Kamu tentu sering melihat indahnya burung-burung yang terbang dan melompat diantara pepohonan.

Apalagi jika kamu berada di pantai, saat kamu tengok dan melepas pandanganmu di langit bebas akan ada rombongan burung yang tengah terbang di angkasa dengan begitu indahnya.

Selama ini, ketika mendengar kata burung, pikiran kita identik dengan kata terbang. Yup, kita semua tahu burung itu terbang, akan tetapi tahukah kamu tidak semua burung bisa terbang.

Terdapat beberapa jenis burung yang tidak dapat terbang. Padahal mereka sama-sama memiliki sayap.

Apakah kamu penasaran apa saja burung-burung tersebut? Baiklah, berikut beberapa burung yang tidak menggunakan sayapnya untuk terbang.

1Burung Kasuari

s3.zoochat.com.s3.amazonaws.com

Burung kasuari adalah burung yang besar nan indah menawan. Burung ini merupakan sebangsa burung dengan ukuran besar dan tidak mampu untuk terbang.

Tahukah kamu, burung kasuari merupakan salah satu binatang yang dilindungi di Indonesia dan menjadi fauna identitas provinsi Papua Barat.

Ciri dari burung ini adalah memiliki ukuran tubuh yang sangat besar, di atas kepalanya terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecokelatan.

Kaki burung kasuari sangat panjang dan kuat. Cakar pada kakinya bisa tumbuh hingga 5 inci dan dapat berlari kencang hingga 31 mil per jam.

Kaki ini digunakan sebagai senjata utamanya untuk pertahanan melindungi diri. Burung ini tidak dapat terbang karena kondisi badanya yang sangat berat tersebut.

Baca juga: Cara Ternak Burung Kenari untuk Pemula

2Burung Takahe

3.bp.blogspot.com

Spesies ini dapat ditemukan di Selandia Baru. Selama beberapa waktu Takahe sempat dinyatakan punah, akan tetapi kembali ditemukan pada tahun 1948.

Takehe memiliki bentuk tubuh agak sedikit bulat dan gemuk. Tak heran jika burung ini tidak dapat terbang karena bisa jadi postur tubuh tersebut.

Agak memprihatinkan, melihat jumlah populasi burung ini yang hanya mencapai 300 ekor di seluruh dunia. Hal ini menyebabkan Takahe terancam punah.

3Nativehen Tasmania

upload.wikimedia.org

Tentu  kamu sering melihat ayam bahkan mungkin pernah mengejar-ngejar ayam. Kamu tentu tahu seberapa cepat larinya ayam. Pernah tidak melihat ayam yang larinya mencapai 30 mil perjam? Mustahil!

Adalah Nativehen Tasmania, ia memang bukan ayam tapi spesies ini memiliki ciri menyerupai ayam. Ia juga tidak dapat terbang. Burung tersebut mampu berlari hingga 30 mil per jam.

Nativehen Tasmania berkembang biak dan tumbuh subur seperti rakun. Sehingga bisa dikatakan burung ini tak terancam punah.

4Burung Weka

2.bp.blogspot.com

Tak hanya manusia yang memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi. Namanya burung Weka. Burung ini memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi.

Weka adalah burung yang berasal dari Selandia Baru. Ciri-ciri dari burung ini adalah berwarna cokelat  dan berukuran seperti ayam. Namun, kini jumlah populasi Weka menurun. Weka juga terkenal sebagi perenag yang terampil.

5Burung Kakapo

nzbirdsonline.org.nz

Kakapo atau juga dikenal dengan “Burung Hantu Betet” merupakan hewan asli Selandia Baru. Ciri Kakapo antara lain memiliki wajah seperti burung hantu, posisi seperti penguin, dan cara berjalannya seperti bebek.

Burung ini memiliki bulu yang indah berwarna hijau cokelat terang. Meskipun tak bisa terbang tapi burung Kakapo termasuk burung yang unik dan menarik.

6Penguin

animal-dream.com

Hewan yang satu ini tentu sangat populer, terutama di kalangan anak-anak. Yup, Penguin merupakan spesies yang hidup di daerah beriklim ekstrem dingin.

Burung ini memang kebanyakan berada di Antartika. Penguin tida dapat terbang akan tetapi mereka dapat berenagng dan menyelam dengan sangat baik.

Ya, seolah burung yang satu ini memang didesain sebagai ‘penelam handal’. Kaki mereka yang pendek dan gempal membuat cara berjalannya terihat lucu dan menggemaskan.

Menarik bukan, ternyata terdapat burung yang tidak bisa terbang. Itulah Maha Karya Sang Pencipta. Banyak hal yang belum kita ketahui. Semoga bermanfaat.