Kangkung adalah sayuran hijau yang dikenal dari rakyat hingga pejabat. Warung makan sekelas warteg hingga restoran yang membandrol harga mahal tak asing dengan sayuran yang biasa dimasak tumis ini.

balikpapannaa.wordpress
balikpapannaa.wordpress

Bumbu wajib tumis kangkung seperti bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam sangat mudah dijumpai di dapur. Beberapa bumbu tambahan yang dapat menyesuaikan selera konsumen di antaranya terasi, kecap, hingga saus tiram.

dedetea66.blogspot.com
dedetea66.blogspot.com

Tumis kangkung semakin menggoda selera dengan tambahan bahan makanan seperti tahu, tempe, udang, jamur, sosis, bakso, dan lain-lain. Jadi tumis jenis ini bisa menyesuaikan selera dan kantong keluargamu.

Berikut beberapa variasi memasak tumis kangkung yang bisa kamu coba di rumah sebagai sajian sehat, cepat, dan istimewa bagi keluarga tercinta.

1Tumis Kangkung Sederhana

masakanpraktis.com

Bumbu tumis kangkung biasa seperti bumbu wajib tumis pada umumnya. Bawang merah, bawang putih, dan cabai ditumis dengan sedikit minyak sampai harum. Kangkung yang telah dipotong dan dicuci dimasukkan kedalam penggorengan.

Tambahkan sedikit air. Aduk sampai layu dan bumbu merata. Kamu dapat menambahkan bahan makanan tambahan seperti bakso, sosis, udang, ataupun jamur ke dalam tumisan.

Tumis kangkung sederhana siap disajikan bersama sambal terasi dan tempe goreng bersama keluarga terkasih.

2Tumis Kangkung Orak-arik Telur

retnodwic.blogspot

Cara memasak tumis kangkung orak-arik telur hampir sama dengan tumis kangkung sederhana.

Dua butir telur di orak-arik dengan sedikit minyak sampai masak. Selanjutnya, bumbu wajib tumis yang telah diiris dimasukkan ke dalam penggorengan sampai berbau harum.

Kangkung yang sudah dipotong-potong dan dicuci dimasukkan ke dalam penggorengan. Kangkung ditumis sampai layu dan bumbu sudah tercampur rata.

Sebagai tips, jangan menambahkan bahan makanan protein hewani laut seperti udang dan cumi-cumi ke dalam tumis kangkung orak-arik telur ini. Telur yang merupakan protein hewani darat tidak baik dimakan secara bersamaan dengan protein hewani laut.

Jika kamu ingin menambahakan bahan makanan, tambahkan bakso atau sosis yang sama-sama protein hewani darat.

3Plencing Kangkung

tokomesin.com

Cara memasak plencing kangkug ini sedikit berbeda dengan tumis kangkung pada umumnya. Namun demikian, bumbu yang digunakan secara umum hampir sama, meskipun plencing kangkung harus menggunakan cabai yang lebih banyak.

Kangkung yang sudah dipotong dan dicuci, direbus sampai layu. Tambahkan sedikit garam saat merebus kangkung agar dapat mempertahankan warna hijau pada kangkung.

Sambal plencing menggunakan bumbu di antaranya bawang merah, bawang putih, cabai, tomat, gula, dan garam. Tumis bumbu sambal plencing kecuali tomat. Setelah layu, bumbu sambal plencing diuleg menggunakan cobek.

Jika ingin lebih cepat dan praktis kamu dapat menggunakan blender untuk menghaluskannya. Setelah halus, tambahkan tomat potong yang sebelumnya sudah digoreng.

Uleg kembali tomat dan sambal pelncing sampai benar-benar halus. Kangkung rebus disajikan di atas piring. Sambal plencing sebagai toping plencing kangkung ini. Agar lebih sedap kamu dapat menambahkan perasaan jeruk sesuai selera.

4Tumis Kangkung Kuah

youtube.com

Tumis kangkung kuah menggunakan bumbu tambahan seperti jahe dan lengkuas yang dimemarkan. Jahe dan lengkuas ini ditumis terlebih dahulu sampai berbau harum. Selajutnya bawang putih, bawang merah dan cabai dimasukan ke dalam penggorengan.

Kangkung dimasukan dan kemudian ditutup selama 1-2 menit. Tambahkan air panas secukupnya sebagai kuah. Tumis kuah akan lebih lezat jika ditambahkan saus tiram sebagai bumbu.

Kangkung adalah tanaman yang mudah tumbuh. Kamu dapat memanfaatkan pekarangan sempit rumah untuk menanam kangkung untuk menanam kangkung organik tanpa pestisida.

Akan ada sensasi rasa berbeda jika kangkung yang kamu gunakan hasil dari menanam sendiri.

SHARE