Pemainan yang berasal dari negeri Paman Sam ini di penjuru dunia begitu populer. Hampir sama populernya dengan sepakbola.Permainan bola basket merupakan salah satu olahraga yang masuk dalam kategori permainan bola besar.

Karena memang ukuran bola yang digunakan membutuhkan 2 tangan untuk mengambilnya. Di negara asalnya, Amerika Serikat, permainan basket sangat populer. Bahkan mengalahkan popularitas permainan sepak bola.

Demikian juga di Indonesia,olahraga ini juga cukup populer. Hanya saja masih tetap di bawah popularitas permainan sepak bola. Mulai dari tingkat sekolah hingga profesional secara rutin dilaksanakan kompetisi bola basket.

Di Indonesia kompetisinya dikenal dengan National Basket League atau sering disebut dengan NBL. Sedangkan kompetisi untuk pelajar yang populer dan bergengsi adalah Development Basket League atau DBL yang memiliki arena tersendiri di Surabaya.

PERBASI atau singkatan dari Persatuan Basket Indonesia memiliki wewenang dalam mengelola olahraga bola basket di Indonesia. salah satunya dalam menentukan ukuran lapangan yang digunakan saat pertandingan atau kompetisi bola basket.

Ukuran lapangan permainan bola basket secara nasional hampir sama dengan ukuran bola basket standar Internasional. Secara umum, lapangan bola basket berbentuk persegi panjang. Hanya saja untuk yang resmi diakui di dunia diklarifikasikan menjadi dua ukuran.

Ukuran yang pertama sesuai dengan  standar National Basketball Association dengan panjang 28,5 meter dan lebar 15 meter. Selain itu, ada juga standar Federasi Bola Basket Internasional dengan panjang 26 meter dan lebar 14 meter.

Pertama untuk ukuran garis lapangan, panjang garis tengah lingkaran pada lapangan basket adalah 1,80 meter dengan ukuran lebar garis yaitu 0,05 meter. Panjang garis akhir lingkaran daerah serang berjarak 6 meter. Serta panjang garis tembakan hukuman berjarak 3,60 meter.

Kedua untuk standar keranjang sasaran, jarak lantai sampai ke papan pantul bagian bawah setinggi 2,75 meter. Sedangkan antara papan pantul bagian bawah sampai ke ring basket berjarak 0,30 meter. Sedangkan untuk ring basketnya sendiri memiliki panjang 0,40 meter.

Ketiga untuk panjang papan pantul bagian luar berukuran 1,80 meter. Lebar papan pantul bagian luar berukuran 1,20 meter. Panjang papan pantul bagian dalam berukuran 0,59 meter. Serta lebar papan pantul bagian dalam berukuran 0,45 meter.

Sedangkan jarak antara tiang penyangga sampai ke garis akhir berjarak 1 meter.

Keempat untuk jarak antara bangku cadangan dan pengawas pertandingan dengan lapangan minimal sejauh 2 meter. Tujuannya sebagai area yang harus kosong saat run off. Sedangkan untuk jarak dari garis tepi lapangan dengan podium penonton minimal sejauh 5 meter.