Mungkin peribahasa yang berbunyi, “karena nila setitik, rusak susu sebelanga” tepat bila disandingkan dengan 4 kejadian besar yang pernah terjadi di dunia ini. Beberapa kejadian berikut ini awal mulanya karena kesalahan yang dianggap remeh. Tapi akibatnya sangat vital.

1Tenggelamnya Kapal Titanic karena Kunci Ketinggalan

historyinorbit.com

Barangkali, diantara kamu sudah tahu mengenai beberapa teori perihal penyebab kapal terbesar di jamannya ini bisa tenggelam. Salah satu diantaranya muncul dari kesaksian seorang kru kapal yang masih hidup.

Kru kapal yang menjadi narasumber dari teori tenggelamnya Kapal Titanic ini, saat itu sedang bertugas sebagai pemantau jalur yang akan dilalui kapal. Termasuk mengawasi gunung es yang bisa saja tiba-tiba berada di jalur yang akan dilewatinya.

Namun di saat dia hendak melihat posisi kapal dengan gunung es menggunakan teropong, barulah disadarinya bahwa kunci teropong tidak dibawa saat perjalanan. Usut punya usut, ternyata sebelum kapal berangkat, perusahaan Kapal Titanic mengganti pejabat kapal kedua.

Yang sebelumnya dijabat oleh David Blair, secara tiba-tiba digantikan oleh Charles Lightoller. Sialnya, kunci teropong masih berada di kantong Blair dan lupa untuk diberikan kepada petugas pemantau kapal.

2Runtuhnya Tembok Berlin karena Salah Ucap Saat Pidato

ayokepo.blogspot.com

Peristiwa bersejarah ini berawal dari keputusan Jerman Timur sedikit melonggarkan aturan larangan perjalanan ke Jerman Barat. Gunter Schabowski, salah seorang politisi Jerman Timur saat itu ditugasi untuk menyampaikan keputusan tersebut kepada masyarakat.

Tepatnya pada tanggal 9 November 1989, Schabowski mengadakan konferensi pers untuk membacakan hasil keputusan tersebut. Sayangnya, dia tidak membacanya terlebih dahulu. Sehingga saat ada pertanyaan, “Kapan aturan ini mulai berlaku?”, dia langsung menjawab, “Sekarang juga!”

Hebohlah media-media Jerman. Masyarakat pun menyambutnya dengan berbondong-bondong menuju Tembok Berlin dan menghancurkannya saat itu juga. Bahkan pihak militer pun menarik pasukannya setelah melihat arus massa yang tak terbendung.

3Wafatnya Joseph Stalin karena Terlalu Parno

tigrepelvar2.wordpress.com

Menjelang akhir hayatnya, Stalin sebagai seorang tokoh Uni Soviet memiliki banyak musuh. Hingga membuatnya parno sepanjang waktu. Sampai-sampai, setelah mendengar banyak ancaman dirinya akan dibunuh. Dia memutuskan untuk menyendiri dan tidak mau berkomunikasi dengan siapapun.

Stalin mengurung dirinya dalam kamar dan memerintahkan pasukannya untuk tidak memasuki ruangannya dalam kondisi apapun, tanpa seizinnya.

Hingga suatu hari, Stalin tidak keluar kamar sama sekali. Tidak seperti hari-hari biasanya dimana dirinya masih melakukan aktifitas. Akhirnya salah seorang dari mereka memberanikan diri untuk masuk kamarnya. Ditemukannya Stalin tak berdaya karena stroke dan dia pun meninggal dunia.

4Perang Dunia I Dimulai karena Sopir Salah Jalan

plasticmodelzone.com

Di hari bersejarah itu, Archduke Austria Ferdinand mendapati dua percobaan pembunuhan. Pada usaha pembunuhan pertama, si sopir berhasil menggagalkannya. Dia berhasil membuang sebuah granat yang dilemparkan ke arah Archduke namun mengenai para pengawalnya.

Mengetahui hal itu, Duke berkeinginan untuk bertemu dengan para korban. Namun dalam perjalanan menuju rumah sakit, si sopir salah belok. Jalan yang diambilnya ternyata mengarah ke salah seorang pembunuh, Gavrilo Pricio yang bersembunyi di sebuah kedai kopi.

Duke dan istrinya tewas seketika setelah mendapat dua tembakan tepat mengenai tubuh keduanya.