surabaya.proxsisgroup.com

Ingin Puasa Tetap Terlihat Segar Bugar? Lakukan Tips Puasa Sehat Berikut

Posted on

Ketika bulan Ramadhan tiba, seluruh umat muslim diwajibkan untuk berpuasa sebulan penuh. Saat berpuasa kita harus menahan lapar dan haus serta berbagai hal yang dapat membatalkan puasa.

Itu dilakukan selama sebulan penuh. Meskipun demikian, puasa mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, jika puasa tersebut dijalankan dengan cara yang sehat.

Ketika menjalankan puasa, pola makan kita berubah, aktivitas makan berlangsug ketika telah berbuka puasa dan pada saat sahur.

Menjalani puasa di siang hari jangan sampai menjadikan tubuh menjadi lesu dan tak bersemangat.

Semua hal tersebut hendaknya disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalani segala aktivitas ketika berpuasa.

Berikut beberapa tips sehat selama menjalankan puasa Ramadhan.

Tips Makan Sahur

rakyataceh.co

Saat makan sahur lebih utama dilakukan di akhir waktu. Hal itu berguna untuk menunjang puasamu di siang hari. Rasulullah SAW telah memberikan contoh makan sahur di akhir waktu.

Selain itu perhatikan pula porsi makanmu. Makanlah dengan porsi yang normal. Konsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, sayur dan buah.

Kandungan karbohidrat dan protein tersebut dapat menjadi cadangan energi selama kita berpuasa. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air ketika sahur sangat baik guna mencegah dehidarsi.

Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein seperti kafein dan teh karena bisa membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat.

Minum air yang cukup sebelum imsak, tiga hingga lima gelas. Kamu juga bisa mengakhiri santap sahur dengan segelas susu untuk melengkapi nutrisi tubuh.

Tips Selama Berpuasa

jadiberita.com

Di waktu siang hari, hindari berlama-lama berada di bawah terik matahari serta kurangi kegiatan fisik. Sempatkan tubuhmu untuk beristirahat sejenak.

Di waktu sore hari, jika kamu mempunyai waktu luang lakukan olahraga ringan misalnya jalan-jalan sore atau bersepeda santai.

Aktivitas tersebut dapat membuat tubuh tetap terjaga kebugarannya, peredaran darahpun menjadi lancar.

Tips Berbuka Puasa

liza-fathia.com

Nah, ini waktu yang ditunggu yakni berbuka puasa. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga bukan berarti ketika berbuka kamu bisa makan sesukamu dan berlebihan.

Sebaiknya ikuti sunnah Rasulullah. Yakni makan buah kurma dan minum minuman yang manis, seperti jus buah, susu atau air.

Setelah menjalankan shalat magrib, kamu dapat melanjutkan buka puasa dengan meyantap hidangan utama tentunya dengan menu yang seimbang.

www.intriknews.com

Makanlah sesuai porsimu jangan berlebihan. Sebelum tidur, usahakan untuk minum paling tidak lima gelas air putih. Agar asupan air dalam tubuh terpenuhi setelah seharian berpuasa.

Semoga tips di atas bermanfaat agar puasa kita tetap berjalan dengan baik, penuh semangat dan sehat.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *