Seiring dengan semakin menjamur dan ramainya pengguna media sosial di semua kalangan masyarakat, dunia bisnis pun sudah lama bermigrasi besar-besaran dengan melakukan jual beli online.

Jual beli tanpa tatap muka ini dianggap jauh lebih praktis, efektif, dan efisien. Penjualan online ini memanfaatkan media jejaring sosial, seperti facebook, twitter, instagram, path, dan lain-lain.

Tren saat ini, media penjualan yang paling banyak dilirik masyarakat adalah instagram. Sebab instagram hanya fokus pada foto dengan tulisan singkat.

Kamu tertarik untuk berjualan melalui instagram? Berikut tips-tipsnya;

1Buat Akun Instagram dengan Nama Brand Toko

dailytekk.com

Jangan buat nama akun dengan nama barang yang dijual, misalnya Jual Sepatu Murah, Selimut Katun Jepang, dan semacamnya.

Sebaiknya, jika kamu akan membuat akun untuk berbisnis, gunakan nama brand tokomu sendiri, seperti misalnya, Tas Kulit Alissa, Gamis Katun Srikandi, dan sebagainya.

Kamu bisa memilih nama toko sesuai kreasi unik, yang tentunya mudah diucapkan dan diingat oleh konsumen.

2Cerdas Menyeleksi Produk yang Akan Dijual

skynews.com.au

Pastikan foto yang kamu unggah ke instagram adalah foto hasil seleksi ketat. Maksudnya, jangan sampai kamu unggah foto produk dengan tampilan buruk, tidak jelas atau blur.

Instagram termasuk situs dengan para pengguna yang memiliki tingkat fashion yang sangat tinggi. Unggahlah foto dengan kualitas gambar dan tampilan terbaik.

Jika ada model di dalam foto tersebut, maka pastikan pakaian yang dikenakannya pas sesuai dengan produk yang dijual.

3Buatlah Foto dan Video yang Menarik Perhatian Customer

theverge.com

Kamu harus selektif memilih foto produk yang akan diunggah agar lebih menarik perhatian konsumen dan mampu mencapai target penjualan.

Berbagai alat editing foto sudah tersedia di instagram, namun kamu harus tetap memperhatikan kualitas foto tersebut dengan menggunakan kamera dan pengaturan tata letak objek foto.

4Carilah Follower Sebanyak Mungkin

youtube.com

Semakin banyak follower, maka semakin besar pula kesempatan produkmu terjual. Itulah kekuatan marketing dari follower di instagram yang setiap saat bisa saja menjadi konsumen tetap tokomu.

Lalu bagaimana caranya bisa mencari follower?

Mmencari follower bukan pekerjaan mudah, apalagi jika kita lebih fokus berjualan, bukan bersosialisasi.

Maka caranya adalah kita mem-follow terlebih dahulu target konsumen, sehingga mereka bisa melihat produk apa saja yang disediakan dan bukan tidak mungkin mereka akan mem-follow balik akunmu.

5Berikan Testimonial Terpercaya

lembutambun.blogspot.com

Testimonial merupakan respon dari pembeli atau pemakai produkmu. Jadi dengan memperlihatkan testimonial seperti ini, calon konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang kamu jual.

Ada beberapa trik testimonial yang sangat manjur dan biasa dipakai oleh para juaragan online, yaitu dengan mencari selebritis untuk mengendorse produkmu.

Tentu hal ini akan sangat membutuhkan kerja keras dan sedikit modal untuk membayar selebritis. Seperti sistem sewa orang untuk membuat produk kita semakin luas dikenal.

6Pajang Testimonial dalam Bentuk Foto

dahsyat.net

Testimonial penjualan dan respon pembeli online shop via bbm, whatsapp, sms, dll juga sangat penting dan bisa kamu gunakan untuk menambah tingkat kepercayaan konsumen pada tokomu.

Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil gambar (capture) bagian testimonial konsumen dan upload ke akun instagrammu.

Selamat mencoba