Sebagai seorang ayah, kamu harus memiliki mindset yang tepat. Bahwa menjadi seorang ayah merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting. Sebagaimana pekerjaan lainnya, menjadi seorang ayah juga memiliki tugas tersendiri.

Dalam buku berjudul All Pro Dad: Seven Essentials to Be a Hero to Your Kids, Mark Merill menjelaskan setidaknya ada 5 deskripsi  tugas bagi seorang ayah. Tugas ini mencakup semua hal yang harus dikerjakan sebagai ayah lho.

Sebagai gambaran besar tentang tanggung jawab sebagai ayah, berikut ini kami mengulasnya secara singkat.

1Mencintai Istrimu

ummi-online.com

Mencintai istri merupakan pondasi dasar pernikahan. Selain itu, hal ini juga merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi anak-anak. Mereka akan merasa mendapat perlindungan dari sang ayah, ketika mereka melihat ayahnya begitu mencintai ibunya.

2Meluangkan Waktu untuk Anak-anak

elitespringbedmattress.blogspot.com

Cerminan apa yang menjadi prioritas dalam hidupmu tampak dari caramu meluangkan waktu. Jika kamu menganggap anak-anakmu berharga, maka secara otomatis kamu akan selalu ingin bersama mereka.

Cara ini akan menjadi kenangan sepanjang hidup anak-anakmu.

3Menjadi Teladan

resourceful-parenting.blogspot.com

Ayah merupakan role model utama bagi anak-anaknya dalam berperilaku. Tidak bisa seorang ayah hanya memerintah saja. Dirinya harus menjadi teladan bagi anak-anaknya. Dan hal pertama yang akan anak-anak lihat dan ingat dari ayahnya adalah konsistensi.

Misalnya, ketika seorang ayah memerintahkan saja dengan perkataan, bisa jadi anak akan salah paham atas instruksi yang diberikan. Namun anak tidak akan pernah salah jika meniru tingkah laku ayahnya.

4Pahami Anak-anakmu

ummi-online.com

Setiap anak memiliki keunikannya masing-masing. Mereka berbeda dari segi DNA, sidik jari, kepribadian dan lain sebagainya. Menjadi ayah terbaik, berarti dia harus memahami setiap keunikan anaknya sebagai individu.

Kamu juga perlu mengetahui apa yang benar-benar dibutuhkan oleh anakmu. Khususnya yang bersifat kebutuhan batin. Ingatlah pula, bahwa anak-anakmu tumbuh lebih cepat dari yang dibayangkan. Karenanya, nikmatilah waktu-waktu yang kamu miliki bersama mereka.

5Amankan Masa Depan Finansial Keluarga

bmunusantara.com

Salah satu problematika dalam keluarga yang berujung pada hancurnya keluarga tersebut adalah masalah keuangan. Agar keluargamu tetap kuat, kamu harus mengamankan keuangan keluargamu.

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu lunasi hutang-hutangmu sekuat mungkin dan bencilah untuk berhutang sekarang juga.

Setelah itu, pastikan keluargamu dapat menabung dan bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan. Juga ajarkan prinsip keuangan yang baik pada anak-anak.