www.today.com

Fruit Carving, 8 Masterpiece Seni Ukiran Buah Unik dan Sangat Rumit

Posted on

Seni mengukir buah atau fruit carving pada awalnya adalah cara menghidangkan makanan dengan indah melalui media buah. Penggunaan buah yang bulat dan lunak tentunya akan memudahkan proses pembuatan ukiran.

Fruit carving pertama kali ditemukan di Thailand tahun 1364 oleh seorang dekorator bernama Nang Nopamas. Dia membuat dekorasi lampu perahu pada festival royal yang rutin dilakukan tiap tahunnya.

Nang Nopamas mengukir buah dan sayur hingga rangkaian ukirannya menyerupai rangkaian bunga Lili yang sangat indah.

Buah yang sering digunakan untuk fruit carving adalah buah semangka, melon, dan labu. Kenapa? Karena buah tersebut teksturnya tidak terlalu keras sehingga mudah dibuat ukiran buah.

Inilah gambar buah yang merupakan seni mengukir buah atau fruit carving.

Native American Chief

www.nbcnews.com
www.nbcnews.com

Ukiran buah labu ini menggambarkan sosok ketua suku dari suku Indian di masa lampau. Lengkap dengan detail aksesoris bulu di kepalanya yang menjadi ciri khas suku Indian. Ukiran yang sangat detail.

Detail dari ukiran dapat dilihat lekukan lekukan pada bulu maupun wajah. Cobalah kamu hitung ada berapa kerutan yang ada di bagian wajah dari ukiran buah ini? Kalau coba kamu bayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat detail seperti itu.

Strawberry Mahkota Mawar

imgkid.com
imgkid.com

Mungkin inilah solusi buat kamu yang mau menirukan adegan film memakan bunga mawar. Mahkota bunga mawar ini akan memiliki manis karena terbuat dari buah strawberry. Buah strawberry ini diukir sehingga menjadi sangat mirip dengan mahkota bunga mawar.

Untuk kamu yang memiliki pasangan yang suka dengan bunga, memberikan bunga ini sepertinya pilihan yang cukup bagus. Kamu bisa memakannya bersama pasanganmu.

Predator Pumpkin

www.nbcnews.com
www.nbcnews.com

Ukiran buah unik ini menggunakan pumpkin atau labu. Tahukah kamu karakter apa ini? Karakter ini adalah karakter predator dari film Alien vs Predator. Karakter ini juga muncul dalam game yang dulu sangat terkenal Alien vs Predator.

Ukiran buah ini sangat unik dan keren karena mampu membuat bentuk lengkungan gigi taring yang menggantung, resiko patah jelas sangat tinggi tapi si pembuat pastilah sangat ahli untuk bisa membuat karya hebat ini.

Semangka Berbentuk Bunga

www.satujam.com
www.satujam.com

Berbeda dari sebelumnya, ukiran buah unik kali ini menggunakan buah semangka. Semangka yang memiliki ukuran besar menjadi media yang sangat digemari untuk seni mengukir buah.

Untuk jenis bunganya sendiri penulis masih belum mengerti bunga apakah ini. Yang jelas ukiran buah di atas merupakan hasil kreatifitas seseorang. Pahatannya terlihat tegas dan mantap.

Labu Taj Mahal

www.satujam.com
www.satujam.com

Teknik yang digunakan untuk membuat karya ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Karena pada ukiran buah Taj Mahal menggunakan teknik seperti melukis di atas kanvas.

Terkesan seperti lukisan dua dimensi. Akan terlihat seperti Taj Mahal apabila dilihat dari depan saja. Karya ini seperti mengukir dengan teknik melukis.

Semangka Berbentuk Naga

www.satujam.com
www.satujam.com

Kali ini semangka yang dibuat gambar makhluk mitologi yaitu naga. Tekniknya hampir sama seperti sebelumnya, yaitu seperti teknik melukis. Ukiran naga yang cukup bagus lengkap dengan sayap dan ekornya.

Medusa Pumpkin

www.today.com
www.today.com

Ini jelas karya ukiran buah yang sangat keren. Mengambil karakter makhluk mitologi juga yaitu Medusa. Karakter yang seperti wanita berambut ular. Detail dari ukiran belum menjelaskan ke unikan dari ukiran buah ini.

Ular di kepala yang menonjol keluar dibuat dari labu yang berbeda, kemudian dipasangkan pada kepala Medusa. Yang mengejutkan yaitu di dalam labu  dipasang sebuah motor listrik kecil sehingga bagian ular tersebut bisa bergerak.

Bagaimana? Kamu berani memakan Medusa?

Squeeze Pumpkin

www.today.com
www.today.com

Ukiran buah unik selanjutnya yaitu menggambarkan wajah seseoran yang diremas menggunakan tangan. Sesuai dengan namanya squeeze pumpkin.

Menggunakan labu dengan berat sekitar 0,8 kg. Labu ini dibuat bentuk wajah seperti sedang diremas seseorang. Bentuk pipi dan mulut sangat persis seperti wajah seseorang ketika sedang diremas.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *