Siapa yang tidak kenal alamarhum Soeharto, presiden yang menjabat paling lama di Indonesia. Walaupun masih banyak pro kontra tentang jejak rekamnya, namun soal sumbangsih beliau terhadap bangsa tidak perlu diragukan lagi.

Mengakarnya Soeharto dalam benak masyarakat Indonesia, juga menjalar pada keluarga beliau. Setiap aktivitas putra-putri dan cucu keluarga cendana (kompleks rumah keluarga Soeharto) sampai sekarang masih menjadi sorotan publik.

Kebanyakan dari mereka menggeluti dunia usaha, dan sebagian yang lain mengikuti jejak bapaknya terjun di bidang politik. Paling awal masuk dunia politik ada Siti Hardijanti Rukmana yang akrab dipanggil Mbak Tutut.

Mbak Tutut memasuki dunia politik semenjak ayahnya masih menjabat presiden. Dalam pemerintahan ayahnya, Mbak Tutut pernah menjabat menteri sosial menjelang bergulirnya reformasi. Sebagai politisi, dia juga pernah mengemban sebagai ketua DPP Golkar.

republikblogger.blogspot.com
republikblogger.blogspot.com

Berbeda dengan Mbak Tutut yang dari awal concern pada dunia sosial dan politik, anak Soeharto yang lain, yakni Mbak Titik (Siti Hediati Hariyadi) dan Tommy (Hutomo Mandala Putra) terjun ke politik setelah lama menjadi pengusaha.

Mbak Titik baru memasuki politik belum lama, tahun 2014 kemarin dia langsung dipercaya rakyat sebagai anggota DPR dapil Yogyakarta.

Sedangkan Tommy Soeharto walaupun namanya tidak pernah lagi tercatat dalam struktur DPP Golkar semenjak reformasi, tapi pengaruhnya di partai beringin itu masih cukup besar.

Pada tahun 2009 dan 2014 silam, Tommy bahkan sempat menjadi kandidat ketua umum. Yang menarik waktu kisruh kepengurusan ganda Golkar, Tommy memberikan banyak komentar dan nasehat kepada kedua kubu melalui akun Twitter yang dianggap miliknya.

‘Cuitan-cuitan’ Tommy yang disebarkan media masa, membuat sejumlah kubu Golkar meradang dan gusar, mengingat itu datang dari seorang Tommy ‘bin’ Soeharto.

Usut punya usut setelah lama tidak ada klarifikasi, ternyata semua akun medsos seperti Twitter dan Facebook yang mengatasnamakan Tommy Soeharto adalah palsu. Klarifikasi ini langsung disampaikan Erwin Kallo selaku kuasa hukum resmi Tommy.

Sontak ini menghebohkan dunia jurnalistik, terutama pada media online. Banyak media online ternama menjadikan status dan cuitan akun palsu Tommy sebagai berita headline.

Bahkan pemberitaannya dalam topik besar seperti kritik terhadap Presiden Jokowi, gubernur Ahok, Surya Paloh, kasus Golkar, dan juga lainnya.

Pemberitaan dengan mencatut nama Tommy Soeharto memang punya rating yang bagus, mengingat popularitasnya di tengah publik. Wajar jika cuitan akun palsu Tommy juga sering menghangatkan banyak isu publik.

Berikut ini kita tampilkan kembali beberapa cuitan dari akun palsu Tommy Soeharto yang sempat menghebohkan isu-isu publik.

1Serang Ahok Soal Penggusuran dan Prostitusi

aktual.com

Dalam isu yang sempat ramai belakangan ini, akun palsu @Tommy_Soeharto1 sempat mengritik pedas penggusuran oleh Gubernur Jakarta Ahok dan membela warga Kampung Pulo.

Sebelumnya akun palus lain @HutomoMP_9 juga menyindir rencana Ahok untuk melegalkan prostitusi dan mengadakan sertifikasi PSK.

2Sering Mengritik Presiden Jokowi

youtube.com

Pemberitaan dari akun palsu Tommy Soeharto mencuat karena tembakan komentarnya nggak tanggung-tanggung kepada dua tokoh baru paling populis di Indonesia, Jokowi dan Ahok.

Semenjak Jokowi mulai menjabat Presiden, akun tersebut sangat sering mengritik dan menyindir kebijakan dan kepemimpinan Jokowi. Misalnya dalam kenaikan BBM dan tarif KA, peledakan kapal, petugas partai, mobil pejabat, dan masih banyak yang lain.

3Mencampuri Konflik Golkar

rmol.co

Sebagai putra dari pendiri Golkar, nama Tommy Soeharto masih sangat disegani di kalangan partai Beringin tersebut. Wajar jika cuitan-cuitan Twitter yang dianggap milik Tommy selalu mendapat respon dari para petinggi Golkar.

Saat kisruh partai Golkar akun palsu Tommy bahkan sempat menantang Yoris dan dan Leo Nababan dari kubu Agung Laksono. Setelah Leo Nababan klarikasi kepada Tommy langsung, baru ketahuan jika akun itu bukan milik Tommy alias palsu.

4Menuding Campur Tangan Surya Paloh

teropongsenayan.com

Dalam kisruh Golkar akun palsu Tommy juga sempat menuding campur tangan Surya Paloh kepada bekas partainnya Partai Golkar. Cuitan itu langsung di respon keras oleh sekjend Partai Nasdem Rio Capella.

5Sindir Pembiaran Simbol Palu Arit

wap.filezombi.com

Akun palsu Tommy juga pernah menuding pembiaran lambang palu arit muncul di karnaval Pemekasan.

“Jelas-jelas dalam acara itu banyak aparat yang mengawal, kenapa harus bilang kecolongan, orang buta saja tau itu sebuah kesengajaan!” kicaunya dalam Twitter.

Masih banyak kicauan akun palsu Tommy Soeharto yang selama ini menghangatkan isu publik. Namun semenjak ada klarifikasi dan dilaporkan kepada pihak yang terkait, akun-akun itu sudah berhenti berkicau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here