Berhenti merokok mungkin menjadi mimpi sebagian orang yang menjadi perokok aktif, mereka ingin sekali berhenti dari kebiasaan buruk tersebut tapi mereka kesulitan dan tidak tahu bagaimana caranya.

Memang untuk berhenti yanng menjadi candu dimakan setiap saat kadang susah sekali, apalagi lingkugan tidak mendukung, kok mau lepas, tidak melakukan sehari saja rasanya mulut akan gatal dan tidak tahan untuk melakukan.

Bagi kamu yang bener-bener ingin berhenti merokok, tips dibawah ini bisa kamu coba

1Tekad Kuat

republika.co.id

Tentu hal pertama untuk berhenti selamanya adalah tekat yang kuat, tanpa itu semuanya mustahil. Tekad yang kuat ini harus kamu bangun terus.

Kamu bisa melihat korban-korban keganasan rokok, kamu bisa lihat bagaimana saudara-saudara kamu atau keluarga kamu yang tidak bersalah tapi mereka menghirup racun dari perbuatan kamu.

Bayangkan jika keluarga kamu jadi korban seperti tenggorokan berlubang, pita suara hilang dan sebagainya.

2Sediakan Selalu Permen

infosehat-sudex.blogspot.com

Kebiasaan para perokok adalah sulitnya menghindari merokok ketika setelah selesai makan. Mereka selalu bilang mulutnya akan terasa masam ketika tidak habis makan tidak merokok, padahal ini sangat bahaya sekali.

Nah, karena mulut masam kamu sediakan saja permen, ketika habis makan mulut terasa beda segera makan permen, kalau perlu permen karet yang awet sehingga mulut kamu sibuk mengunyah permen.

Tidak hanya setelah selesai makan, permen menjadi andalan ketika kamu ada keinginan kamu merokok, ketika kamu suntuk, menganggur biasanya akan lebih mudah tergoda, so, sediakan permen ya.

3Kurangi Pergaulan dengan Para Perokok

motivasihidupsukses.wordpress.com

Lingkungan memang sangat mendukung apa yang kamu lakukan, jadi mulailah kurangi dengan mereka yang aktif perokok. Selain kamu tidak menjadi bahan bully an, kamu juga bisa lebih menahan karena tidak melihat orang merokok.

4Sibukkan dengan Kegiatan

bisnis.liputan6.com

Menyibukkan diri dengan kegiatan biasanya akan melupakan sesuatu, kamu bisa sibukkan diri dengan olahraga, nge game, browsing atau mungkin hobi kamu yang lainnya.

Kamu juga bisa hang out bareng temen yang bukan perokok, tapi jangan nongkrong di warung kopi lho, karena warung kopi inilah biasanya tempat asyik para perokok.

5Dukungan Keluarga

keluarga.com

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, kamu bisa minta istri, anak atau orang tua untuk mendukung bahwa kamu ingin berhenti merokok. Mintalah mereka untuk mengingatkan ketika kamu ada keinginan untuk merokok.

Lebih efektifnya uang yang kamu punya serahkan pada istri, dengan ini kamu gak bisa jajan atau beli rokok sembarangn dan  istri bisa mengatur pengeluaran yang sehat dan hemat.

6Mengurangi Porsi

hellodoctor.co.id

Jika kamu tidak bisa langsung berhenti sepenuhnya kamu bisa mengurangi porsi merokok kamu. Mungkin yang biasanya sehari 1 bungkus rokok, kamu bisa kurangi 1 hari cuma 3 batang atau bisa juga 1 hari merokok hari berikutnya tidak.

Pengurangan porsi ini bisa ditekan dan diubah terus sehingga kamu benar-benar bisa lepas seterusnya. Memang agak berat dan butuh waktu, tapi dengan tekad yang kuat, kamu pasti bisa kok, semangat jadi lebih baik ya!