tidur, maka akan sangat berat bagi lambung jika langsung dipaksa dengan makanan yang terlalu pedas.

Sebaiknya Makan Nasi atau Oat

www.resepbuat.com

Nasi adalah makanan pokok kita warga Indonesia, dan kita tahu kandungan karbohidrat yang akan menghasilkan kalori untuk energi manusia juga sangat tinggi.

Maka sebaiknya saat sahur kita makan nasi saja. Karena nasi akan lebih lama bertahan di tubuh untuk cadangan tenaga agar tubuh tidak lemas.

Jika tidak nasi, bisa dengan konsumsi oat. Namun memang oat harganya mahal dan tidak semua suka juga sih. Hehehe.

Perbanyak Minum Air Putih

www.techno.news

Jangan lupa untuk menjaga stamina dan tenaga, maka perbanyak minum air putih. Karena air putih memiliki manfaat yang sangat kaya dalam menjaga stamina dan kebugaran bagi tubuh.

Hindari Makan Mie

catatan-galihpamungkas.blogspot.com

Mie memang enak, namun untuk makan sahur sebaiknya kita perlu sedikit menghindari karena kalorinya yang kurang mendukung untuk bertahan lama di dalam tubuh sebagai sumber energi.

Selain itu jika kita mengkonsumsi mie, terlebih mie instan, lambung akan mudah terasa perih dan bisa membuat tubuh lemas.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang bisa kamu coba untuk membuat tubuhmu tetap sehat dan bugars elama sebulan penuh menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Jika bermanfaat silahkan di share ya!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *