Ikan petarung atau yang dikenal dengan ikan cupang merupakan ikan yang berasal dari Kamboja dan Thailand. Ada sekitar 50 jenis spesies hewan ini. Waktu untuk hidup dari ikan cupang ini umumnya mampu bertahan 3 sampai dengan 5 tahun.

Cupang memang tidak terlalu merepotkan untuk dipelihara, karena kamu bisa memeliharanya di tempat yang mungil dan dia akan tetap bertahan hidup disana. So guys, ada fakta unik dan menarik lho seputar ikan cupang. Yuk simak ulasannya berikut.

1Waktu Hidup Hanya 2-3 Tahun

www.merawat.jalan-santai.com

Usia cupang biasanya tidak lebih dari 2 atau 3 tahun. Tetapi ikan mungil ini dalam beberapa kasus ditemukan berusia 4 atau 5 tahun.

2Warna-warni Cupang

www.cupangfighter.com

Tahukah kamu, bahwa cupang memiliki puluhan warna berbeda? Mungkin sekitar 25 warna cupang yang bisa kamu temui. Warna yang sering kamu temui pada ikan ini biasanya biru, merah, kuning, hijau, ungu, hitam, putih, dan masih banyak warna yang lainnya.

3Menghirup Oksigen

www.binatangpeliharaan.org

Wow! Ternyata cupang juga menghirup oksigen. Ia akan menghirup oksigen dari permukaan dan mampu bertahan di air dengan rentan waktu yang cukup lama meski hanya sedikit menghirup oksigen.

Hal ini disebabkan karena ikan cupang berasal dari keluarga Anabantoid, dan mereka mempunyai cadangan sistem pernafasan. Dengan cadangan tersebut, ikan cupang mampu untuk menghirup oksigen yang ada di permukaan air.

4Cupang Jantan Lebih Agresif

situsikan.blogspot.com

Cupang jantan umumnya mempunyai sikap yang lebih agresif dan mempunyai kecenderungan melawan atau bahkan membunuh cupang jantan yang lainnya jika ditempatkan dalam satu wadah.

5Mengembangkan Sirip Dalam Keadaan Terancam

orongorong.com

Setiap hewan tentu memiliki upaya perlindungannya masing-masing. Begitu juga dengan ikan cupang. Ia akan mengembangkan siripnya di keadaan terdesak. Hal ini dilakukan untuk menakut-nakuti lawan.

Memiliki Organ Khusus

Wah, ternyata cupang memiliki organ tubuh khusus dan biasa dikenal sebagai labirin yang letaknya ada di sebelah atas kepala ikan cupang yang memungkinkan ikan ini untuk bernafas dengan menghirup oksigen.

Nah, menarik bukan setelah kamu mengetahui beberapa fakta menarik soal cupang? Cobalah untuk memelihara ikan cupang, selain mudah ini juga akan menjadi hiasan tersendiri di meja belajarmu.

SHARE