Ujung Genteng hanyalah sebuah desa kecil di Sukabumi, kabupaten yang juga sama tidak terlalu populer di antara tujuan wisata lainyna di Indonesia. Terletak di Kecamatan Ciracap, Ujung Genteng sebenarnya menyimpan banyak rahasia.

Kecamatan Ciracap hanya seluas 4.161 km2, penduduk di kecamatan ini pun tidak genap menyentuh angka 50.000 jiwa. Namun, di kecamatan ini banyak desa yang menyimpan cerita khusus.

Tentu saja cerita khusus itu datang dari Desa Ujung Genteng, desa yang menyimpan beberapa pantai menakjubkan, air terjun kecil yang mempesona, bahkan beberapa kuliner asli Sukabumi yang tentu saja menggiurkan selera.

Jadi, tunggu apalagi? Alasan apa lagi? Ayo kemasi barang kamu dan ke Ujung Genteng sekarang!

1Perjalanan Semi Off-Road

ketabraksepur.blogspot.com

Agar tidak terlalu jauh, mari memulai rute ke Ujung Genteng dengan start point di Sukabumi. Kamu harus ambil arah ke Cibadak, jangan ragu bertanya jika tidak ditemukan rambu penunjuk arah yang memadai.

Sampai di perempatan, tujulah masuk melewati jembatan Kuning, ikuti terus hingga bertemu dengan jalan raya Ujung Genteng. Nah, mulai dari sini, perjalanan akan semakin seru dan menegangkan karena fasilitas jalan yang tidak mulus.

pasangmata.detik.com
pasangmata.detik.com

Sekarang kamu tinggal tentukan pilihan, mau ke lokasi wisata yang mana terlebih dulu. Ada sekitar 6 pantai dan 2 air terjun kecil di daerah sekitar Desa Ujung Genteng. Pilih sesuai rencana perjalanan wisata kamu dan keluarga.

2Penyu, Ombak, dan Air Terjun

shivasipemimpi.blogspot.com

Ujung Genteng adalah lokasi wisata yang masih ‘perawan’ sekaligus all in one. Kamu bisa memberikan pengalaman edukasi laut pada anak kamu di sini. Tentu saja dengan praktek secara langsung melarung tukik bayi penyu dari pantai.

Satu dari 6 pantai di Ujung Genteng, Pantai Pangumbuhan adalah lokasi penangkaran penyu yang dilindungi dan dijaga oleh pemerintah. Bahkan sering dilakukan pelepasan penyu tukik dalam jumlah besar hingga ratusan tukik sekali lepas.

benyaminlakitan.com
benyaminlakitan.com

Kamu juga belajar berselancar di Pantai Ombah Tujuh. Kamu akan temui banyak wisatawan mancanegara di pantai ini. Pantai Ombah Tujuh ini memang salah satu pantai yang terkenal dengan ombaknya yang bagus untuk berselancar.

ransel.club
ransel.club

Setelah puas di pantai, kamu bisa beranjak ke area air terjun. Di dekat Ujung Genteng kamu bisa berbasah ria dengan 3 guyura air terjun sekaligus setinggi 7 meter, 7,5 meter, dan 6 meter, di Curug Cikaso, daerah Kecamatan Surade.

Satu lagi, kamu bisa juga ke Curug Luhur. Namun, jangan ke Curug Luhur saat musim kemarau, karena kamu hanya akan mendapati air terjun yang mengering. Nah, kalau sudah puas berwisata, sekarang kamu lapar bukan?

3Kuliner Legendaris

twidharyoko.wordpress.com

Kalau kamu sudah lapar, kamu sekarang bisa berburu kuliner khas Sukabumi di daerah sekitar Ujung Genteng. Untuk deretan kuliner yang lebih lengkap, rasanya kamu perlu kembali ke pusat Kota Sukabumi.

Setelah menjelang petang dan senja di pantai, kamu bisa mencari kuliner yang dianggap legendaris di Sukabumi karena kepopulerannya yang mentereng. Cari sampai ketemu, cicipi sampai lelah penat wisata kamu seharian ini hilang.

tujuhrupa.com
tujuhrupa.com

Inilah beberapa kuliner legendaris di Sukabumi, Mochi Lampion Kaswari, Bebek Sambel Lada Ijo, Bandros Ata, Mie Goreng Sukabumi dan Bubur Bunut. Menikmati kuliner asli dan suasana malam Sukabumi yang tidak terlalu ramai.

Nah, kamu sebaiknya mencari penginapan di daerah Sukabumi kota, lebih banyak pilihan dan variasi jenis penginapan. Jangan lupa untuk menjaga barang-barang kamu yang berharga.

Jadikan perjalanan kamu dan keluarga ke Ujung Genteng mengesankan dan tanpa kendala.