Setiap orang punya destinasi wisata idaman masing-masing. Ada yang suka ke pantai, bukit, gunung, cagar alam, taman bermain, dan masih banyak lagi lokasi alam lainnya.

Tetapi, pernahkah kamu coba mengunjungi tempat wisata, disesuaikan dengan tipe kepribadianmu?

Kalau belum pernah, kamu bisa mulai mencobanya ketika liburan nanti. Sekarang, kamu simak dulu tujuan wisata mana saja yang sesuai dengan tipe kepribadian seseorang. Yuk!

1Tipe Pekerja Keras dan Kompetitif

purnamabukal.blogspot.com

Biasanya orang-orang seperti ini memiliki tingkat keseriusan yang tinggi. Mereka juga sangat tekun dan bekerja keras untuk mencapai tujuan.

Jika kamu masuk tipe orang seperti ini, pilihlah liburan yang bisa memberikan efek rileks, sehingga liburanmu akan benar-benar menyegarkan pikiran.

Pulau yang tak begitu banyak pengunjung dengan resort sederhana namun sunyi, akan menjadi pilihan tepat.

2Tipe Idealis dan Kharismatik

ajak-jalan.com

Sifat yang menggambarkan kepribadian idealis dan karismatik dari seseorang adalah suka membantu dan berinteraksi dengan orang lain, termasuk orang-orang baru.

Tipe orang yang seperti ini lebih cocok pergi ke alam yang tidak terlalu ekstrim. Jika kamu merupakan seseorang yang idealis, pergilah ke pantai. Tempat tersebut merupakan destinasi yang sangat cocok untukmu.

3Tipe Peduli Alam dan Isu Lingkungan

dnaberita.com

Orang-orang seperti ini cocok jika berinteraksi secara langsung dengan alam sekitar. Mereka akan bahagia ketika bersentuhan langsung dengan pasir, bebatuan, dan elemen alam lainnya.

Bahkan orang-orang tipe ini akan sekaligus menjaga alam saat sedang berlibur. Pilihan yang tepat adalah pergi ke Pulau Komodo.

4Tipe Simple, Tidak Suka Repot

klikhotel.com

Biasanya karakter orang seperti ini menyukai hal-hal yang instan.

Jika kamu termasuk tipe ini, lebih baik gunakan jasa wisata. Atau kamu bisa memilih lokasi wisata tujuan yang tidak membutuhkan perencanaan secara detail.

Kamu bisa mengunjungi candi-candi yang ada di Pulau Jawa; Jawa Tengah dan Yogyakarta, misalnya.

5Tipe Jiwa Intelektual dan Pemikir

pegipegi.com

Untuk memenuhi pertanyaan yang ada di otaknya, liburan ke pedalaman merupakan pilihan paling baik untuk tipe pemikir seperti ini.

Orang-orang model ini sangat haus dengan eksplorasi. Kalau tidak mau, pilihan lainnya bisa pergi ke tempat-tempat dengan arsitektur bergaya tempo dulu.

6Tipe Berdarah Seni

aeroflight.co.uk

Tipe ini biasanya menyukai aktivitas menulis, sastra, musik, dan kreasi seni lainnya yang berbobot dan memiliki nilai-nilai dengan filosofi yang sangat dalam.

Orang-orang berjiwa seni tinggi akan lebih puas jika pergi ke tempat bersejarah yang juga kaya akan nilai sastra dan karya seni agung. Museum, kota-kota tua merupakan lokasi favoritnya.

7Tipe Penyuka Tantangan

yusupesuy.wordpress.com

Aktivitas outdoor merupakan pilihan yang sangat tepat bagi kamu yang suka dengan hal-hal ekstrim.

Misalnya, pergi ke gunung atau menyeberangi lautan merupakan surga bagi kelompok berkepribadian penyuka tantangan.

Orang-orang tipe ini memang mudah beradaptasi dengan lingkungan sebab kekuatan fisiknya yang berada di atas rata-rata.

8Tipe Penyendiri (Introvert)

moneter.co

Jika kamu adalah orang yang cenderung menyukai kesunyian dan cenderung menutup diri dari dunia luar,

maka hindarilah tempat liburan yang ramai, seperti pameran, pertunjukkan musik, dan segala hiruk-pikuk yang bisa mengganggu ketenanganmu.

Pedesaan yang sejuk dengan bentang alam asri, kebun teh, lembah berair terjun atau pegunungan bisa menjadi alternatif berlibur bagi siapapun yang tidak begitu suka keramaian.

9Tipe Terbuka (Ekstrovert)

lincipan.pun.bz

Kalau kamu adalah tipe orang yang terbuka, tidak merasa risih saat harus berada di keramaian, dan bertemu berbagai macam tipe manusia,

maka kamu bisa mengunjungi pameran seni budaya, pertunjukkan seni, konser, kota metropolis atau di mana pun itu selama kamu bahagia, nyaman, dan bisa menemukan inspirasi baru.

10Tipe Ambievert

lifehack.org

Lain halnya ketika kamu memiliki kepribadian setengah introvert- setengah ekstrovert. Kamu akan cenderung fleksibel menghadapi situasi apa pun.

Mau di lembah ngarai yang sunyi, bahkan menonton pertandingan bola dengan suasana yang pasti ramai dan bising sekali pun, tidak akan masalah selama kamu nyaman dan bahagia.

Nah, tipe yang manakah kamu?