Siapa tak kenal sosok hebat yang satu ini? Ya, dialah Drs. Mohammad Hatta. Salah satu Pahlawan Proklamasi, sekaligus satu dari banyak tokoh cerdas pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hatta terkenal santun dan sangat bersahaja, dengan kehidupan keluarga yang mendidiknya berbuat baik dan selalu rendah hati, menjadikannya sosok yang sederhana dalam kehidupan sehari-hari.

Sosok Hatta ternyata tak hanya berhenti pada kiprahnya sebagai Sang Proklamator, mendampingi sahabat tercinta sekaligus pemimpinnya di awal menjabat pemimpin Indonesia dulu, Ir. Soekarno.

Namun tahukah kamu, bahwa Hatta yang adalah seorang ahli Ekonomi Perdagangan ini juga menyumbangkan banyak jasa bagi perkembangan perekonomian Negara kita di awal kemerdekaannya dulu?

Ya, lulusan salah satu perguruan tinggi di Belanda ini memang fokus memilih ilmu Ekonomi Perdagangan sebagai ilmu yang ingin dienyamnya.

Kepiawaiannya di dunia ekonomi telah ditunjukkannya pada usia 15 tahun saat dia dan beberapa temannya mendirikans ebuah organisasi kepemudaan bernama Jong Sumatranen Bond (JSB).

Saat itu, Hatta ditunjuk sebagai bendahara karena dia dianggap paling piawai dalah hal keuangan dan ekonomi.

Setelah Indonesia merdeka, Hatta kemudian sebagai Wakil Presiden mulai membantu tugas Ir. Soekarno dengan berusaha menjalankan Indonesia sesuai dengan dasar Negara UUD 1945.

Salah satunya pada pasal 33 yang memiliki fokus pada kemakmuran dan keadilan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Salah satu buah pemikiran Hatta dalam bidang ekonomi bagi bangsa Indonesia memiliki dua aspek, yaitu transformasi dalam bidang ekonomi dan sosial.

Menurutnya, kedua aspek tersebut tak bisa dipisahkan, dan perpaduan keduanya merupakan perpaduan teori ekonomi yang nyata dengan keinginannya meningkatkan kesejahteraan hidup rakyat.

Salah satu terobosan dari buah pemikiran tersebut adalah tentang konsep Koperasi yang digagasnya. Konsep tersebut kemudian dimasukkans ebagai pelajaran ekonomi dan perdagangan di sekolah-sekolah pada masa itu.

Sehingga tak heran lah bahwa Hatta kemudian juga dikenal sebagai Tokoh Ekonomi sekaligus Bapak Koperasi Indonesia.