Aplikasi Whatsapp bukan lagi hal yang asing dalam menghubungkan komunikasi. Aplikasi pesan lintas platform ini memudahkan kita untuk bertukar pesan tanpa biaya SMS. Aplikasi ini menggunakan paket data internet yang serupa untuk email, browsing dan lain sebagainya.

Dengan aplikasi ini, kita bisa mengobrol secara online baik personal maupun grup. Kita juga dapat berbagi file, foto dan lainnya.

Aplikasi ini semakin populer setelah dibeli Facebook dengan harga bombastis, 19 miliar Dolar Amerika. Diluncurkan sejak 2009, pengguna Whatsapp mencapai 800 juta di seluruh dunia.

Whatsapp digandrungi bukan hanya mudah penggunaanya, tetapi banyak fitur yang membantu kamu untuk berkomunikasi secara cepat.  Meski demikian, sebagian dari kita mungkin belum mengetahui beberapa trik rahasia agar komunikasimu semakin keren.

Berikut ini delapan trik rahasia yang bisa kamu kuasai dalam aplikasi Whatsapp, so, buat komunikasimu semakin menyenangkan.

1Trik Agar ‘Last Seen’ tidak Pernah Berubah

www.zoopable.com

Buat kamu yang tidak ingin terganggu dengan ‘last seen’, kamu bisa membuatnya agar tidak pernah berubah.

Fitur ini menandakan kapan kamu terakhir kali online di Whatsapp. Agar ‘last seen’ tetap sama, matikan layanan internet sebelum membalas pesan.

Kemudian, ketiklah pesan dan aktifkan kembali layanan internet kamu. Tadaa…waktu ‘last seen’ kamu tidak akan berubah. Mudah bukan?

2Trik Mengirim File Berbentuk PDF

www.boosharticles.com

Bingung mengirim file dalam bentuk PDF di whatsapp dan kamu gagal melulu? Mungkin kamu belum tahu bahwa fitur pengiriman file PDF belum dimiliki oleh Whatsapp.

Namun, masalah akan terpecahkan jika kamu mengintegrasikan Whatsapp dengan layanan Google Drive. Ayo dicoba!

3Cara Melihat Apakah Pesanmu Sudah Dibaca atau Belum

dreamweaverdiaries.in

Jika pesan secara personal mungkin akan mudah buat kamu melihatnya apa pesan sudah dibaca atau belum.

Kamu bisa lihat centang dua yang berubah warna menjadi biru yang menandakan pesan sudah dibaca. Namun, bagaimana dengan pesan di grup?

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya menekan agak lama pada pesan yang telah dikirim. Kemudia, tekan tanda ‘i’ yang mucul. So, kamu bisa langsung lihat pesanmu sudah dibaca atau belum.

4Trik Mengetahui Siapa yang Memblokir Kamu

www.thetechbulletin.com

Apakah kamu merasa diblok seseorang dan kamu ingin tahu apakah benar kamu diblok? Caranya sangat mudah loh.

Cobalah kamu membuat grup, kemudian, undang orang yang diduga memblok kamu. Jika dia tidak bisa diundang, sayang sekali, kamu benar-benar diblok.

5Trik Mengetahui Siapa yang Online dan Offline

www.boosharticles.com

Whatsapp memang belum memiliki fitur ini. Tapi, kamu bisa menggunggah aplikasi lain bernama Whatsdog, yang terintegrasi dengan Whatsapp.

Aplikasi ini berfungsi untuk mengetahui siapa saja yang sedang online dan offline. Butuh teman chatting? Coba instal aplikasi ini ya!

6Trik Mengembalikan Pesan yang Telah Terhapus

www.boosharticles.com

Kamu tidak sengaja menghapus pesan penting di Whatsapp? Eh, jangan sedih dulu, kamu bisa loh mengembalikan pesan yang sudah terhapus ini.

Caranya tidak terlalu susah, cukup akses folder database di Androidmu (SD Card > WhatsApp > Database). Kemudian, cari ‘msgstore-2014-01-04.1.db.crypt’ dan ‘msgstore.db.crypt’, lalu rename-lah file yang kedua menjadi ‘backup-msgstore.db.crypt’.

Setelah itu rename-lah ‘msgstore-2014-01-04.1.db.crypt’. Lantas, kembali ke Setting > Applications > manage application > WhatsApp.

Kemudian klik pilihan Clear Data menjadi Remove Data. Bukalah WhatsAppmu kemudian tekan restore. Yes, pesanmu yang terhapus kembali muncul.

7Trik Menghilangkan Blue Ticks

kuwaitiful.com

Terganggu dengan fitur ini? fitur bisa dihilangkan dengan memilih akun di kolom setting. Setelah itu, hilangkan tanda centang pada ‘read receipt’.

8Trik Menjadwalkan Pesan dalam Waktu Tertentu

Message Scheduler

Temanmu berulang tahun dan kamu ingin mengucapkan tepat pukul 12 malam, namun sayang kamu ngantuk berat.

Nah, sebelum ketiduran, kamu bisa mengatur waktu pesan di Whatsapp.  Cukup istal aplikasi Message Scheduler untuk pengguna iPhone. Sedangkan pengguna Android bisa mengunduhnya WhatsApp Messenger Scheduler Lite.

Selamat buat hari-hari ber-Whatsapp-an kamu semakin menyenangkan!

SHARE