Berlibur ke luar negeri mungkin menjadi salah satu mimpi dari diri kita. Mencari pengalaman, berkenalan dengan teman asing dan melakukan segala hal yang sangat amat kita impikan. Namun, untuk sebagian orang merasakan liburan ke luar negeri bukanlah perkara mudah.

Mereka pun perlu menunggu waktu yang tepat hingga tabungan yang disiapkan untuk travelling sudah dapat dicairkan. Tetapi, sekarang banyak maskapai penerbangan yang sering menawarkan tiket promo lho, jadi menghemat dana untuk membeli tiket kan?

blog.reship.com
blog.reship.com

Bahkan ada beberapa negara yang memberlakukan bebas visa untuk Indonesia lho. Jika menurutmu untuk berjalan-jalan ke luar negeri merupakan hal sulit untuk dilakukan, coba lihat alasan dari beberapa orang ini disaat mereka berjalan-jalan ke luar negeri.

Mungkin beberapa hal ini makin memicu semangatmu untuk dapat bepergian secepatnya.

1Belajar Budaya Asing

www.radioaustralia.net.au

Ini luas dengan berbagai macam perbedaan, salah satunya adalah kebudayaan. Karena beda negara yang dikunjungi beda pula budayanya. Kebudayaan adalah suatu hal yang menarik untuk dipelajari.

Semakin kamu sering travelling, maka akan banyak kebuadayaan yang kamu pelajari. Kamu akan belajar tentang nilai-nilai kebudayaan di negara lain dan hal ini mampu menambah kepekaan dirimu akan perbedaan.

Kamu bisa menjadi seorang yang terbiasa untuk memahami perbedaan antara satu orang dengan orang lain.

2Mempelajari Bahasa Baru

www.goabroad.com

Salah satu keseruan saat travelling adalah mempelajari bahasan baru. Hal ini bisa menjadi ajang untuk memperlancar kecakapan dirimu dalam berbahasa, mempelajari kosa kata baru dan belajar bahasa gaul di sana.

Apabila banyak negara yang kamu kunjungi, bahasa yang akan kamu mengerti pun semakin bertambah. Meski hanya bahasa sehari-hari atau kalimat sapaan.

3Keluar dari Zona Nyaman

panduanwisata.id

Ketika berlibur ke luar negeri sudah pasti membuat dirimu berada dalam lingkungan dan budaya yang berbeda. Hal-hal baru seperti itulah yang membuat dirimu berada di luar kebiasaan. Akan tetapi, dari sinilah petualanganmu dimulai.

Kamu akan banyak sekali belajar tentang kehidupan, menyikapi perbedaan, beradaptasi, dalam suasana baru dan banyak sekali hal. Mungkin kamu juga bisa belajar dari negara yang kamu kunjungi.

Misalkan saja tentang tata kota, rest area atau hal-hal yang sangat menarik bagi dirimu. Dengan begitu liburan yang kamu lakukan akan membuatmu tidak hanya sia-sia begitu saja, karena dari saja kamu bisa mempelajari sesuatu.

Bisa jadi apa yang kamu pelajari itu nantinya bisa diterapkan di Indonesia.

4Menambah Kepercayaan Diri

travelingwithjean.com

Saat berada dalam lingkungan yang baru, mengharuskan dirimu untuk beradaptasi. Kamu pun akan melatih kepercayaan diri ketika berada di situasi seperti ini. Kamu akan merasakan apa yang akan dilakukan sebagai tantangan baru dalam hidupmu.

Ketika akan melalui tantangan itu, tentu saja kepercayaan dirimu akan terbangun dengan sendirinya. Karena kamu harus yakin pada kemampuan dirimu bahwa kamu bisa melalui segala rintangan saat berada di negeri orang.

Begitu juga saat bertemu dengan orang baru, memberanikan diri menyapa mereka akan semakin menambah kepercayaan diri yang kamu miliki.

5Memperbanyak Teman

www.techinasia.com

Di lingkungan baru kamu juga akan bertemu dengan teman baru. Travelling akan menambah daftar panjang teman untuk bertukar informasi. Seninya travelling adalah berkenalan dengan warga setempat atau turis yang sama-sama berkunjung.

Kamu bisa mengajak ngobrol warga lokal dari negara yang tengah kamu kunjungi, buat mereka menjadi nyaman dan mulailah untuk mengakrabkan diri.

Jadi, ketika kamu berkunjung ke negara tersebut, kalian bisa meluangkan waktu untuk keliling kota bersama. Seru kan?

6Adaptasi dengan Globalisasi

www.lifehacker.com.au

Teknologi yang berkembang saat ini akan membuat kita mudah untuk berhubungan dengan siapa saja. Kamu pun bisa memanfaatkan hal ini saat berkunjung ke luar negeri. Bisa jadi untuk bekerja atau pertukaran pelajar.

Di era yang sungguh canggih sekarang ini, kamu bisa dengan mudah menjalin komunikasi dengan rekan bisnis atau teman asingmu disana. Sehingga komunikasi akan tetap terjaga meski kamu sudah berada di negara asalmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here