Model transportasi saat traveling biasanya mempengaruhi mood perjalanan kita. Kalau kendaraan itu nyaman, maka menyenangkan sekali suasana dalam perjalanan menuju tujuan. Kamu bisa memilih ingin menggunakan bus, kereta api, pesawat, atau kapal laut.

Kalau tujuan travelingmu ke tempat di sekitar pulau jawa, transportasi favorit para pelancong pada umumnya adalah kereta api. Kenapa banyak yang lebih memilih kereta api dibandingkan bus, apalagi pesawat?

1Transportasinya Para Backpacker

blog.carionline.com

Ini dia salah satu angkutan masal yang kata sebagian orang, paling romatis. Kereta api menawarkan harga tiket yang murah meriah, dengan suguhan pemandangan alam yang jauh lebih eksotis dibandingkan kalau naik bus.

Kamu bisa bergerak lebih bebas di kereta daripada bus. Kalau lelah duduk, kamu bisa berjalan-jalan dari satu gerbong ke gerbong lainnya. Menikmati angin segar, membeli aneka makanan tanpa harus turun dari kendaraan, seperti ketika naik bus.

2Beli Tiket Lewat Ponsel

infolubuklinggau.com

Pembelian tiket secara online ini memang sangat membantu dalam hal kepraktisan dan kecepatan.

Kamu akan merasa mudah memesan tiket kereta tanpa harus khawatir kehabisan kursi. Kamu juga tidak perlu mengantre di loket hanya untuk mendapatkan tiket KA.

Kamu bisa duduk manis di mana saja, asalkan ada ponsel dan jaringan internet lancar. Setelah selesai memesan tiket secara online, kamu bisa mencetak tiket secara mandiri di stasiun-stasiun.

Kamu hanya perlu memasukkan kode booking ke layar computer, dan tiketmu pun tercetak otomatis. Meskipun kekeurangannya tetap ada, yaitu kamu akan kesulitan mendapatkan tiket pada hari keberangkatan, khususnya untuk kereta ekonomi.

3Promo Tiket Kereta

muhdhito.me

Tak mau kalah dengan maskapai lain, PT KAI juga sering memberikan promo tiket murah lho. Mungkin kamu pernah mendapat informasinya, ketika promo tiket KA hanya sebesar 75 ribu.

Kamu harus sering-sering mengecek situs resminya agar bisa memantau jika sewaktu-waktu ada tiket promo lagi. Siapa tahu kamu dapat tiket kelas eksekutif, kan?

Biasanya tariif KA memang stabil. Kalaupun ada perubahan harga, biasanya tidak dalam waktu cepat, tergantung kebijakan pemerintah juga.

4Bayar Sesuai Harga, Tanpa Tambahan Apapun

memangbeda.net

Kalau pesawat, kamu akan dimintai bisaya kelebihan bagasi jika barang bawaanmu banyak, tidak perlu juga biaya-biaya seperti airport tax.

Kamu hanya cukup membayar tiketnya, dan itu sudah selesai. Kecuali makan, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan jika ingin memesan makanan di kereta.

5Suasana Baru Kereta Indonesia

hargakini.com

Sekarang sudah berubah semua layanan gerbong kereta. Nyaman sekali jika dibandingkan dengan dulu yang jumlah penumpang kereta ekonominya tidak dibatasi sama sekali. Berdesak-desakan sudah jadi hal lumrah. Sampai tidur di lantai.

Kalau sekarang? Semua penumpang pasti mendapat tempat duduk. Tidak aka nada lagi pedagang asongan yang masuk ke gerbong kereta.

Suasana dalam peron pun makin kondusif dan tidak seheboh dulu. Kini, tidak sembarang orang bisa masuk. Hanya para penumpang yang memiliki tiket saja yang bisa masuk ke peron.

6Tanpa Seatbelt

trainwagon.blogspot.com

Kamu bisa duduk nyaman, bahkan berposisi sesuka hati asal tidak mengganggu kenyamanan orang lain. Kamu bisa menguasai kursi di dalam kereta ketika memang tidak ada penumpang yang akan duduk. Kamu bisa melakukan semua itu tanpa harus takut terjadi turbulensi.

Kalau pegal duduk dan tiduran, kamu bisa berjalan-jalan di sepanjang koridor gerbong tanpa harus malu dan sungkan dengan penumpang lain, selama kamu tidak mengganggu mereka.

7Tepat Waktu

ovuro.wordpress.com

Ketika kamu ingin menempuh perjalanan jalur darat dengan cepat, jelas sekali kereta api adalah piihan sangat tepat. Kamu tidak akan terjebak macet sama sekali. Berbeda kalau kamu memilih naik bis.

8Soket Daya

infolubuklinggau.com

Lengkap sudah rasa nyaman menaiki kereta api, sebab tak hanya kebersihan dan sistem pelayanannya saja yang berubah. Penumpang pun dimanjakan dengan fasilitas baru, yaitu soket daya untuk mengisi baterai ponsel.

Kamu tak perlu khawatir lagi kalau dalam perjalanan tiba-tiba baterai ponselmu habis. Kamu tetap bisa berhubungan dengan keluarga dan teman-teman. Bahkan sudah ada fasilitas wifi juga lho. Asyik kan?

9Ada AC

beritafoto.net

Kereta ekonomi yang terkenal baud an panas itu sudah berubah total sekarang. Di dalam kereta sudah ada AC yang akan membuat penumpang nyaman selama perjalanan.

10Pemandangan Di Balik Jendela

samleinad.wordpress.com

Pemandangan selama perjalanan inilah yang pada akhrinya membuat setiap backpacker atau traveler merenungi banyak hal. Apa yang ada di balik jendela kereta itu menyuguhkan suasana syahdu.

Sebetulnya, pemandangan itu biasa saja. Tapi justru kesederhanaan di sanalah yang menyadarkan kita bahwa kehidupan ini sudah sangat berbaik hati memberikan kesempatan bagi kita untuk menikmatinya. Menikmati perjalanan ini dan menemukan hikmah di sepanjang jalan.

SHARE