blisstree.com

6 Ungkapan Aneh Dalam Bahasa Indonesia yang Sering Diucapkan Orang Indonesia

Posted on

Di pelajaran bahasa indonesia ada aturan bagaimana penggunaan majas dalam sebuah kalimat. Contoh mudahnya yaitu kalimat berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian artinya bukanlah orang yang bertualang dengan berenang mengarungi sungai atau lautan.

Kalimat tersebut berupa nasihat agar seseorang berusaha keras jika ingin menikmati hasilnya di kemudian hari. Kalimat jenis begini (majas maupun peribahasa) tentu dikenal sebagai kalimat yang diartikan bukan secara harfiah.

Nah, bagaimana jadinya kalau muncul kata-kata jenis baru yang tidak bisa dijelaskan juga secara harfiah tapi terdengar aneh karena banyak orang tidak tahu makna kalimat itu sebenarnya apa.

Tebak-tebak Buah Manggis

kaloriku.com
kaloriku.com

Ungkapan ini muncul jika ada tebak-tebakan, teka-teki, atau ada seseorang yang ingin menebak sesuatu dari orang lain.

Kira-kira, kenapa harus buah manggis ya? Kenapa tidak memilih buah lain selain manggis? Bukankah jenis buah yang menarik juga masih banyak?

Barangkali, ungkapan tersebut muncul ketika zaman dulu anak-anak biasa menebak jumlah isi buah di balik kulit manggis melalui jumlah ruas jari di bagian bawah kulit luar buah manggis. Jadilah muncul ungkapan tebak-tebak buah manggis.

Dari Hongkong

lintas.me
lintas.me

Ungkapan ini biasa muncul ketika seseorang akan mengekspresikan kekesalan pada orang lain. Barangkali hongkong dipilih karena jaraknya yang jauh, sekaligus menandakan keinginan seseorang terlampau sulit diwujudkan dan justru membuat kesal lawan bicaranya.

Tapi kenapa harus Hongkong ya? Kenapa tidak sekalian pilih negara yang jauh di ujung dunia? Antartika misalnya. Unik sekali ya bahasa masyarakat Indonesia ini.

Malu-malu Kucing

everton1120.deviantart.com
everton1120.deviantart.com

Ungkapan ini muncul sebagai ekspresi atau sebutan untuk seseorang yang pemalu, menutup diri dari orang-orang sekitar, terkesan introvert, sulit bersosialisasi, tapi sebetulnya orang tersebut mau untuk diajak bergaul.

Hanya saja, kenapa harus kucing juga ya? Mungkin karena kucing ini hewan yang lucu. Tidak mungkin kan kucing diubah jadi malu-malu gajah atau malu-malu kelinci?

Rasanya aneh didengar, karena kita sudah terbiasa menggunakan hewan kucing sebagai bagian dari ungkapan tersebut.

Banci Kaleng

youtube.com
youtube.com

Ungkapan ini merujuk pada transgender atau waria yang ada di Indonesia. Biasanya masyarakat menyebut kaum ini dengan sebutan banci atau bencong.

Nah, tapi yang lucu, kenapa harus ada embel-embel kaleng? Oh, barangkali setiap kehadiran para waria ini selalu mengganggu akibat suara cempreng mereka yang menyanyi di pinggir jalan.

Mungkin saja begitu, maka kemudian orang-orang menganggap suara cempreng mereka yang berisik ini seperti kaleng. Terkenalah ungkapan banci kaleng.

Jin Buang Anak

terseram.blogspot.com
terseram.blogspot.com

Ungkapan ini menggambarkan lokasi yang jauh, terpencil, sulit dilewati kendaraan, kumuh, gelap, wah sepertinya identik dengan hal-hal buruk ya. Biasanya orang-orang yang mengungkapkan kalimat ini sekadar bercanda saja, tidak serius.

Namun tetap saja yang mendengar akan merasa tersinggung jika daerah rumahnya disebut sebagai tempat jin buang anak. Tempat jin saja sudah terdengar tidak baik, apalagi ditambah dengan buang anak. Waduh.

Kenapa harus memilih jin sebagai subjeknya ya? Kenapa tidak diganti saja dengan ungkapan planet di luar tata surya? Agar terdengar lebih baik ketika menyebut daerah yang terpencil dan jauh dari pusat kota, misalnya.

Lebaran Monyet

gambarcantik.blogspot.com
gambarcantik.blogspot.com

Ini juga unik. Ungkapan yang biasa disebutkan dalam konteks peristiwa yang mustahil terjadi. Tapi kenapa kemustahilan sesuatu harus diidentikkan dengan lebaran monyet? Apa karena hewa ini tidak mungkin punya satu hari raya layaknya umat beragama?

Seharusnya bisa digambarkan dengan hewan lain. Toh tak hanya monyet yang tak punya hari raya. Hewan-hewan lain juga sama.

Ternyata banyak juga ya ungkapan lucu, unik, dan terdengar aneh yang sering diucapkan masyarakat Indonesia sehari-hari.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *