Baru-baru ini sedang ada pro dan kontra terkait BPJS yang merupakan asuransi kesehatan nasional. Banyak yang menyetujui namun tak sedikit pula yang kontra dengannya.

BPJS sendiri merupakan asuransi kesehatan bagi pegawai negeri, swasta, maupun individu. Berbagai pelayanan kesehatan bisa didapatkan dengan mudah dan murah jika seseorang memiliki BPJS.

Namun tentunya, ada iuran tiap bulan yang harus dibayar oleh anggota pemegang kartu BPJS, dan sakit maupun tidak sakit dia harus tetap membayar iuran tersebut.

Terlepas dari pro dan kontra masalah BPJS, sebagai warga Negara Indonesia, kita perlu mengenal fungsi dan tujuan dari asuransi kesehatan yang ada di Negara kita ini.

Tujuannya jelas, sebagai edukasi kita, sekaligus agar kita bisa cermat dalam mengambil langkah terhadap ragam asuransi kesehatan di sekitar kita ini.

Asuransi sendiri secara umum memiliki fungsi sebagai jaminan keamanan. Sehingga pada akhirnya asuransi akan dikelompokkan menjadi berbagai macam.

Ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan, dan sebagainya.

Asuransi kesehatan memiliki fungsi sebagai jaminan keamanan financial kepada pihak pemegang asuransi manakala yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan karena sakit atau kecelakaan.

Maksudnya disini yang ditanggung tentu adalah biaya perawatan, pengobatan, dokter, rumah sakit, dan semua disesuaikan dengan isi perjanjian, seberapa besar biaya yang akan ditanggung.

Maka dapat disimpulkan dengan jelas sekali bahwa tujuan dari adanya asuransi kesehatan adalah penjaminan keamanan dalam hal pembiayaan.

Tentunya semua setuju bahwa tak ada harta yang lebih berharga dibanding kesehatan, namun tak ada salahnya kan sedia payung sebelum hujan?

Jika memang kita harus membayar tiap bulannya untuk tagihan dari asuransi kesehatan maka anggap saja kita sedang menabung membeli payung saat hujan nanti.

Sehingga ketika sakit datang, kita akan lebih ringan dalam membiayai pengobatan. Bayangkan jika saat sakit maka kita harus membayar mahal pula?

Yang penting kita bisa selektif dan bijaksana dalam memilih yang terbaik dalam hidup kita.