4 Kunci Agar Ujianmu Tuntas Tanpa Was-Was

benagustian.blogspot.com

Tidak hanya murid sekolah, tapi mahasiswa pun juga pasti sering mengalami ini. Yup, masa-masa menjelang ujian yang sering membuat hati gemetaran mengingatnya.

Ujian memang menjadi momok tersendiri karena di sinilah penentuan hasil belajar yang telah ditempuh selama tahun ajar tersebut.

Come on Guys, jaman sudah berubah ya bukan? Dan kamu masih saja seperti itu? Hmmm, mau tahu cara mengatasinya? Check this out!

1Persiapkan Fisik

sehatcenter.com

Yang pertama, yang kadang terlupa, tapi sebenarnya penting juga, persiapan fisik guys. Kita mungkin sering melewatkan ini. Tapi perlu kamu tahu, untuk menghadapi ujian, juga butuh persiapan fisik.

Konsumsi makanan sehat, dan tidur yang cukup dan rajin olahraga adalah beberapa cara mempersiapkan fisik sebelum ujian datang.

Kenapa perlu? Karena jika fisikmu sehat, kamu akan lebih termotivasi untuk melakukan segala hal dengan semangat apalagi dalam belajar.

Tapi ada catatan Guys, bersemangat belajar, bukan berarti sampai lupa waktu, lupa tidur, dan lupa makan lho. Hal ini justru akan memperburuk fisikmu dan mempengaruhi ujianmu. Mau? Tidak bukan?

2Persiapkan Mental

tumbuh-kembang.co.id

Persiapan mental di sini lebih kepada mengontrol diri untuk tidak berpikir negative tentang soal-soal yang akan kita hadapi.

Karena hal itu akan memberi sugesti pada diri kita yang akhirnya akan membuat kita cemas dan tidak bisa berkonsentrasi dalam menghadapi ujian.

3Belajar Jauh-jauh Hari

sigitkataqita.wordpress.com

Tips ketiga ini berkesinambungan dengan persiapan mental Guys. Don’t be panic Guys! Justru sebaiknya kita mengumpulkan amunisi, yaitu belajar agar kita tetap calm down untuk nantinya akan membabat habis soal ujian.

Intinya percaya pada diri sendiri saja Guys, sure you can! Tapi ya itu tadi, percaya diri yang diimbangi dengan belajar yang tekun ya Guys! Kalau percaya diri saja, itu namanya sombong bukan?

Dengan belajar jauh hari sebelum ujian, maka kita akan lebih mudah menguasai materi yang akan diujikan. Ini positifnya Guys, karena kita tidak berasa diburu-buru waktu seperti jika kita belajar dengan SKS (Sistem Kebut Semalam)

4Perbanyak Doa

elsunnah.wordpress.com

Ini yang terpenting Guys! Buat apa usaha keras tapi tidak diimbangi dengan doa? Kita boleh sedikit berbangga karena sudah menguasai materi, tapi apakah kita tahu yang akan terjadi saat ujian nanti?

Yup, banyak-banyak mencuri hati Tuhan agar selalu berada di pihak kita.

Sebenarnya mudah bukan? Intinya USAHA+DOA=LANCAR deh semuanya. Sukses selalu, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here