Umbuk Ponggok merupakan tempat wisata yang menjadi tujuan begitu banyak masyarakat sekitaran Yogyakarta saat ini. Letaknya yang berada di desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah memang tak begitu jauh dari Yogyakarta.

www.catatanhariankeong.com
www.catatanhariankeong.com

Umbul Ponggok adalah kolam alami dengan beraneka macam ikan serta memiliki dasar kolam yang indah. Kamu bisa melakukan snorkeling di sini. Bahkan tempat ini juga sering digunakan untuk latihan diving.

Jika kamu penasaran, coba saja datang ke sini. Saat pertama kali datang, mungkin kamu akan mengira bahwa ini hanyalah kolam renang biasa, tapi jangan buru-buru kecewa guys, kamu belum masuk ke dalamnya sih.

Airnya benar-benar jernih dan dingin, karena air dalam kolam ini bersumber dari mata air yang masih mengalir hingga saat ini. Kolam ini sudah ada sejak zaman Belanda, kedalamannya rata-rata 1.5-2.6 meter.

Jadi, kalau kamu mau mencoba dan merasakan sensasinya snorkeling, datang saja ke sini. Berikut tips snorkeling yang bisa jadi referensi untuk kamu gunakan.

1Mengetahui Peralatan yang Dibutuhkan

www.siimat.com

Ketika kamu ingin menyelam untuk snorkeling, kamu membutuhkan masker selam dan snorkel serta sepatu katak atau fin untuk membantu daya dorongmu ketika di bawah air.

Jadi, peralatan itu wajib untuk kamu gunakan. Masker selam akan menyegel mata dan hidungmu saat di dalam air, agar pandanganmu menjadi lebih jernih. Kemudian snorkel, yakni tabung selang yang membantumu untuk bernafas lewat mulut.

Kamu juga bisa menambahkan jaket pelampung agar tetap berada di permukaan air. Karena tujuan snorkeling untuk menikmati keindahan di bawah air, umumnya kegiatan ini dilakukan di air yang tenang.

2Mengikuti Prosedur

alfinesta.wordpress.com

Jangan khawatir jika tidak bisa berenang, kamu masih bisa kok menikmati keindahan di dalam kolam Umbul Ponggok ini. Mungkin kamu merasa takut saat akan turun ke dalam air, tapi setelah kamu melihat keindahannya, kamu akan ketagihan.

Asalkan kamu mengikuti arahan yang diberikan oleh pemandu dan tetap tenang selama di air, kamu akan aman. Kamu bisa menggunakan jaket pelampung untuk membuatmu tetap mengapung di atas permukaan air.

3Memeriksa Kembali Seluruh Peralatan

alfinesta.wordpress.com

Jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan kamu rasakan ketika di dalam kolam. Periksa kembali semua peralatan yang kamu gunakan untuk snorkeling. Pastikan jaket pelampung yang kamu gunakan sudah pas di badan dan tidak sobek.

Masker-nya bagus dan tidak longgar, sehingga nyaman dan kedap udara ketika dikenakan. Snorkel pun dalam keadaan baik dan membuatmu bernafas dengan baik pula. Begitu juga dengan fin yang kamu pakai, tidak longgar dan tidak juga ketat.

4Memastikan Kebersihan Alat Snorkeling

maeshare.blogspot.com

Ketika kamu menyewa alat snorkeling yang akan kamu pakai, sudah pasti alat itu dipakai oleh beberapa orang yang sebelumnya telah datang untuk menyewanya juga. Jadi tidak ada salahnya jika sebelum kamu gunakan kamu bersihkan terlebih dahulu.

Walau mungkin sudah dibersihkan oleh pengelola yang menyewakan alat, tetapi agar lebih meyakinkan saja bisa dicuci kembali sebelum digunakan.

5Mempelajari Teknik Clearing

www.youtube.com

Jika saja masker atau snorkel-mu kemasukan air saat berenang, kamu sudah tau cara untuk membersihkannya. Mungkin saat itu kamu menggunakan snorkel yang tidak terlalu pas, jadi air akan masuk ke dalam.

Kamu bisa membersihkan air yang telah masuk ke dalam snorkel tanpa perlu melepas masker dan snorkel-mu, kamu bisa melakukan masker clearing atau membersihkan masker yang telah kemasukan air.

Caranya cukup mudah, tarik saja nafas dalam-dalam melalui mulut, kemudian hembuskan kuat-kuat dengan hidung sampai udara bercampur air dan keluar dari masker.

Prinsip yang sama juga bisa kamu terapkan ketika air masuk ke dalam tabung snorkel-mu. Caranya, hembuskan udara kuat-kuat melalui mulut sampai airnya keluar. Lakukan teknik ini saat kamu berada di permukaan air.

6Selalu Berada di Dekat Pemandu atau Temanmu

www.umbulponggok.com

Jika kamu baru akan mencoba melakukan snorkeling, bisa jadi akan membuatmu kehilangan kendali karena rasa bahagiamu melihat keindahan di bawah air, sehingga tanpa sadar kamu berenang menjauhi teman-temanmu.

Bagaimanapun caranya, pastikan dirimu tetap berada di dekat teman-teman dan pemandu. Supaya kalian bisa saling mengawasi jika saja terjadi sesuatu. Mungkin saja kamu merasa kram atau kelelahan, temanmu bisa segera membantu.