Bulan Ramadhan akan tiba. Setiap umat muslim di seluruh dunia pasti bersuka cita menyambut bulan penuh berkah ini. Banyak cara untuk menyambut bulan suci Ramadhan.

Pun Banyak hal yang sudah kita kita rindukan tentang bulan Ramadhan. Berbagai hal mewarnai bulan ini.

Seperti indahnya berkumpul bersama keluarga ketika berbuka puasa, bermain kembang api bersama teman dan saudara, dan lain sebagainya.

Tentu terdapat tradisi-tradisi khusus pada bulan puasa. Berikut beberapa fakta tentang tradisi pada bulan Ramadhan.

1Ronda Sahur

www.kaskus.co.id

Setiap kali datang bulan puasa, pasti banyak diantara kita yang melakukan tradisi atau kebiasaan ronda sahur.

Ronda sahur merupakan kegiatan berkeliling lingkungan dengan membawa alat tabuh yang biasanya alat tabuh tersebut berupa alat ala kadarnya atau alat musik tradisional.

Hal itu dilakukan untuk membangunkan warga agar segera bangun sahur dan tidak kesiangan menjalankan sahur,

Biasanya para peronda sahur ini mulai berkeliling pada pukul 02.00 hingga 03.00 dini hari. Bagaimana dengan kebiasaanmu ketika sahur?

2Kembang Api

www.youtube.com

Suara kembang api atau petasan sering terdengar saat bulan puasa. Yup, memang kembag api dan petasan di Indoneia identik dengan bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Terutama para anak-anak dan anak remaja, mereka gemar bermain kembang api ataupun petasan. Padahal sudah banyak korban akibat petasan ini.

3Ngabuburit

nasionalisrakyatmerdeka.files.wordpress.com

Ngabuburit merupakan istilah Sunda yang bisa diartikan dengan berjalan-jalan di sore hari sambil menunggu adzan Maggrib pertanda waktunya buka puasa.

Istilah ngabuburit akhirnya sangat terkenal di seluruh wilayah. Biasanya nagbuburit dilakukan di tempat-tempat keramaian seperti alun-alun atau sekedar jalan sore mengendarai sepeda motor.

4Berbagi Takjil

untaianaksaraku.blogspot.com

Adalah takjil, makanan pembatal puasa yang bisa dinikmati sebelum makanan utama. Biasanya takjil bisa diperoleh secara gratis di masjid atau mushola.

Namun, sekarang ini pembagian takjil juga dilakukan di tempat keramaian dan jalan raya.

5Buka Puasa Bersama

tango.image-static.hipwee.com

Salah satu kegiatan yang menyenangkan dan bikin kangen adalah acara buka bersama, entah dengan teman, sahabat, saudara dan keluarga.

Banyak cara dalam melakukan acara buka puasa bersama, biasanya ada yang buka bersama di rumah atau rumah makan, ada pula yang melakukan buka bersama dengan anak yatim di panti asuhan, dan lain sebaganya.

6Sholat Tarawih

nurhudaabd.files.wordpress.com

Alangkah bahagianya ketika awal bulan Ramadhan masjid-masjid dan musola dipenuhi para jamaah, mereka melakukan sholat Tarawih berjamaah.

Akan tetapi sayangnya memasuki minggu kedua atau ketiga kadang jumlah jamaah lama-lama berkurang.

7Takbir Keliling

irmaalbarokah.files.wordpress.com

Setelah Ramadhan berlalu, memasuki tanggal 1 syawal seluruh umat Muslim bergembira merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Biasanya dalam menyambut Hari Raya tersebut, banyak yang melakukan takbir keliling. Beberapa kelompok anak-anak dan pemuda-pemuda berkumpul melakukan takbir dengan berkeliling di lingkungan sekitar.

Itulah beberapa tradisi yang hanya ada di bulan Ramadhan, seru bukan? Semoga ibadah puasa kita berkah dan bermakna.