“Ris, besok kamu berangkat bareng siapa?”

“Aku besok sendiri kog naik Honda.” (namun sepeda yang digunakan ternyata Suzuki).

Pernahkah kamu menemui hal semacam itu dalam kehidupan sehari-hari? Dalam meproduksi suatu barang, sebuah perusahaan telah membuat atau menentukan merk atau nama brand dengan berbagai pertimbangan.

Mereka tentu tidak main-main untuk melabelkan nama-nama tersebut pada barang produksinya. Hal ini dilakukan agar para konsumen dapat mengingat nama tersebut.

Akan tetapi, di Indonesia terdapat beberapa merk yang sudah mendarah daging. Karena sering terbiasanya masyarakat menggunakan dan mendengar nama ini untuk benda tertentu, jadi kita sering menyebut benda-benda tertentu dengan merek tersebut.

Penasaran? Inilah merk-merk yang telah mendarah daging untuk menyebut nama benda tertentu.

1Honda

www.honda.ca

Bagi sebagian masyarakat Indonesia merk ‘Honda’ menjadi sebutan untuk sepeda motor. Padahal banyak merk sepeda motor yang bermacam-macam.

Lucunya meski mereka memakai sepeda motor dengan merk lain tetap saja terkadang menyebut dengan istilah ‘Honda’.

Hal ini terjadi mungkin karena dulu merk motor yang paling terkenal adalah Honda. Jadi tidak heran jika nama ‘Honda’  menjadi sebutan untuk sepeda motor.

Akan tetapi seiring perkembangan jaman, sekarang banyak bermunculan merk sepeda motor, bukan hanya Honda saja sehingga sebagian orang sudah mulai menggunakan istilah ‘sepeda motor’ atau ‘motor’.

2Odol

www.ebay.com

Seperti halnya Honda, ada merk pasta gigi yang telah melakat untuk menyebut pasta gigi. Adalah Odol, sebuah merk pasti gigi tempo dulu yang sekarang sudah tidak ada lagi di pasaran.

Odol sangat melekat di benak masyarakat sehingga mereka masih saja sering menggunakan istilah Odol untuk menyebut pasta gigi.

intisari-online.com

Padahal sekarang banyak merk pasta gigi yang beredar di pasaran seperti Pepsodent, Sensodyne, Ciptaden, dan lain-lain. Namun sepertinga ‘Odol’ masih menjadi nama ‘primadona’ untuk pasta gigi. Unik!

3Sanyo

blog.vudu.com

Ketika pompa air di rumahmu rusak, salah satu tukangmu memberitahukan bahwa ‘sanyo’ nya rusak perlu diganti.

www.tokopedia.com

Padahal kita tahu bahwa Sanyo merupakan nama produk untuk beberapa alat elektronik seperti mesin cuci, televisi, lemari es, radio dan lainnya.

Akan tetapi masyarakat sering menggunakan istilah ‘Sanyo’ untuk menyebut pompa air.

4Galon

www.plasafranchise.com

“Bang, beli galon. Nanti tolong di antar ya ke alamat ini.” Sang penjual tentu sudah paham bahwa yang dimaksud adalah air galon, bukan galonnya.

Ya begitulah, kebanyakan masyarakat menyebut air galon dengan istilah ‘galon’, padahal galon merupakan wadah airnya saja. Istilah ini lebih tepatnya lebih ke nama benda yang menggantikan nama benda lainnya.

5Indomie

www.informasiajib.info

Mie instan yang satu ini bisa dibilang makanan sejuta umat, bagaimana tidak makanan ini merupakan makanan andalan yang bisa dimakan ketika kepepet.

Rasanya pun nikmat, praktis dan harganya sangat ramah di kantong. Di Indonesia terdapat berbagai merk mi instan namun kebanyakan masyarakat sering menggunakan nama ‘indomie’ untuk menyebut nama mie instan.

Memang unik, para produsen telah berhasil membuat nama brand yang melekat di kalanagan masyarakat sampai-sampai merk tersebut dingunakan untuk menyebut nama-nama benda tertentu.

Sepertinya membutuhkan waktu lama jika kita ingin mengembalikan nama asli benda-benda tersebut.

SHARE