Yup, memang hutang hukumnya boleh. Tapi, nggak asyik ya kalau masa muda dihabiskan untuk bingung dan pusing mikirin hutang

Contohlah panutan kita Rasulullah SAW yang sangat takut bila berhutang menjadi kebiasaan. Dari Aisyah radhiyallahu’anha mengabarkan, “Dulu Rasulullah SAW sering berdo’a dalam shalatnya.

‘Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari azab kubur, dari fitnah al masih ad dajjaal dan dari fitnah kehidupan dan dari fitnah kematian. Ya Allah! Sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari hal-hal yang menyebabkan dosa dan dari berhutang.’ ”

Nah kamu yang masih muda, masih kuat tenaganya, masih sehat badannya jangan gampang hutang ya, jika kamu kesluitan ngatur uang kamu bisa kok ikuti tips di bawah ini.

1Hindari Kartu Kredit

goldbank.co.id

Tahu gak kartu kredit itu ternyata mampu mempengaruhi kamu untuk gampang buat mengeluarkan uang. Secara memang praktis dan gampang kalau belanja pakai kartu kredit.

So, kalau ingin irit dan terjaga dengan baik uang kamu, segera buang kartu kredit kamu atau biarin saja gak usah di isi, belanja pakai uang saja.

2Atur Pengeluaran Sesuai Kebutuhan

blog.mokapos.com

Pengeluaran kamu yang cukup banyak dan besar adalah faktor utama kamu terdesak kebutuhan lain, so atur pengeluaran tiap bulan sesuai kebutuhan dulu, jangan keinginan dulu. Kalau kebutuhan sudah tercukupi dijamin kamu gak bakal hutang karena terdesak.

Tapi beda kalau keinginan duluĀ  yang kamu penuhi, kamu bakal kerepotan untuk memnuhi kebutuhan kamu, akhirnya hutang lagi dna hutang lagi.

3Siapkan Budget Tak Terduga

abiummi.com

Setelah kebutuhan tercukupi, kamu bisa menabung dulu untuk menjaga jika ada pengeluaran tidak terduga, jangan memenuhi keinginan dulu, menabung dulu entah besarnya berapa asal rutin trus baru keinginan kamu.

4Patuhi Anggaran Pengeluaran

maxmanroe.com

Kalau kamu sudah membuat anggaran pengeluaran tiap bulan maka itu sesuatu yang harus kamu patuhi. Jadikan itu sebuah peraturan ketat yang harus kamu ingat trus dan terapkan hukuman jika kamu melanggarnya.

5Jangan Mudah Tergoda Barang Baru

blibli.com

Eits jangan mudah tergoda barang baru ya, biar gak gampang tergoda jangan sering maen ke mall, jangan banyak bergaul sama temen-temen yang kaya dan ingat peraturan yang telah kamu buat sendiri.

Kalau kamu emang gak bisa nahan, mending menabunglah, tahan dikit keinginan kamu atau kalau perlu kamu nyari tambahan pemasukan untuk beli barang itu, pokoknya jangan mengambil anggaran dari pengeluaran yang telah kamu buat.

6Mensyukuri Hidup Kamu yang Sederhana

bestfm.hu

Syukuri hidup kamu yang sederhana, jika anggaran pengeluaran hanya cukup untuk makan di warung kecilĀ  atau angkringan ya nikmati saja, anggaplah itu sebuah kenikmatan dari sebuah kesederhanaan.

Jika kamu mensyukuri hidup kamu yang sederhana, kamu akan bahagia kok, kamu juga bisa menikmatinya, tidak gampang tergoda dan hati kamu lebih tenang karena tidak terjebak dalam hutang.

Itulah tip yang bisa kamu lakukan, so nikmati masa muda tanpa hutang, sayang kan kaau cepat tua kaau cuma mikirin hutang. Semoga bermanfaat ya