Saat ini kebutuhan kaum urban pada umumnya bertambah. Termasuk mereka yang hidup di Indonesia. Dulunya kebutuhan pokok hanya berkutat pada bahan pangan, sandang, dan hunian.

Kini hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, khususnya teknologi informasi sudah menjadi kebutuhan pokok. Contohnya seperti charger dan jaringan internet seolah-olah mutlak harus kamu miliki.

Permasalahan yang kemudian muncul di tengah masyarakat kita, kebutuhan akan jaringan internet tidak berimbang dengan harga yang disediakan oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan jaringan telekomunikasi atau sering juga disebut provider.

blog.energieagdata.at
blog.energieagdata.at

Perusahaan provider terus saja menaikkan harga paket data internet dengan kuota yang semakin kecil. Sementara kebutuhan jaringan internet semakin meningkat saja.

Bahkan sampai tak terhingga. Pada akhirnya kamulah yang mau tidak mau harus legowo menghadapinya.

Namun kamu tidak boleh menyerah begitu saja dengan keaadaan. Ada beberapa usaha yang bisa kamu lakukan untuk dapat menghemat paket datamu hingga bisa bertahan berbulan-bulan meski kuota terbatas. Berikut tipsnya.

1Menghindari Streaming Video

tekno.kompas.com

Hindari sebisa mungkin kegiatan streaming video jika kamu menggunakan paket data. Streaming video akan memakan banyak kuota internetmu. Lima menit saja bisa memakan kuota internet hingga 100 MB.

Alternatifnya, kamu dapat streaming video berukuran maksimal 240p atau yang berdurasi pendek. Bila kamu ingin mengunduh file video atau streamingdengan jangka waktu cukup lama, kamu dapat menggunakan fasilitas wi-fi yang telah tersedia di dekatmu.

Fasilitas wi-fi biasanya dapat kamu gunakan dengan harga lebih murah dibandingkan dengan paket data kuota internet.

2Menggunakan Aplikasi Browser yang Tepat

pintarkomputer.com

Aplikasi browser menjadi penting untuk menghemat paket datamu. Contohnya, browser bawaan Android yang sering kamu gunakan yaitu Google Chrome.

Aplikasi ini memiliki fitur data saver yang akan mengompresi gambar ketika diunduh saat proses pencarian atau browsing. Sayangnya fungsi fitur ini tidak terlalu banyak menghemat data.

Ada pun aplikasi yang dapat menghemat kuota internet lebih banyak dengan fitur data saving hingga tingkat ekstrem adalah Opera. Salah satunya Opera mini. Sebuah website yang biasanya berukuran MB bisa dikompresi hingga berukuran sekitar 100 KB saja.

Bila kamu masih ingin mencoba aplikasi browser lainnya untuk menghemat kuota internet. Cobalah untuk mencarinya di toko aplikasi smartphone semacam Google Playstore. Biasanya kamu dapat menemukan bermacam-macam browser dan aplikasi yang berguna untuk menghemat data.

3Mengggunakan Aplikasi Khusus Menghemat Data

majalahdroid.com

Selain kamu dapat menemukan aplikasi browser di toko aplikasi. Kamu dapat mencari aplikasi untuk menghemat data. Aplikasi tersebut memiliki cara kerja mengompresi ukuran file gambar yang diunduh oleh aplikasi atau halaman website.

Sehingga gambar yang tampil tetap sebagus mungkin, namun dengan ukuran file sekecil mungkin.

Salah satu aplikasi yang dapat kamu gunakan yaitu Onavo Count. Selain untuk menghemat kuota data internet. Aplikasi ini juga dapat membantu menghitung seberapa banyak data yang telah kamu gunakan.

Ada juga aplikasi seperti Opera Max dan aplikasi lainnya yang dapat kamu piih sesuai kebutuhanmu.

4Menggunakan Cellular Data Limit

inside-galaxy.blogspot.com

Sistem operasi Android yang terbaru memang telah menyediakan fitur yang memungkinkan kamu mengetahui jumlah data yang telah digunakan. Selain itu, ada fitur yang dikenal dengan cellular data limit.

Fitur ini berfungsi mematikan mobile data secara otomatis ketika data yang telah kamu gunakan mencapai jumlah tertentu.

Contoh aplikasinya, jika suatu saat kamu membeli paket data dengan kuota sebesar 2 GB. Agar pulsa regulermu tetap aman. Tidak tersedot oleh kebutuhan paket data karena kuota yang sebelumnya telah habis.

Kamu dapat mengatur batasan maksimal pada aplikasi cellular data limit sebesar 2GB. Maka ketika paket data yang telah terpakai sebesar 2 GB, maka secara otomatis mobile data akan mati. Atau kamu juga bisa mengatur batasan maksimal data sebesar 500 MB.

Dengan cara itu, kamu bisa mengatur penggunaan data secara lebih baik. Tidak langsung habis seketika.