Anak merupakan cerminan orang tuanya. Apa saja yang dilakukan orang tua akan direkam dalam memori anak dan anak akan meniru perbuatannya.

Hubungan antara orang tua dan anak tidak selalu serasi, bisa saja terjadi masalah jika mereka memiliki perbedaan pendapat. Orang tua yang merasa lebih dihormati harus bijak ketika berselisih paham dengan anak, apalagi hanya terjadi masalah kecil.

Jangan membuat masalah kecil menjadi lebih besar hanya karena sikap yang salah dalam mengatasinya. Apabila orang tua marah, jagalah ucapan agar tidak menyakiti si anak.

Ketika berbeda pendapat dengan anak, hindari mengucapkan kata-kata yang dapat menyakiti hati anak. 

1Merendahkan Anak

intisari-online.com

Ketika anakmu berbuat salah, nasehati mereka dengan cara yang baik. Mereka memiliki kekurangan yang mungkin tidak mereka ketahui. Namun, jangan sekali-kali merendahkan mereka ketika kamu emosi melihat perbuatan si kecil.

Jika orang tua dan anak memiliki komunikasi dua arah, maka hubungan itu akan terjalin dengan baik tanpa ada pertengkaran hebat di dalamnya. Jika kamu merendahkan anakmu, maka kamu akan menyakiti hati mereka.

2“Aku Membencimu!”

psikologan.blogspot.com

Jika kamu tidak ingin dibenci maka jangan membenci. Anak adalah mutiara dalam keluarga. Buat mereka menjadi anak yang bahagia dengan selalu menyayanginya.

Kata-kata benci yang diucapkan orang tua hanya akan membuat anak tertekan dan merasa sakit. Karena yang mereka inginkan adalah disayang bukan dibenci.

3“Kamu Merusak Kehidupanku!”

www.muslimuna.com

Anak adalah anugerah yang telah diberikan oleh Sang Maha Pencipta. Rawatlah mereka dengan kasih sayang dan kebaikan. Menjadikan anak sebagai tempat pelampiasan amarah bukanlah hal yang benar.

Menyalahkan kehadiran anak itu memperlihatkan bahwa kamu tidak dewasa sebagai orang tua. Kamu hanya akan menganggu perkembangan psikologis anakmu.

4Menyumpahi Anak

www.flickr.com

Jauhkan kata makian dari kebiasaanmu, apalagi jika yang kamu ucapkan adalah sumpah-sumpah buruk untuk sang buah hati.

Apa yang kamu ucapkan akan menjadi doa untuk anakmu, apabila kamu tidak ingin anakmu menjadi anak yang buruk, hindarilah menyumpahi mereka. Jagalah ucapanmu supaya anakmu juga meniru ucapan baik yang kamu lontarkan pada mereka.

5Jangan Membandingkan Anakmu

gigisusu.net

Berhenti membandingkan anakmu dengan orang lain. Hal seperti itu akan membuat mereka kehilangan kepercayaan diri. Kamu ingin mereka berprestasi atau menjadi anak baik dengan membimbing mereka.

Bukan dibandingkan yang mereka butuhkan, melainkan kasih sayang yang penuh dari orang tua yang telah melahirkan dan merawatnya.

6“Aku Tidak Akan Kembali!”

alifakids.com

Anak membutuhkan kehadiranmu setiap waktu. Mereka ingin berbagi cerita, berkeluh kesah, bermain bersama hingga makan bersama.

Tapi apa jadinya jika kamu berkata bahwa tidak akan kembali? Anak akan merasa sedih dan hancur karena dia akan berfikir bahwa dia akan sendirian di dunia ini.

7“Aku menyesal punya anak kamu!”

gigisusu.net

Jangan menjadi orang tua yang mudah emosi. Anakmu bisa jadi akan membalaskan rasa sakit hatinya ketika kamu memarahi mereka dan menyatakan bahwa kamu menyesal memiliki mereka.

Rasa sakit hati itu akan mereka pendam dan mungkin akan dilampiaskan kepada hal-hal yang buruk.

Sebagai orang tua sebaiknya kamu mendukung apa yang anakmu ingin lakukan. Ketika itu buruk maka berikan masukan agar mereka mengerti.

8“Pergi dari Sini!”

www.mamapeduli.info

Rumah merupakan kebutuhan primer yang akan menjadi tempat paling aman untuk anak tinggali. Orang tua yang mengusir anak akan memperkeruh keadaan antara orang tua dan anak.

Banyak pasangan suami-istri yang menginginkan anak dan bersusah payah berusaha. Sedangkan kamu yang sudah memiliki anak tetapi ingin dia pergi? Berfikirlah lagi sebelum kamu kehilangan anak yang kamu sayangi.

9“Diam! AKu Tak Peduli”

www.elmina-id.com

Jika bukan orang tua yang peduli pada anak lalu siapa lagi?

Anak hadir ditengah-tengah orang tua yang akan memberikan kebahagiaan. Jika kamu berkata tak peduli lagi pada anakmu, jangan berharap kamu akan menemui kebahagiaan itu.

SHARE