Kita semua sudah tahu bahwa sapi, kerbau, kambing, jerapah, dan banyak hewan lain yang termasuk dalam kategori herbivora adalah pemakan tumbuhan.

Beberapa tumbuhan seperti rumput, ilalang, daun-daunan, dan masih banyak lagi sejenisnya menjadi santapan lezat bagi hewan-hewan tersebut.

Namun tahukah kamu, bahwa di dunia ini ada tumbuhan bernama cantik dan berbentuk unik namun ternyata sangat ‘kejam’ karena dia memakan hewan?

Wah, tumbuhan apa ya itu?

Namanya adalah tumbuhan Venus. Cantik seklai bukan namanya? Mengingat nama venus yang tak hanya nama sebuah planet indah namun juga nama yang selalu dikaitkan oleh kaum hawa dan para wanita cantik.

Namun nama ternyata tak seindah perangainya, hehe. Tumbuhan venus ini gemar menjerat para serangga yang terlanjur datang hinggap padanya kemudian ditelan hidup-hidup!

Tumbuhan ini disebut insektivora, atau pemakan serangga (insect). Dia memiliki ciri khusus pada bentuk daunnya yang berengsel dan berbulu. Daun ini menyerupai mulut yang siap menelan hidup-hidup serangga mangsanya.

Serangga yang datang karena tertarik pada si Venus kemudian akan hinggap dan menyentuh bulu-bulu tersebut, sensor pada Venus akan bekerja dan kemudian “Hap!”, masuklah si Serangga dalam saluran cerna milik si Venus.

Serangga yang ada di dalam ‘mulut’ berbulu milik si Venus ini akan hancur perlahan-lahan karena ada lendir penghancur yang memang berfungsi melumatkan mangsa yang telah dimakannya.

Selain itu warna dari daun Venus ini sangat lah khas. Warna hijau muda yang ada semburat warna merah jambu, dan kadang terlihat sedikit pucat. Selain itu tumbuhan Venus juga memiliki bau yang sangat khas dan mudah dikenali.

Bau khas inilah yang kemudian menjadi daya tarik dari Venus untuk menggoda serangga datang padanya. Ya, seperti kebanyakan bunga atau tumbuhan pada umumnya.

Bedanya bunga atau tumbuhan menginginkan didatangi seranga demi dibantu proses pembuahan dan penyerbukan, sedangkan si Venus ini menginginkan serangga datang untuk memenuhi asupan gizinya alias dimakan.

Walaupun begitu, ternyata banyak lho pecinta tumbuhan yang memeliharanya!