Kehidupan masa kini semakin berkembang, dengan berkembangnya jaman semakin berkembang pula penyakit . Banyak sekali penyakit baru bermunculan dan menyerang masyarakat.

Mau tak mau akhirnya banyak masyarakat yang mencari berbagai tips kesehatan dari dokter atau pemerhati kesehatan, padahal kalau kita mau membaca sunnah, ada tips hebat dari rasulullah lho.

Rasulullah sudah terkenal bahwa ia beliau mempunyai fisik yang prima, ketahanan tubuh yan bagus terbukti bahwa beliau jarang sekali sakit.

Ini dia tips sehat yang sederhana tapi luar biasa dari beliau.

1Waktu Tidur Rasulullah

rifkiismarismail.wordpress.com

Tidur merupakan kunci sederhana untuk menjaga kesehatan tubuh kita agar tetap terjaga dan segar. Waktu tidur Rasulullah adalah sekitar 2 jam setelah shalat isya’.

Kemudian beliau terbangun utk shalat malam dan dilanjut dengan shalat subuh. Rasulullah juga menganjurkan kita untuk tidur sekitar 8 jam yg sesuai dengan konsep pembagian waktu 24 jam.

Yaitu sepertiga untuk bekerja, sepertiga utk beribadah dengan Allah, dan sepertiga lg untuk beristirahat.

2Makan Rasulullah

acaiberryindo.com

Rasulullah makan disaat sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Beliau makan tidak pernah kenyang, karena menutur beliau perut dibagi menjadi 3 bagian.

Sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiganya untuk udara.

Hebatnya, hal ini diteliti oleh para pakar kesehatan jaman sekarang, bahwa dengan cara makan seperti itu, organ akan bekerja maksimal, karena kebutuhan udara dan air seimbang.

3Makan dengan Tangan Kanan

abiummi.com

Rasulullah selalu mengajarkan kepada para sahabatnya untuk makan dengan tangan kanan. Selain tangan kanan itu merupakan tangan yang baik, ternyata juga berefek pada otak kiri.

Ketika makan dengantangan kanan, maka kerja otak kiri akan jadi lebih aktif. Dan otak kiri sendiri lebih bersifat teratur daripada otak kanan yg acak.

4Makan dan Minum dengan Duduk

herinakpantai.blogspot.com

Rasulullah tidak pernah makan atau minum sambil berdiri, beliau selalu duduk, walaupun di tempat yang tidak ada tempat yang nyaman untuk duduk.

Hal ini juga berkaitan dengan sistem pencernaan, sudah diteliti di jaman sekarang, makan atau minum dengan duduk maka katup sistem pencernaan terbuka sehingga makanan atau minuman akan mudah dicerna.

5Rasulullah Rajin Puasa

rumahsedekah.or.id

Rasulullah adalah manusia yang sangat rajin berpuasa, bahkan saat perang sekalipun beliau teteap berpuasa.

Puasa sangat bermanfaat bagi tubuh,sebagian besar orang yang bermasalah dengan perut itu karena makanan yang terkandung dialam perutnya.

Oleh karena itu dengan puasa, perut tidak ada makanan, pencernaan akan beristirahat dan mengalami detoksifikasi dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar.

Sederhana memang, tapi kalau kita benar-benar melakukannya dengan rutin, insyaALLAH kesehatan kita terjaga.

Kita juga tidak mudah sakit, karena selain makanan teratur, mesin yang berada dalam organ tubuh kita juga bekerja maksimal.

Mau hidup sehat kan? Yuuk ikuti ajaran rasulullah