Rasulullah merupakan sosok idola, setiap perbuatannya sangat baik untuk kita teladani atau kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW ternyata benar dan memiliki banyak manfaat.

Bahkan hal yang kecilpun. Diantara kebiasaan Rasulullah SAW adalah beliau tidak suka begadang atau tidur telalu larut malam.

Beliau biasanya menyegerakan tidur setelah Isya’, jika tidak ada urusan penting baik jihad ataupun dakwah.

Aisyah ra menjelaskan kebiasaan Rasulullah, “ Rasulullah SAW tidak pernah tidur sebelum waktu isya’ dan tidak pernah begadang setelahnya.”(HR. Ahmad; Shahih)

Kemudian pada pertengahan malam atau sepertiga malam beliau bangun untuk qiyamullail. Kebiasaan tidut tidak larut malam tersebut memudahkan kita untuk bangun menunaikan sholat tahajud.

Ternyata tidak hanya itu, dari segi kesehatanpun kebiasaan tidur larut malam sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sistem Imun Melemah

1 sistem imun
www.generasibiologi.com

Jika kita terbiasa tidur larut malam atau  sering begadang dapat berpengaruh pada sistem imun. Sistem imun bisa melemah sebab sel-sel darah putih dapat rusak.

Hal itu bisa berakibat pada kekebalan tubuh yang rentan terhadap berbagai serangan penyakit.

Diabetes

1 Diabetes
khasiatteripangemas01.blogspot.com

Tidak hanya mengganggu sisitem kekebalan tubuh, kebiasaan begadang juga dapat merusak hormon. Jika hormon rusak maka bisa berakibat tubuh tidak toleran terhadap glukosa karena jumlah insulin menurun.

Maka, orang yang tidur larut malam rentan terhadap penyakit diabetes.

Sakit Kepala Hingga Kerusakan Pada Otak

kiki widyasari sakit kepala
kuningjeruk.com

Memiliki jam tidur yang kurang sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh. Tubuh juga membutuhkan isirahat agar bisa beraktivitas kembali dengan baik keesokan harinya.

Pikiran dan tenaga memerlukan pemulihan. Jika jam tidurmu saja sudah sangat kurang, tidur terlalu malam hasilnya ketika bangun badan malah terasa sakit.

Bisa dikatakan istrirahat malam tersebut tidak berkualiatas atau tidak efektif. Orang yang tidur awal dan bangun di sepertiga malam terakhir maka badannya jauh lebih fit dan segar daripada mereka yang bisannya begadang hingga lewat tengah malam.

Saat bangun kepala terasa berat, jika dibiarkan terus menerus dapat menyababkan kerusakan pada otak.

Kanker Hati

1 hati
www.kompassehat.com

Penelitian yang dilakukan oleh para dokter di  National Taiwan Hospital menemukan bahwa tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang merupakan penyebab utama kerusakan hati.

Itulah beberapa dampak buruk bagi kesehatan akibat tidur terlalu malam. Apa yang disunahkan Rasulullah sangat bermanfaat dalam kehidupan kita. Semoga kita bisa mendaptakan banyak manfaat dan hikmah dengan meneladai sunnah beliau.