rjsyahrulloh.blogspot.com

8 Ular Terbesar di Dunia, Temukan Fakta Uniknya

Posted on

Fakta Ular Terbesar di Dunia

Pernah bertanya-tanya apakah ular raksasa seperti yang ada di film-film macam Anaconda, Vipers, Boa vs Phyton, dll? Jika anda beranggapan bahwa ular-ular raksasa seperti itu hanya ada di film dan merasa aman-aman saja, maka sepertinya kamu harus sedikit mulai untuk waspada.

Ular berukuran raksasa benar-benar ada di dunia. Bahkan, beberapa dari ular raksasa itu juga telah ditemukan di Indonesia.

Meski berukuran besar, namun ular-ular raksasa ini biasanya tidak memiliki bisa. Lalu? Apakah itu berarti bahwa ular-ular raksasa ini tidak berbahaya bagi manusia?

Meski mereka tidak memiliki bisa, namun mereka masih mematikan dengan jurusnya yang melilit mangsanya hingga mati. Cara ular-ular ini memangsa ngga jauh beda dengan yang digambarkan di film-film.

Agar bisa waspada, paling tidak kita harus mengenali mereka dan tempat tinggalnya dong. Jadi, kalau kita ada di daerah tempat tinggal para ular-ular raksasa ini kita bisa meningkatkan kewaspadaan kita. Apa saja ular terbesar tersebut? Klik Next

Anaconda Raksasa dari Brazil

rjsyahrulloh.blogspot.com
rjsyahrulloh.blogspot.com

Ular ini tinggal di Sungai Abuna yang ada di Brazil. Si anaconda penunggu Sungai Abuna ini panjang tubuhnya sekitar 45 kaki, atau jika dikonversi dalam ukuran panjang tubuh yang biasa kita kenal, 13 meter.

Seperti halnya penunggu suatu tempat yang kita kenal-, ular ini akan menyerang hal yang dianggap mengganggu lingkungannya. Bahkan, Anaconda satu ini juga enggak segan menyerang kapal yang lewat sungai yang ditungguinya.

Anaconda masuk ke dalam golongan genus eunectus yang memiliki arti ke dalam bahasa latin perenang yang lihai.

Ular anaconda bukan termasuk ular yang berbisa serta memiliki berbagai macam warna seperti coklat, hijau, kuning pucat, zaitun, keabu-abuan coklat serta memiliki bintik-bintik yang besar oval berwarna hitam di punggungnya.

Anaconda menempati sungai-sungai di Brazil dan Guinea, ada sebagian juga menempati hutan hujan Amazon. anaconda memiliki habitat di lingkungan rawa dan sungai-sungai tropis di Amerika Selatan.

Klasifikasi Anaconda

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Anaconda, ada beberapa klasifikasi reptil raksasa ini:

  • Kerajaan: Animalia
  • Filium: Chordata
  • Kelas: Reptilia
  • Ordo: Squamata
  • Subordo: Serpentes
  • keluarga: Boidae
  • Genus: Eunectes
  • Spesies: Eunectes deschauenseei, Eunectus notaeus, Eunectes beniensis, Eunectus murinus.

Fakta Ular Anaconda

  • Meski nama anaconda belum diketahui, akan tetapi sebagian orang mempercayainya bahwa nama anaconda diambil dari bahasa Srilanka yakni Henakendeya yang artinya sesuatu yang memiliki tubuh besar. Sebagian juga ada yang meyaini bahwa nama tersebut di ambil dari bahasa Tamil, yaitu “Anaikondran” yang berarti pembunuh gajah.
  • Di Amerika selatan, anaconda dinamai sesuai dengan nama lokal seperti matatoro yang diambil dari bahasa Spanyol yang artinya pembunuh banteng. selain itu ada juga yang menamai sucuri dan yakumama.
  • Dari beberapa jenis anaconda, hanya satu jenis yang pernah di temukan, yakni anaconda hijau diantara anaconda berbintik gelap, anaconda bolivia, anaconda kuning.
  • Anaconda hijau dewasa dapat mencapai berat 227 kg dengan panjang kisaran 9 meter.
  • Anaconda memiliki nama biologis, yakni Eunectus Murinus yang diambil dari kata Eunectus (Perenang yang lihai) dan Murinus (Berburu tikus).
  • Makanan utama anaconda adalah tikus, kura-kura, katak, rusa, babi dan lain sebagainya. Cara anaconda berburu dengan melilit mangsa hingga mati dan kemudian menelannya secara utuh. Pencernaan anaconda bekerja sangat lambat, sehingga dapat bertahan hingga setahun setelah memakan mangsanya yang besar.
  • Ukuran anaconda betina lebih besar dari yang jantan.Anaconda berkembang biak dengan tidak bertelur dan mampu melahirkan hingga 30 anak sekaligus.
  • Anaconda tidak memiliki engsel pada rahangnya, maka ular ini dapat menelan hewan berukuran besar semacam jaguar. Makanan anaconda mencapai kisaran 20kg makanan tiap harinya.
  • Karena perenang yang baik, Anaconda lebih banyak mengahabiskan waktunya di tepi perairan. anaconda lihai berenang karena memiliki lubang hidung dan mata di atas kepala. Karena berenang dengan menenggelamkan seluruh badannya dan hanya menampakkan separuh kepalanya, maka sangat sulit untuk dideteksi oleh mangsanya.
  • Anaconda nyaris tidak meninggalkan jejak ketika bergerak di daratan. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di perairan, karena hal inilah yang membuat kesulitan para ilmuwan untuk menelitinya.

Serem yak! Kayaknya mending menghindari lewat sungai yang punya penunggu macam ini, kecuali kalo pingin nyumbang tubuh dan nyawa pada si ular. Ups, becanda.

Ular Titanoboa dari Colombia

durangoherald.com
durangoherald.com

Ular Titanoboa ini sebenarnya termasuk dalam hewan purba. Spesies ini diperkirakan hidup sekitar 65-55 juta tahun silam.

Ular ini mulai dikenali keberadaannya saat fosilnya ditemukan oleh tim ilmuwan internasional di kawasan tambang batu bara di wilayah Cerrejon, Kolombia. Diperkirakan ular ini hidup di kawasan Amerika Selatan.

Bisa dibilang, di zamannya, ular ini adalah ular terbesar di zamannya. Ular ini ukurannya lebih besar daripada Anaconda, yaitu 14 meter.

Pada tahun 2014 penduduk di Florida Amerika Serikat heboh dengan di temukannya ular yang sangat besar yang pernah diketahui sepanjang peradaban manusia. Ular tersebut mengingatkan pada penemuan ular terbesar sebelumnya, yaitu Titanoboa yang memiliki panjang 48 meter dan bobot 2500 kg.

Cerita sebenarnya mengenai ular tersebut diawali di area pertambangan di Cerrejon, Colombia, saat itu para ilmuwan mendapati sejumlah fosil seperti daun raksasa dan reptil yang di prediksi hidup di zaman prasejarah usai dinosaurus punah.

Fosil tersebut menunjukkan bahwa pernah ada masa pemanasan global di muka bumi ini yang mengakibatkan pada penciptaan ekosistem baru, yakni kelahiran hutan hujan, yang mana makhluk-makhluk besar berjuang untuk menjadi predator utama di planet ini. sedangkan yang paling mendominasi saat perjuangan tersebut adalah ular titanoboa.

Ilmuwan bernama Smithsonian Channel berpendapat bahwa titanoboan memiliki arti “Boa Raksasa”, artinya genus ular yang telah punah dan hidup di antara tahun 60 – 58 yang lalu di zaman Paleocene.

Ular ini adalah ular yang paling panjang, paling berat yang pernah ada di muka bumi ini. Bisa dikatakan spesies tersebut menggantikan rekor penemuan sebelumnya, yaitu Gigantphis.

Ular Phyton Guihua dari Sumatera

aganjar.com
aganjar.com

Ular Piton yang ditemukan di Sumatera ini memiliki panjang ± 14,86 meter dan berat 447 kg. Ga kalah horror dari Ular Anaconda yang disebutkan di awal tadi, menurut cerita warga sekitar.

Ular Piton adalah ular yang sering disebut sebagai ular sanca batik atau sanca kembang yang sejenis dengan ular dari suku pythonidae yang memiliki ukuran yang sangat besar dan panjang diantara ular-ular yang lainnya.

Ukuran yang terbesar menurut hasil dari pengamaan sepanjang 15 meter dan termasuk ular yang terpanjang di dunia. lebih panjang dari anaconda, ular terpanjang dan terbesar di Amerika Selatan.

Nama lain dari piton adalah sanca, ular sawah, petola atau dalam bahasa inggrisnya reticulated python atau yang sering di singkat dengan retics. Nama ilmiah dari ular piton ini adalah pyton reticulatus.

Piton memiliki kedudukan yang sangat memprihatinkan saat ini, karena saat ini mulai banyak yang mengeksploitasi kulit piton sebagai bahan kerajinan. Perburuan piton juga marak, bahkan ada juga yang menjadikannya sebagai ternak.

Jika hal ini dibiarkan terjadi begitu saja, maka populasi ular piton bisa terancam punah. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu dirancang undang-undang serta pasal yang tegas, agar populasi mereka tetap terjaga.

Fakta Ular Python

1. Mengenali Mangsa dari Panas Tubuh

Fakta yang unik ular piton dalam memangsa yatu dengan menggunakan radar alaminya untuk mengenali panas tubuh mangsanya. Sekilas serupa dengan strategi perang di malam hari yang bisanya memakai termoskop.

Dengan seperti maka piton tidak memakan mangsa yang sudah jadi bangkai, karena dalam radar alami piton tak terdeteksi sebagai calon mangsa yang dapat di makan.

2. Membuat mangsa lemah

Setelah mangsanya terdeteksi, maka langkah selanjutnya adalah melilitkan tubuhnya hingga tulang-tulang mangsanya remuk. Usai mangsanya lemah, barulah menelannya dalam kondisi utuh.

Waktu yang dibutuhkan ular piton untuk melemahkan mangsanya tergantung pada ukuran ular piton dan mangsanya. Semakin besar ukuran ular piton dari mangsanya, maka semakin mudah pula untuk merobohkan mangsanya.

3. Jenis dan habitatnya

Ular piton di seluruh dunia ada sekitar 13 jenis yang tersebar di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Tempat spesial ular piton berada di dataran tinggi, akan tetapi ada juga yang berada di dataran sedang dan hampir tidak ada yang hidup di dataran rendah seperti pantai.

4. Tempat tinggal piton

Umumnya piton hidup di dalam ekosistem hutan atau semak belukar. Ada yang hidup di atas pohon dan ada pula yang hidup di atas tanah. Piton tanah usianya sangat panjang dibandingkan dengan usia piton pohon.

Ukuran piton tanah umumnya memiliki kepanjangan yang lebih dari pada piton pohon.

5. Tempat hidup piton

Ular piton termasuk jenis ular yang termasuk dalam ular yang tidak berbisa dan tidak berbahaya, akan tetapi ular piton memiliki taring yang sangat panjang dan tajam, sehingga sangat mudah untuk mengoyak mangsanya, selain itu piton juga dibekali dengan melilit yang sangat kuat sehingga membuat tulang-tulang mangsanya remuk dan sesak nafas.

Ular phyton satu ini mampu menelan bulat-bulat seorang manusia dalam hitungan detik! Jadi, buat yang tinggal di Sumatera atau yang Cuma main ke sana, jangan coba dekat-dekat dengan ular satu ini yak!

Inyakamba dari Afrika

rivanputra.wordpress.com
rivanputra.wordpress.com

Benua yang cukup terkenal dengan kerajaan hewannya juga ga kalah soal ular raksasa. Benua ini juga memiliki ular raksasa yang panjangnya diperkirakan sekitar 15 meter.

Inkanyamba ialah ular yang beasal dari Afrika yang dipercaya tinggal di sekitar danau air terjun bagian utara hutan dekat Pietermaritzburg di air terjun Howick. Suku Zulu mempercayai bahwa bentuknya seperti ular raksasa dan kepalanya menyerupai kuda.

Suku di sana sangat takut dengan ular jenis ini sehingga di sembah-sembah. Suku di sana memiliki tradisi, yakni mendorong perawan ke air terjun dalam rangka menentramkan amarah makhluk ini dan saat ini tradisi tersebut dilakukan oleh aktor sebagai hiburan turis.

Legenda Ular Inkayamba

Legenda ular inkayamba yang tersebar di antara suku Zulu mengenai makhluk yang satu ini. Banyak yang beranggapan bahwa ancaman besar inkayamba terhadap daerah di sekitarnya, terutama di daerah ar terjun Howickdi Kawa Zulu (Air terjun curam yang memiliki ketinggian 90 meter.

Air terjun tersebut diyakini angker oleh warga di sana, sehingga hanya dukunlah yang berani mendatanginya untuk memanjatkan do’a. Ada beberapa mayat yang kedapatan mengambang di air terjun tersebut, separuh badannya telah hilang. Karena kejadian tersebut banyak yang menghubung-hubungkannya dengan ular inkayamba.

Ada sekelompok masyarakat yang tidak menyetujui perkiraan tersebut adalah ulah inkayamba, bahkan mereka menyebutkan bahwa hal ini terjadi karena ulah belut raksasa.

Yang paling ditakutkan disana ketika telah tiba musim panas, inkayamba keluar dari persembunyiannya dan terbang ke langit membuat badai dan merusak di sekelilingnya.

Suku Zulu telah di ajarkan nenek moyangnya untuk tidak memanggil keras-keras inkayamba.

Gambar ular ini berhasil diabadikan dalam sebuah foto yang diambil oleh seorang turis yang sedang berkunjung ke Afrika. Buat kalian yang masih sayang nyawa kalian, sepertinya lebih baik jangan meniru tindakan si turis ini ya.

Ular Boa dari Cina

sosboks.blogspot.com
sosboks.blogspot.com

Ular ini ditemukan oleh para pekerja yang hendak membangun jalan baru di Cina. Ular yang panjangnya 16 meter ini sempat menimbulkan di kalangan warga sekitar karena kemunculannya. Hal ini tentu saja sangat wajar, mengingat ukuran raksasa yang dimiliki ular ini.

Ular BOA banyak dijumpai di kawasan Ameika Selatan dan Amerika Tengah. Ular BOA termasuk dalam keluarga Phiton yakni tidak memiliki bisa sehingga ular ini berukuran sangat besar di bandingkan dengan ular-ular berbisa lainnya.

Spesifikasi Ular BOA

  • Aktif pada malam hari.
  • Memiliki taji anal yang tersembunyi.
  • Panjangnya mencapai 18 meter untuk yang dewasa dan 60 cm untuk anakannya.
  • Pergerakannya membentuk garis lurus.
  • Warna krem dan coklat menghiasi kulitnya.
  • Kehidupannya biasa di gurun dan perairan yang terbuka.
  • Ular ini berkembang biak dengan cara beranak.
  • Gigi ular BOA berbentuk kecil-kecil menyerupai kail yang fungsinya memegang mangsa.
  • Mangsa yang sering jadi sasaran adalah kelelawar, agoutis, luwak, tikus dan hewan mamalia.
  • Desisan ular BOA dapat terdengar hingga dikejauhan 30 meter bahkan lebih.
  • BOA adalah ular yang berdarah dingin dan dapat menyesuaikan dengan kondisi cuaca di sekitarnya.
  • Ular ini banyak yang dijadikan hewan peliharaan bagi sebagia kecil orang, umumnya BOA ekor merah.
  • Sifat ular BOA adalah primitif, sehingga patut untuk dilindungi keberadaannya.
  • Karena kulitnya yang cantik, maka banyak yang memburu untuk di ambil kulitnya sebagai kerajinan tas dan pakaian lainnya.

Ular Nabau dari Kalimantan

ivanildosantos.blogspot.com
ivanildosantos.blogspot.com

Sang runner up di daftar ular raksasa versi “Idzsn News” berasal dari Kalimantan. Meski belum benar-benar diukur dengan pasti ukuran ular ini, namun konon ular ini panjangnya mencapai 30 meter. Ular yang berhabitat di Sungai Baleh, Kalimantan.

Pada bulan februari tahun 2009 pulau kalimantan dihebohkan dengan kemunculan ular nabau yang sedang melintas di sungai Sarawak Malaysia. ular tersebut tampak asik berenang di sungai Baleh, sibu, serawak bagian Kalimantan.

Ular tersebut nampak dalam foto berenang di sungai tropis yang di kelilingi oleh hutan gambut. Ular tersebut amat besar sehingga hampir memenuhi sungai yang ada di tengah-tengah hutan rawa nan rimbun.

Karena foto tersebut,  banyak yang memperdebatkan tentang keberadaan ular jenis tersebut. Sebagian orang memperkirakan panjang ular tersebut mencapai 100 kaki atau 33 meter.

Semenjak beredarnya foto ular di sungai tersebut membuat sebagian warga trauma, karena sungai tersebut merupakan sarana transportasi masyarakat selama ini.

Menurut masyarakat setempat bahwa sungai tersebut merupakan habitat ular nabau. Ular nabau dipercaya memiliki kepala yang berbentuk menyerupai naga dan memiliki 7 lubang hidung.

Warga setempat yang menemukan ular ini menyebutnya dengan nama “Nabau”. Masyarakat yang bertempat tingga di kawasan sungai baleh mengakui bahwa mereka sering mendapati ular yang berukuran raksasa di kawasan tersebut.

Yacumama dari Belantara Amazon

youtube.com
youtube.com

Akhirnya, Sang ular raksasa di antara para raksasa ular jatuh pada Yacumama dari Sungai Amazon di wilayah Peru. Sama seperti ular Nabau, belum diketahui dengan pasti berapa panjang ular ini, begitu pula dengan keberadaannya.

Namun, warga setempat meyakini adanya ular ini dan menyatakan bahwa ular ini panjangnya mencapai 40 meter dengan diameter tubuh 2 meter.

Saking gedhenya ular ini, mereka juga bercerita bahwa jika ular ini bergerak, maka air sungai akan berguncang hebat! Well, this is the power of 40 meters long snake! Kalau ukurannya makin gedhe gini, maka harus tetap hati-hati ya.

Dalam mitologi suku asli di Amerika Selatan, Yacumama ialah seekor raksasa laut yang berkepanjangan lima puluh langkah dan dipercaya habitatnya di muara sungai Laguna dan Amazon di sekitarnya.

Yacumama juga di percaya warga sekitar sebagai induknya semua makhluk air. Menurut legendanya Yacumama dapat menyedot semua makhluk hidup yang menyeberang dalam jarak 100 langkah dari keberadaan ular tersebut.

Untuk menghindari diri dari sedotan tersebut suku Indian meniup terompet yang terbuat dari cangkang keong yang besar sebelum tenggelam ke air. Ular Yacumama juga akan menampakkan diri ketika hadir.

Di dunia ini ada banyak sekali misteri yang sukar dipecahkan faktanya, salah satu misteri tersebut ada di hutan amazon yang sangat lebat yang mebuat kebanyakan warga memilih untuk memutar jalan melalui Brazil saat bepergian melewati sungai Amazon (sungai terbesar kedua setelah sungai nil).

Suku Aztec dari Meksiko tengah bercerita mengenai keberadaan ular raksasa di sekeliling sungai Amazon yang gelap, bahkan hewan yang satu ini dinobatkan sebagai salah satu dewa yang paling ampuh bagi mereka.

Di abad-abad selanjutnya pribumi banyak yang membicarakan status Yacumama ini. Hipertologist Eropa dan Amerika mengacuhkan pembicaraan mereka dan beranggapan bahwa hal ini hanyalah mitos belaka, ada juga yang beranggapan bahwa ini merujuk pada BOA air raksasa (Anaconda).

Legenda Ular Piton Tidak Berbisa

tempat-wisata-di-kendal
akucintanusantaraku.blogspot.com

Pada zaman dahulu terdapat banyak sekali jenis ular, mereka hidup secara berkelompok, diantaranya adalah ular kobra, ular hijau, ular piton dan lain-lain. Mereka semua sudah memiliki keluarga masing-masing.

Pada suatu hari raja kobra mengumpulkan masyarakat ular dan mengumumkan bahwa ia mendapat racun yang sangat mematikan hanya karena memakan buah yang tak diketahui namanya, kobra berkata “Wahai masyarakatku, aku telah memiliki racun yang sangat mematikan di dalam tubuhku, aku juga ingin kalian mendapatkannya”.

Masyarakat ularpun menjawab. “Iya, baginda, kami juga ingin mendapatkan racun yang serupa dengan itu”. Raja kobrapun menjawab “Baiklah, besok malam kalian semua datanglah ke tempat ini.” “Baik baginda raja”.

Usai pengumuman keesokan harinya semua ular berkumpul, hanya ular pitonlah yang tidak hadir dalam perkumpulan tersebut karena sedang menunggu istrinya yang sedang sakit. Karena tidak hadirnya piton, maka piton tidak mendapatkan bagian bisa tersebut untuk melindungi diri.

Suatu ketika seorang pemburu dari kota datang ke hutan, mereka sedang berburu ular piton untuk diambil kulitnya sebagai kerajinan. Pemburu tersebut mendapati rumah piton tersebut dan mengambil istrinya yang sedang sakit.

Pitonpun marah dan bergegas mendatangi raja kobra untuk meminta bisa yang sangat mematikan, setelah sampai di kerajaan, piton mengadu atas kejadian tersebut dan meminta bisa yang mematikan.

Mendengar penjelasan piton, raja kobra terharu dan menangis, tapi apalah daya racun yang mematikan itu telah habis dibagikan masyarakat ular.

Akan tetapi piton berusaha memaksa raja kobra untuk menolongnya. ia berkata “Tolonglah raja kobra, istriku harus segera diselamatkan”. Kemudian raja kobra berfikir sejenak dan kemudian menjawab “Baiklah, aku akan segera menolong istrimu”.

Raja kobrapun mengumpulkan prajurit yang sama-sama kobranya untuk mencari jejak si pemburu istri piton. setelah prajurit kobra ini mencari-cari akhirnya menjumpai si pemburu dan memberi kabar kepada raja kobra.

Mendengar kabar bahwa si pemburu telah diketahui keberadaannya, maka raja kobra beserta piton segera mendatangi pemburu. Tanpa menunda-nunda waktu raja kobrapun mematok kaki si pemburu dari belakang.

Karena bisa raja kobra sangat berbisa, maka si pemburu bergegas melarikan diri dan meninggalkan istri piton, akhirnya istri piton dapat terselamatkan dari si pemburu.Kemudian mereka segera untuk kembali pulang.

Sesampainya di rumah piton, raja kobra berkata, “Besok datanglah ke kerajaanku”. Pitonpun heran dan menjawab, “Untuk apa raja?” raja kobra berkata,”pokoknya datang saja” dengan senyuman dan piton menjawab, “Baiklah, besok saya akan datang ke kerajaan, dan sekali lagi terimakasih atas bantuannya.”

Keesokan harinya piton datang menemui raja kobra di kerajaannya. Ia bergegas menjumpai raja kobra karena penasaran apa yang sebenarnya ingin di sampaikan oleh raja kobra.

Saat piton menghadap, piton bertanya, “Apa yang sebenarnya ingin raja sampaikan kepada saya?.” raja kobra menjawab, “Aku ingin memberikan cairan ini kepadamu untuk melindungi diri dari musuh-musuhmu.” Piton berkata, “Benarkah raja?” tanya piton lagi, dan raja menjawab, “Iya”.

Cairan yang diberikan piton berwarna ungu, tetapi piton belum mengetahui tentang kegunaan air tersebut, akan tetapi piton yakin kepada raja bahwa rajanya tidak mungkin bohong.

Raja kobra kemudian menyuruh kepada piton untuk meminum cairan ungu tersebut dan berkata, “Setelah kamu meminum cairan ini, tubuh kamu akan terasa sakit sejenak, akan tetapi setelah itu kamu akan mengetahui khasiatnya.”

Kemudian piton meminum cairan tersebut dan merasakan kesakitan, kemudian si piton mengaca kepada dirinya sendiri di genangan air. Piton itu merasakan perubahan pada taringnya yang memanjang dan runcing, kemudian tubuhnya membengkak menjadi besar.

Dengan perubahan postur tubuh piton yang menjadi besar, maka piton akan mudah melindungi dirinya dengan meremas tubuh musuh dan mangsanya hingga tulangnya hancur.

Setelah itu piton mengucapkan banyak terimakasih kepada raja kobra atas pemberian tersebut dan berkata, “Terimakasih banyak raja, engkau memang raja yang paling adil terhadap semua rakyatnya.”

Raja kobra juga memberikan cairan tersebut kepada istrinya agar istri dan keturunannya kelak memiliki postur tubuh yang besar dan gigi yang runcing.

Usai mendapatkan alat sebagai pelindung diri, kemudian piton berpamitan untuk kembali ke tempat tinggalnya dan memberikan cairan tersebut kepada istrinya.

Hal yang sama terjadi kepada istri piton. Beberapa minggu kemudian istrinya menetaskan anak yang pertama dan memiliki postur tubuh yang besar serta taring yang runcing. Begitu juga dengan keturunan-keturunan selanjutnya yang berpostur tubuh besar hingga saat ini.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *