Sering kali kita mendengar berita jamaah umroh harus menunda keberangkatannya hingga berkali-kali karena kebijakan biro tour and travel yang tidak profesional.

Ada juga jamaah umroh yang terlantar di tanah suci dengan keterbatasan kemampuan bahasa Arab. Hal yang lebih miris adalah tidak jadi berangkat alias menjadi korban penipuan tour and travel umroh abal-abal.

Haji adalah kewajiban muslim bagi yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Sedangkan umroh adalah ibadah yang hukumnya sunnah.

Haji dan umroh bukan sama-sama dimaksudkan liburan dan berfoto-foto selfie untuk kemudian di up load di sosial media, namun tujuan utamanya adalah beribadah.

Kenyamanan fasilitas biro tour and travel sangat menentukan kekhusukan saat beribadah di tanah nabi.

Oleh karena itu kamu harus berhati-hati dalam menentukan tour and travel haji dan umroh. Berikut ini 5 Pasti Umroh yang disosialisasikan oleh Kementrian Agama sebagai pertimbangan masyarakat memilih paket umroh.

1Pastikan Travelnya

www.raudahwisata.co.id

Sekarang ini banyak sekali tawaran paket umroh yang murah dan sangat menggiurkan. Padahal secara logis semua paket umroh memiliki standar harga yang hampir sama.

Adapun tour and travel yang menawarkan paket umroh murah justru malah dicurigai. Berarti ada fasilitas konsumen yang dikurangi. Jika murah dan sangat jauh dari standar, bisa jadi tour and travel tersebut tidak dapat dipercaya.

Agar lebih yakin cek nama tour and travel haji umroh yang akan kamu pilih di web Kementrian Agama. Apabila biro tersebut sudah memiliki persyaratan izin yang lengkap, maka akan terdaftar di web Kementrian Agama.

Beberapa travel haji dan umroh membuka kantor-kantor perwakilan di beberapa wilayah di Indonesia untuk meningkatkan pelayanan yang mereka tawarkan. Jika kamu mendatangi kantor perwakilan ini, kamu juga harus jeli melihatnya.

Pastikan kantor tersebut memiliki SK Penunjukan Sebagai Agen Perwakilan Resmi dari kantor pusat yang masih berlaku, domisili tempat kantor jelas, pelayanan kantor tersebut baik, serta penanggung jawab kantor jelas.

Saat pembayaran, akan lebih baik jika dilakukan via transfer ke rekening perusahaan. Apabila membayar secara tunai, mintalah bukti pembayaran dengan cap resmi perusahaan.

Hindari membayar ke rekening atas nama orang. Hal ini sangat rawan terhadap penipuan.

2Pastikan Penerbangan dan Jadwal Keberangkatan

www.sumutpos.co

Jadwal penerbangan pesawat dan nama maskapai penerbangan harus kamu ketahui sejak awal. Bahkan kamu juga perlu tau nomer seat yang tersedia. Nama maskapai kepulangan juga harus dipastikan.

Banyak jamaah haji yang terlantar karena tidak disediakan tiket pulang. Biro haji dan umroh yang sudah terpercaya sudah mem-booking pesawat untuk pulang dan pergi dari tanah suci.

Akan lebih baik jika pesawat yang akan membawa ke tanah suci tidak transit. Namun jika harus transit, pastikan nama maskapai penerbangan yang akan membawamu dari tempat transit ke tanah suci atau kembali ke tanah air jelas.

3Pastikan Program Layanannya

www.jawaratour.co.id

Untuk umroh biasanya ditawarkan paket dengan harga berbeda-beda. Perbedaan ini biasanya ada pada pesawat yang digunakan, hotel tempat menginap, sarana transportasi di tanah suci, menu catering, dan tempat-tempat wisata ziarah.

www.1001bola.com
www.1001bola.com

Pilihlah paket umroh yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Namun tanyakan juga dengan detail fasilitas yang berhak kamu dapatkan.

4Pastikan Hotelnya

www.alamdewi.wordpress.com

Standar hotel yang disarankan Kementrian Agama adalah hotel bintang tiga. Lokasinya dari tempat ibadah tak boleh lebih dari 1 kilometer. Biasanya paket umroh yang lebih murah, menyediakan hotel yang lebih jauh.

Jika kamu mengajak orang tua atau mertua yang sudah berusia lanjut, lebih baik pilih paket umroh yang lebih mahal. Pertimbangkan kondisi fisik orang tuamu selama menjalankan serangkaian ibadah umroh.

5Pastikan Visanya

www.asambackpacker01.wordpress.com

Visa hanya dikeluarkan oleh perwakilan Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Hanya beberapa travel resmi saja yang memiliki izin mengurus visa ini. Kamu harus memastikan kamu pasti mendapatkan visanya.

SHARE