www.kompasiana.com

Nostalgia! Inilah Uang Logam yang Pernah Ada di Indonesia

Posted on

Pernahkah kamu dikagetkan oleh uang logam? Misalnya saat kamu sedang merogoh kocek, tiba-tiba uang logammu lepas dari genggaman dan menimbulkan suasana yang memecahkan keheningan. Wih, horor juga ya.

Dalam kondisi ini kamu pasti akan merasa sangat malu, karena seluruh mata akan tertuju kepada mu. Asyik dong jadi sorotan utama. Xixixi.

Dari segi nominal uang logam memang jauh dibandingkan dengan uang kertas. Tapi dari segi ketahanan, uang logam jauh lebih tahan dibandingkan uang kertas. Coba saja kamu rendam uang logam dan uang kertas secara bersamaan selama satu malam.

Apa yang terjadi?

Ngga ada apa-apa sih, hanya saja tekstur uang kertas akan jadi lebih lemah dan lembek, sedangkan uang logam tetap kokoh dan keras.

Ngga heran kan? Wkwk.

Tau ngga sih berapa nominal tertinggi uang logam saat ini? Yap! 1000 rupiah adalah nominal tertinggi. Kalau uang kertas nominal tertingginya adalah 100 ribu rupiah. Tuh beda banget kan? Itulah kenapa ada perbedaan kasta antara uang logam dan uang kertas. Haha.

Uang logam yang saat ini masih beredar terbuat dari kuningan dan aluminium. Tetapi dahulu uang logam juga pernah dibuat dari bahan nikel yang bobotnya lebih berat daripada uang logam yang berbahan kuningan maupun aluminium.

Karena terbuat dari kuningan, aluminium maupun nikel inilah yang membuat uang logam berbentuk lingkarang ini akan bersuara juga berbenturan dengan benda keras.

Nah, omong-omong tentang uang logam, ternyata Bank Indonesia sebagai Bank Sentral di Indonesia sudah pernah mencabut dan menarik uang logam dari peredaran. Menurut situs resmi Bank Indonesia, ada 8 uang logam yang ditarik dari peredaran. Berikut ini ulasannya.

Uang Logam Rp.2

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Uang logam yang ini terbuat dari aluminium. Tahun emisinya atau tahun pertama kali dibuat pada 1970. Bagian depan bergambar padi dan bunga. Mungkin ini memberikan simbol bahwa Indonesia adalah negara subur dan kaya raya. Wah.

Tetapi, ternyata uang ini dicabut dari peredaran. Uang ini telah dicabut dari peredaran pada 15 November 1996.

Uang Logam Rp.5

www.tokopedia.com
www.tokopedia.com

Ada 2 jenis uang Rp 5 yang pernah diterbitkan oleh Bank Indonesia.

Uang Rp 5 pertama bergambar burung. Terbuat dari bahan aluminium beremisi tahun 1970. Sedangkan uang Rp 5 yang kedua bergambar Keluarga Berencana (KB) yang beremisi tahun 1974. Indonesia kreatif ya, ini terbukti dari gambar pada uang logamnya. Xixi.

Uang ini telah ditarik peredarannya pada 15 November 1996.

Uang Logam Rp.10

forumjualbeli.com
forumjualbeli.com

Uang logam bernilai Rp 10 ini mempunyai 3 jenis yang dikeluarkan pada tahun yang berbeda. Uang logam Rp 10 pertama dikeluarkan pada 1971 dengan bahan nikel. Uang Rp 10 yang kedua beremisi 1974. Uang ini dibuat dari bahan kuningan dengan gambar Tabanas.

Sementara uang logam Rp 10 yang ketiga juga bergambar Tabanas. Tapi bedanya uang ini dibuat dari bahan aluminium, jadi lebih ringan. Tapi jangan salah, ketika jatuh ia akan mengeluarkan suara yang tak kalah hebohnya. Yah, namanya juga uang logam.

Uang Logam Rp.25

bendapeninggalantempodoeloe.blogspot.com
bendapeninggalantempodoeloe.blogspot.com

Kamu tahu? Uang logam ini ternyata punya dua versi. Versi pertama adalah yang dibuat pada 1971 dan berbahan nikel dengan gambar burung. Sedangkan versi kedua mempunyai 6 tahun variasi emisi yaitu 1991, 1992, 1993, 1994, 1995 dan 1996.

Uang Rp 25 versi kedua ini dibuat dari bahan aluminium. Meski sudah lama tak beredar di masyarakat, ternyata uang Rp 25 versi kedua ini baru resmi dicabut peredarannya oleh BI pada 31 Agustus 2010.

Kamu masih menyimpan uang langka ini?

Uang Logam Rp.50

crncystore.wordpress.com
crncystore.wordpress.com

Untuk yang satu ini tentu banyak yang masih mengingatnya. Karena ini termasuk yang masih bisa kita dapatkan sekarang meski agak sulit. Zaman dulu dengan uang ini anak-anak bisa membeli berbagai jajanan di sekolah.

Uang logam Rp 50 yang pernah dikeluarkan BI ada 3 jenis. Jenis pertama uang Rp 50 bergambar burung cenderawasih dengan bahan dasar nikel. Uang ini pertama kali dicetak pada 1971. Jenis kedua bergambar burung komodo dengan bahan kuningan dan bertahun emisi pertama 1991.

Sedangkan jenis yang terakhir dibuat dari bahan aluminium pada tahun 1999 dan bergambar burung kepodang. Nah uang nominal Rp 50 ini sudah dicabut peredarannya pada 30 November 2006.

Btw burung kepodang itu burung jenis apa ya?

Uang Logam Rp.100

uang-kuno-surabaya.blogspot.com
uang-kuno-surabaya.blogspot.com

Uang ini juga bisa disebut sebagai obat masuk angin? Loh kok bisa?

Ya bisa dong. Karena kebanyakan orang menggunakan uang ini untuk kerokan saat sedang terkena masuk angin. Xixixi.

Uang Rp 100 pertama yang dibuat pada 1973 ini lebih tebal daripada uang Rp 100 versi kedua yang diterbitkan tahun 1978. Nah, uang Rp 100 versi ketiga berbahan baku kuningan.

Ketiga uang Rp 100 tersebut sudah dicabut peredarannya dan digantikan dengan uang Rp 100 yang berbahan aluminium. Uang Rp 100 saat ini jadi nominal uang logam terkecil.

Oke, itulah tadi ulasan beberapa uang logam yang pernah beredar di Indonesia. Sebenarnya BI masih membuka penukaran uang-uang tersebut sampai tahun 2026. Tetapi mungkin banyak orang yang sayang menukarkan benda-benda langka tersebut.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *