Begal lagi ngetren banget akhir-akhir ini, mereka meraja lela tidak peduli siapa korbannya. Begal juga tidak peduli jam berapa, jika ada kesempatan manis, tentu akan dilakukan.

Dan susahnya begal sekarang susah di ketahui, ia bisa saja berpakain seperti pegawai, pura-pura sakit atau bergaya anak muda keren.

Yang pasti kita harus selalu waspada guys, dimanapun kita berada, khususnya di tempat-tempat yang sepi, karena rata-rata begal beraksi ketika berada di tempat sepi.

Di bawah ini ada sedikit tips sederhana anti begal, lebih baik kita menghindari jadi incaran begal daripada kita kejar-kejaran sama begal, iya kan guys?

1Jangan Pamer Barang Mewah

blog.tokopedia.com

dimanapun tempatnya apalagi di keramaian, usahakan jangan terlalu sering mengeluarkan atau menggunakan barang mewah, seperti jam tangan mahal, cincin, gelang, kalung dan sebagainya.

Karena begal tente akan tertarik kepada yang mudah dilihatnya, apalagi barang itu sering dikeluarkan, tentu akan membuat kesempatan begal lebih mudah untuk merampasnya.

2Jangan Terlihat Bingung

pencinta-wanita.com

Begal kadang memang tidak peduli siapa korbannya, tapi dia tahu lho mana orang yang percaya diri, mana orang yang terlihat bingung.

Ketika kita terlihat bingung, maka dengan mudah begal akan menipu kita, mereka bisa saja menawarkan bantuan atau ngajak ngobrol, sehingga kita tertarik untuk mengikuti apa yang ia katakan.

3Jangan Berkendara dengan Kecepatan Stabil

edorusyanto.wordpress.com

Salah satu sasaran empuk para begal adalah pengendara yang berjalan dengan kecepatan stabil dan tidak mengubah kecepatan. Usahakan dalam waktu 5 menit berjalan, kecepatan bertambah cepat.

Tentu jika motor berjalan cepat begal tidak berani menghentikan, ia akan berfikir 10 kali untuk menghentikan motor dengan laju cepat, bisa-bisa ia tertabrak.

4Hati-Hati dengan Motor Modifikasi

jackbiker.com

Motor modifikasi memang menjadi sasaran empuk begal, karena motor seperti ini mudah dijual, mudah di ubah dan sulit di deteksi. Jadikalau keluar di jalanan sepi mending pakai kendaraan yang standart.

5Ajak Teman

mpm-motor.co.id

Jika kamu mau bepergian di tempat yang jalannya potensi sepi, maka sebaiknya kamu ajak teman, paling aman ya teman cowo, entah bapak, kakak, ponakan atau siapapun juga.

Karena sendirian berpotensi menjadi incaran para begal, apalagi wanita, wah bisa bahaya kalau jalan sendirian di tempat sepi.

6Jika Dikejar Begal

news.okezone.com

Ini memang perlu latihan khusus guys, jika begal mengejar dengan motornya, maka kamu harus berjalan dengan cara jalan zig zag atau berbelok belok. Ini akan menyulitkan begal untuk mendapatkamu.

membungkuk lah ketika begal sudah dekat,itu untuk menghindari serangan dari begal. Dan yang paling penting adalah kamu harus tetap tenang dan kuatkan mental kamu, kalau memang akhirnya berkelahi, lawan saja, walaupun begal nekat bukan berarti ia kuat kok.

Semoga bermanfaat ya guys.

 

SHARE