upmcmyhealthmatters.com

Kamu Stres Karena Tugas Kuliah yang Menumpuk? Atasi dengan 6 Cara Ini

Posted on

Tugas sekolah dan tugas kuliah sering kali memang memberatkan para mahasiswa. Dengan waktu deadline yang kadang terasa kurang manusiawi belum ditambah mata kuliah lain.

Ya, begitulah dosen dengan dosen lainnya. Namanya juga manusia yang tidak terintegrasi secara otomatis sehingga bisa mengatur tugas yang diberikan agar tidak membebani tugas dari dosen lain.

Itu baru bicara tugas belum lagi para mahasiswa yang disibukan dengan praktikum dan kegiatan organisasi. Memang itu resiko seorang mahasiswa, apalagi yang aktivis.

Kalau tugas menumpuk, waktu deadline mencekik ditambah jadwal praktikum dan kegiatan lain yang sangat padat. Kalau sudah seperti ini yang ada adalah stres pikiran dan pusing. Semua akan terasa susah.

Tugas yang seharusnya cukup mudah dikerjakan akan menjadi susah karena pikiran sudah tidak fokus. Apa yang harus kamu lakukan untuk mengatasi stres tugas itu?

Berikut beberapa tips yang patut dicoba para mahasiswa untuk mengatasi stres tugas.

Olahraga Ringan

ahlinyapenyakitjantung.web.id
ahlinyapenyakitjantung.web.id

Ya olahraga tentu sangat membantu dalam mengatasi stres. Dengan berolahraga akan melancarkan peredaran darah yang menuju otak sehingga otak akan fresh kembali.

Bermain Game

channel9.msdn.com
channel9.msdn.com

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi stres karena tugas kuliah. Namun perlu diperhatikan waktu untuk bermain game, kamu harus bisa mengatur sendiri kapan harus berhenti bermain.

Alih-alih menghilangkan stres tugas malah waktu habis cuma buat main game. Tugaspun tidak terselesaikan.

jalantikus.com
jalantikus.com

Game online seperti Dota 2 memang menjadi pilihan yang cukup tepat untuk mengatasi stres tugas kuliah. Game yang menarik dan sangat ramai setiap harinya. Menyenangkan apabila bisa bermain bersama teman.

Namun perlu diperhatikan lagi dalam game Dota 2 yang kamu perlukan adalah play for fun. Cukup banyak player Dota 2 yang prinsipnya play and win, jadi ketika kamu bermain kurang bagus, maka yang ada malah jadi bahan ejekan.

Bukannya menghilangkan stres malah tambah tidak karuan gara-gara ejekan para player yang kurang sopan itu.

Bermain Keluar Rumah

fondofentertainment.blogspot.com
fondofentertainment.blogspot.com

Keluar rumah dan bermain sepertinya sangat sukses untuk mengatasi stres tugas kuliah. Kita bisa mengajak teman sekedar jalan-jalan ke sawah atau ke warung untuk ngobrol sesuatu yang ringan.

himaptikaiainsby.wordpress.com
himaptikaiainsby.wordpress.com

Kalau untuk laki-laki tentunya biasanya akan mengajak temannya bermain sepak bola. Cara ini sangat ampuh, dengan cara ini kita bisa sejenak melupakan tugas dan membuat pikiran fresh kembali untuk menghadapi tugas lain.

membacafilem.wordpress.com
membacafilem.wordpress.com

Ajak temanmu nonton film bareng di bioskop. Menonton film kesukaanmu akan membuat kamu semangat lagi dan terlepas dari stres. Semakin banyak teman semakin asyik tentunya.

Untuk kaum hawa biasanya mereka akan mengajak temannya sekedar jalan-jalan ke mall ataupun makan di cafe-cafe yang tenang. Sambil membicarakan gosip-gosip yang sedang hangat.

Mendengarkan Musik

boombastis.com
boombastis.com

Mendengarkan musik ini efeknya cukup bagus apalagi mendengarkan di suasana hening dan sejuk. Musik yang kamu dengarkan tidak harus musik klasik yang katanya dapat menenangkan.

Cukup pilih lagu yang memang kamu suka, dengan mendengarkan lagu yang kamu sukai itu akan memberi semangat tersendiri.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

d7news.com
d7news.com

Hewan apa yang kamu pelihara di rumah? Ya merekalah obat yang sangat manjur untuk mengatasi stres karena tugas. Hanya dengan bermain bersama kucing kamu bisa membuat fresh kembali pikiranmu.

Beberapa penelitian menyatakan dengan membelai kucing ataupun anjing dapat mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung. Karena dengan mengelus kucing kita bisa merasa santai dan relaks.

Istirahat Secukupnya

abiummi.com
abiummi.com

Cara ini sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan. Istirahatlah yang cukup, hal ini akan membantu otak agar lebih segar. Istirahat dengan tidur berarti juga mengistirahatkan otak yang sudah bekerja seharian.

Namun, berhasil tidaknya cara ini juga tergantung kamu. Cara ini akan berhasil apabila kamu bisa melupakan sejenak kesibukan dan tugas yang menumpuk. Cara menjadi tidak efektif jika kamu tidur dalam keadaan pikiran jenuh.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *