Topologi jaringan komputer adalah metode atau konsep untuk menghubungkan beberapa atau banyak komputer sekaligus menjadi jaringan interkoneksi.

Segala jenis topologi jaringan komputer akan berbeda dalam hal kecepatan transmisi data, biaya pembuatan, serta kemudahan proses pemeliharaan. Keuntungan jaringan topologi komputer memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut adalah macam-macam topologi jaringan yang perlu kamu tahu.

1Topologi Ring (Cincin)

okimarley.blogspot.com

Dalam topologi cincin, setiap komputer terhubung ke komputer lain, dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer yang pertama. Hubungan computer satu dengan yang lainnya membentuk lingkaran yang disebut cincin.

Topologi ini berinteraksi menggunakan token data untuk mengontrol hak akses bagi komputer dalam menerima data.

Komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 yang akan diterima oleh komputer 4, sehingga komputer akan melanjutkan pengiriman data.

Keuntungan dari topologi ini yaitu jaringan komputer memiliki kemudahan dalam proses instalasi, dan menggunakan sedikit jumlah kabel sehingga akan menghemat biaya.

Kekurang yang paling fatal dari topologi ini adalah jika salah satu dari komputer atau kabel bermasalah, maka transmisi data akan terganggu bahkan mengalami kesalahan pengiriman data.

2Topologi Bus

perpus-maya.blogspot.com

Jaringan komputer topologi bus hanya menggunakan satu kabel koaksial dan setiap komputer yang terhubung ke kabel dengan menggunakan konektor BNC. Kedua ujung kabel koaksial harus diakhiri dengan sebuah terminator.

Keuntungan dari topologi bus hampir sama dengan cincin. Tidak banyak kabel yang digunakan dan menghemat biaya.

Kekurangnya topologi bus adalah jika terjadi kasus gangguan atau masalah pada satu computer, maka dapat mengganggu jaringan komputer lain. Topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, dan sering terjadi antrian data jika jaraknya terlalu jauh.

3Topologi Star

raharja.ac.id

Sesuai namanya, topologi ini bentuknya seperti bintang. Semua komputer terhubung ke hub atau switch dengan kabel UTP. Hub atau switch adalah pusat jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data.

Jika satu komputer ingin mengirimkan data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung mengirimkannya kembali ke komputer tujuan tanpa melalui jaringan komputer lain.

Topologi star adalah yang paling banyak digunakan saat ini karena keuntungan yang lebih banyak dari topologi lain.

Sangat mudah untuk mendeteksi di mana komputer rusak, maka mudah untuk melakukan penambahan atau pengurangan tanpa mengganggu komputer lain. Tingkat keamanan data juga lebih tinggi,.

Kelemahan dari topologi star yaitu membutuhkan biaya tinggi untuk instalasi, karena membutuhkan banyak kabel dan switch/hub. Stabilitas jaringan sangat tergantung pada terminal pusat, sehingga jika switch / hub terganggu, seluruh jaringan pun ikut terganggu.

4Topologi Mesh

rmesh.blogspot.com

Pada topologi ini, setiap komputer akan terhubung ke komputer lain di dalam jaringan menggunakan kabel tunggal, sehingga proses pengiriman data akan langsung mencapai komputer tujuan tanpa melalui komputer lain atau switch/hub.

Kelebihanya adalah proses pengiriman cepat dan tanpa melalui komputer lain. Jika salah satu komputer rusak, tidak akan mengganggu komputer lain.

Kekurangan dari topologi ini akan mengambil banyak biaya karena memerlukan jumlah kabel yang sangat besar. Proses instalasinya pun sangat rumit.

5Topologi Tree

rivaltechno.blogspot.com

Topologi jenis ini adalah kombinasi dari beberapa topologi star yang menghubungkannya dengan topologi bus, sehingga setiap topologi star akan terhubung ke topologi bintang lain menggunakan topologi bus.

Biasanya dalam topologi ini ada beberapa tingkatan jaringan. Jaringan pada tingkat yang lebih tinggi dapat mengontrol jaringan yang berada pada tingkat lebih rendah.

Kelebihan topologi pohon ini yaitu mudah untuk menemukan kesalahan dan juga mudah melakukan perubahan ke jaringan jika diperlukan.

Kekurangannya terletak pada kabel. Memerlukan banyak kabel, sering tabrakan dan lambat. Jika kesalahan terjadi di jaringan tingkat tinggi, maka jaringan tingkat rendah akan terganggu juga.

6Topologi Hybrid

teknodaily.com

Diperlukan kombinasi dari dua atau lebih topologi yang berbeda untuk membuat topologi hybrid, yaitu ketika topologi dasar yang berbeda yang terhubung satu sama lain. Mereka tidak menampilkan karakteristik dari setiap satu topologi tertentu. Ini adalah ciri-ciri topologi hybrid.

phoenixinfosec.wordpress.com
phoenixinfosec.wordpress.com

Kelebihannya yaitu memiliki fleksibilitas. Mudah menambahkan koneksi dengan perangkat lainnya. Kekurangan yaitu pengelolaan sulit, biaya mahal dibandingkan dengan topologi lainnya.

7Topologi Hirarki

assafarsi.wordpress.com

Bentuknya seperti bagan struktur sebuah organisasi. Tingkat yang lebih tinggi berfungsi sebagai pengatur kerja jenjang di bawahnya.

Topologi ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar atau organisasi besar yang memiliki beberapa cabang lokal, sehingga data dari pusat bisa didistribusikan ke cabang atau sebaliknya.

Kelebihanya yaitu sentralisasi data terpusat, teratur, dan structural sehingga pengelolaan data yang lebih baik dan lebih mudah. Mudah berkembang menjadi jaringan yang lebih luas;

Kekurangannya yaitu komputer bawahnya tidak bisa dioprasikan jika kabel pada komputer tingkat atas terputus. Memungkinkan adanya tabrakan berkas (tabrakan).

SHARE