Bambu merupakan tumbuhan yang sering kita jumpai. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri berbatang panjang dan berbuku-buku dan pertumbuhannya pun sangat cepat.

Bambu memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Sering kita menjumpai berbagai bentuk benda yang terbuat dari bambu seperti tempat wadah tissu, kursi, meja, beberapa alat dapur, dan lain sebagainya.

Bambu juga bisa dimanfaatkan sebagai alat transportasi yang biasanya digunakan untuk menyebarang sungai. Tidak hanya itu, bambu muda pun dapat dijadikan sebagai bahan makanan salah satunya dapat dijadikan sebagai sayur.

Nah, tahukah kamu ternyata bambu yang semula hanya terlihat sederhana dan biasa saja tersebut bisa disulap menjadi alat musik yang cantik.

Berikut beberapa alat musik di sejumlah negara yang menggunakan bambu.

Angklung

kiki widyasari angklung
www.ragamseni.com

Angklung merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat, Indonesia. Alat musik ini terbuat dari bambu. Alat musik ini bisa dibilang sangat unik, berbeda dengan alat musik yang terbuat dari bambu lain yang sebagian besar dimainakan dengan cara ditiup.

Angklung ini dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan. Suara yang dihasilkan pun sangat nyaring, khas dan menarik.

Angklung biasanya juga dimainkan secara berkelompok. Dalam memainkan alat musiki ini dibutuhkan konsentrasi dan kerjasama yang tinggi.

Menjadi hal yang membanggakan bahwa angklung, alat tardisional khas Jawa Barat ini oleh UNESCO ditetapkan sebagai alat musik warisan budaya Indonesia.

Celempung

1 Celempung
girisawargi.blogspot.com

Selain angklung, terdapat alat musik khas Jawa Barat bernama Celempung. Alat musik yang terbuat dari bambu ini dimainkan dengan cara dipukul.

Suara yang dihasilkan sangat indah, suara tersebut didapatan dengan memanfaatkan gelombang resonansi  yang ada.

Selain terbuat dari bambu, ada juga celempung yang tebuat dari kayu. Celempung juga bisa dimainkan dengan cara mengolah suara, yakni mengatur besar kecilnya udara yang keluar dari badan celempung dengan menggunakan tangan kiri.

Ocarina

1 Ocarina
id.wikipedia.org

Adalah Ocarina, alat musik tradisional khas negara Argentina yang memiliki bentuk unik. Alat musik khas Amerika Selatan ini terbuat dari bambu.

Dibuat dari bambu yang dipotong kemudian dilubangi  sehingga menghasilkan cara yang menarik.  Nada-nada yang dihasilkan dari Ocarina tergantung dari besar kecilnya bambu.

Sama halnya dengan prinsip tangga nada alat musik pada umumnya, Ocarina juga terdiri dari tangga nada do, re, mi, fa, sol, la, si, dan do.

Khene

1 khenee
www.youtube.com

Di Thailand, terdapat alat musik yang terbuat dari bambu bernama Khene, biasa dibaca “kaen”, “khaen”, atau “ken”.

Cara memainkan alat musik ini dengan ditiup. Suara yang dikeluarkan hampir mirip dengan suara bioala.

Banyak wisatawan mancanegara yang terpikat dengan Khene, sehingga banyak dari mereka yang ingin mencoba memainkannya.

Tidak hanya di Thailand, Khene juga digunakan oleh masyarakat Laos dan Kamboja.

Shakuhachi

1 jepang
superanindita.wordpress.com

Lagi, bambu bisa disulap menjadi alat musik yang bernilai tinggi. Terdapat alat musik khas Jepang bernama Shakuhachi. Alat musik ini banyak diminati dan dicari orang.

Cara memanikannya sama dengan cara memainkan recorder yakni ditiup dan suaranya pun akan keluar.

Jika kamu berminat ingin memiliki alat musik ini, cobalah carai di situs-situs belanja online. Harganya rata-rata sekitar US$ 300 sampai US$ 5000 untuk satu buah shakuhachi baru.

Menarik bukan? Apakah kamu ingin memiliki salah satu alat musik di atas? Memang unik berasal dari bambu bisa disulap menjadi alat musik yang menarik, indah, dan memiliki nilai jual tinggi.

SHARE