Ketika disebut tentang Ubud, mungkin tidak semua orang Indonesia mengenalnya. Kita lebih mengenal Kuta atau Jembrana sebagai tempat favorit di Bali.

Tapi tahukah kamu kalau Desa Ubud di Bali ini sangat terkenal di dunia? Bahkan orang-orang dari mancanegara menyebut Ubud sebagai international Village. Kok bisa?

Julukan itu tidak berlebihan jika kamu melihat berbagai tempat mengesankan di sana. Ubud memang dikenal memiliki keindahan alam yang luar biasa, juga beragam seni kebudayaan menakjubkan.

Ubud memiliki lokasi yang terletak di antara persawahan dan kawasan hutan, diapit oleh jurang-jurang dengan sungai, menggambarkan alam yang sangat indah.

Beragam seni kebudayaan juga tak kalah menariknya. Tari-tari tradisional dan pentas musik bergantian tiap malam menghibur pengunjung. Belum lagi dipajang lukisan dari pelukis-pelukis top, nasional maupun internasional.

Kamu tahu pelukis terkenal dunia Rudolf Bonnet atau Walter Spies? Mereka pelukis internasional yang menetap di Bali sampai akhir hayatnya. Tentu saja lukisan-lukisan fenomenal mereka ada di Museum Puri Lukisan.

Dengan sejumlah keunggulan yang dimiliki Ubud, wajar jika berjibun wisatawan asing ada di setiap lokasi. Bahkan sampai hampir tidak terlihat wisatawan lokal kecuali penduduk setempat.

Perbandingannya menurut Ubud Hotels Association, 80% turis asing dan sisanya 20% adalah turis lokal. Angka mengejutkannya ya?

Baiknya memang kita sebagai orang Indonesia turut meramaikan dan mempromosikan wisata di Ubud, Bali. Berikut ini tempat yang paling menarik di Ubud yang wajib kamu kunjungi.

1Tegalalang

villavastubali.com

Sebagai daerah wisata alam, Tegalalang lah yang paling merepresentasikan keindahan alam di Ubud. Kamu bisa melihat sawah terasiring yang terbaik di Bali.

Sawah berundak-undak dengan saluran irigasinya yang khas, dikelilingi pepohonan yang asri. Terlihat seperti hamparan permadani berwarna hijau yang menyejukkan pandangan mata kita.

Di Tegalalang kamu juga bisa membeli oleh-oleh aneka kerajinan tangan yang terbuat dari kayu dan besi, ukiran yang terbuat dari batu, aneka topeng dari kayu, dan masih banyak lagi termasuk lukisan khas Ubud.

Tegalalang juga berdekatan dengan tempat wisata Goa Gajah, kamu jadi mudah melanjutkan ke tempat wisata favorit lainnya itu.

2Goa Gajah

bali-indonesia.com

Ini tempat bersejarah yang patut dikunjungi. Tempat ini tertulis dalam lontar Negarakertagama yang diperkirakan ditulis pada tahun 1365. Itu artinya bangunan ini lebih lama dari tahun tersebut.

Tempat wisata ini adalah bangunan untuk beribadah umat Budha jaman dulu. Walaupun sudah beratus tahun, namun secara keseluruhan masih sangat indah dan memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

3Puri Agung

triptrus.com

Situs sejarah berupa Istana kerajaan yang menjadi center point kunjungan wisata. Bangunan ini masih memiliki keaslian arsitektur yang terpelihara.

Pura Agung dan pura-pura lainnya sangat cocok bagi anda yang suka berfoto. Di depannya juga terdapat pendopo yang sering menjadi ajang pentas seni.

4Monkey Forest

stripes.com

Berlokasi di Padangtegal, Ubud, Bali. Turis asing sangat menyukai tempat yang bak istana bagi ribuan monyet ini. Masyarakat menamai monyet-monyet ini dengan nama “Mendala Suci Wenara Wana”.

Karena setiap hari berinteraksi dengan manusia, monyet ini tergolong jinak dan cerdas. Tapi hati-hati, kadang mereka juga sering usil sama pengunjung.

Kamu perlu berhati-hati terhadap barang bawaan yang kamu kenakan. Jika barang-barang ini direbut kawanan monyet, segera hubungi petugas yang tersebar di area agar barangmu cepat kembali.

5Museum Puri Lukisan

plesiryuk.com

Museum ini merupakan museum tertua yang ada di Bali. Museum ini lebih spesifik pada karya seni lukis khas Bali, baik yang tradisional maupun yang modern. Ada juga serta seni ukir khas Bali yang terbuat dari kayu.

6Tari Kecak dan Tari-tarian Lain

telagawajariverrafting.com

Ke Bali akan kurang kalau nggak menyempatkan melihat seni tarian khas Bali. Apalagi di Ubud ini sangat beragam jenis tari yang ditampilkan. Tari kecak menjadi menu wajib, lainnya ada tari barong dan tari legong.

Pertunjukan seni tarian ini dilakukan malam hari, terbagi dalam beberapa tempat seperti di Puri Agung, Puri Dalem, Puri Saren, Pura Batu Karu, dan berbagai tempat lainnya.

7Pasar Seni Ubud

bali-indonesia.com

Setelah puas mengunjungi semua tempat, terakhir jangan lupa untuk berburu souvenir di Pasar Seni Ubud untuk oleh-oleh.

Lokasi ini cukup unik karena di pagi hari dipakai sebagai pasar tradisional biasa. Menjelang siang apalagi saat hari libur, berubah menjadi lokasi belanja pernak-pernik dan hasil seni khas Bali.