Pemilu atau Pemilihan Umum adalah sebuah proses pemilihan baik dalam skala terendah mulai Kepala Desa sampa skala tertinggi yaitu Presiden.

Pemilu memiliki nama bermacam-macam sesuai dengan skala pilhannya. Misalnya, pemilihan Kepala Daerah atau Bupati, disebut Pilkada, atau Pemilihan Kepala Daerah.

Dan pemilihan umum untuk Presiden biasa disebut Pilpres.

Nah, sebenarnya apa sih tujuan dari Pemilu itu sendiri bagi Indonesia, khususnya bagi rakyat Indonesia? Tentunya tujuan tersebut harus diketahui oleh semua warga Negara Indonesia.

Karena dengan mengetahui tujuan tersebut, maka semua warga Negara Indonesia bisa dipastikan akan ikut serta, aktif mendukung terlaksananya Pemilihan Umum yang jujur dan adil.

Yang pertama, Pemilu tentunya menegaskan bahwa Negara kita Indonesia ini sebagai Negara yang menganut sistem demokrasi Pancasila.

Dimana demokrasi sendiri memiliki asas bahwa kedaulatan ada di tangan rakyat. Maksudnya bahwa rakyat berhak memilih dan menyuarakan pendapatnya untuk para Pemimpin Negara ini.

Mulai dari tingkat terendah sampai tingkat tertinggi, serta tentunya para wakil rakyatnya.

Sedangkan ideologi Pancasila tetap menjadi dasar segala dasar dari sistem kepemerintahan di Indonesia karena Pancasila adalah ideologi Bangsa.

Yang kedua, Pemilu memberikan ruang kepada rakyat untuk menentukan pilihan, siapakah pemimpin atau wakil rakyat yang sesuai dengan hati nurani mereka.

Sehingga tak ada istilah salah memilih karena semua juga adalah hasil pilihan rakyat.

Yang ketiga, Pemilu memberikan penegasan bahwa para Pemimpin sudah seharusnya menjalankan peran dan fungsinya sebagai pimpinan dan wakil rakyat sebagaimana mestinya.

Yaitu menyambung lidah rakyat, atau menjadi pemimpin yang mampu mengayomi dan menyejahterakan hidup rakyatnya.

Itu sebagai bentuk menjalankan amanah dari rakyat yang telah memilihnya, percaya padanya, bahwa dia mampu menjalankan tampuk kepemimpinan tersebut.

Yang keempat, Pemilu memberikan ruang kepada suatu Bangsa dan Negara untuk menjalankan sebuah sistem demokrasi yang benar-benar diimpikan.

Sehingga ada hubungan yang harmonis serta sinergis antara rakyat, wakil rakyat, dan pemimpin Negaranya.