Kemandirian seorang anak, tentunya menjadi idaman bagi setiap orang tua. Bukan hanya karena nantinya mereka tidak akan merepotkan orang tua semata, namun keterampilan untuk mandiri ini sangat mereka butuhkan untuk modal mereka menjalani kehidupan ke depannya.

Jika kita menginginkan anak yang mandiri, maka kita harus melatih kemandirian kepada anak sejak kecil. Karena jika sudah dewasa baru dilatihkan, maka akan sangat sulit untuk merubah kebiasaan yang selama ini sudah terpola di kepala.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita para orang tua untuk melatih dan mengasah kemandirian anak sejak kecil. Lalu, bagaimana caranya ya untuk melatih kemandiriannya?

Back

1. Jangan Menuruti Semua Keinginan Anak

Setiap orang tua pasti sangat menyayangi anak-anaknya. Dan bentuk sayang itu seringkali diekspresikan oleh kebanyakan orang tua dengan cara yang salah. Salah satu bentuk kesalahan itu adalah dengan mengikuti seluruh keinginan anak.

Ketika semua keinginan anak dari kecil selalu terpenuhi, maka anak tidak pernah belajar untuk menahan keinginannya, anak pun tidak pernah merasakan perjuangan jika menginginkan sesuatu. Jika apa-apa selalu disuapi dan selalu didapatkan oleh anak seperti ini, maka anak tidak pernah akan mandiri hingga dewasa nanti.

ummi-online.com
Back