Cinta adalah lima huruf yang sangat dahsyat. Seseorang yang sedang dimabuk cinta bisa berbuat apa saja.Setelah cinta didapat jangan sampai cinta tersebut tidak dipertahankan.

Mempertahankan cinta bisa jadi sama beratnya dengan saat meraihnya. Diperlukan pengorbanan yang tidak sedikit untuk menunjukkan kebesaran sekaligus merawat cinta.

Jika cinta itu adalah cinta yang hakiki, seseorang akan mati matian untuk mempertahankannya. Biasanya cinta hakiki didapat setelah pernikahan.

Cinta harus selalu disiram agar persemaiannya tidak layu. Agar hakikatnya tidak rusak. Jika rumah tangga sudah tidak ada cinta maka tidak ada lagi artinya kehidupan berkeluarga.

aliexpress.com
aliexpress.com

Mungkin fisiknya masih berhubungan namun sudah tidak ada lagi rasa. Apa yang paling menyakitkan jika sesuatu yang seharusnya lezat namun sejatinya hampa tanpa makna.

Jika kamu sudah tidak merasakan hal tersebut hati-hatilah karena berarti bibit cinta sudah mulai menguap.

Nah Erich fromm, murid kesayangannya Sigmund Freud menyebutkan empat unsur yang harus ada dalam cinta, jika tidak ada maka segeralah mengupayakannya.

1Care (perhatian)

haticoretan.wordpress.com

Cinta harus melahirkan perhatian pada objek yang dicintai. Kalau kita mencintai diri sendiri, maka kita akan memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri.

Kalau kita mencintai orang lain, maka kita akan memperhatikan kesulitan yang dihadapi orang tersebut dan akan berusaha meringankan bebannya. Kalau kita mencintai Allah Swt., maka kita akan memperhatikan apa saja yang Allah ridhai dan yang dimurkai-Nya.

2Responsibility (tanggung jawab)

aktivasiotakkanan.net

Cinta harus melahirkan sikap bertanggungjawab terhadap objek yang dicintai. Orang tua yang mencintai anaknya, akan bertanggung jawab akan kesejahteraan material, spiritual dan masa depan anaknya.

Suami yang mencintai isterinya, akan bertanggung jawab akan kesejahteraan dan kebahagiaan rumah tangganya. Karyawan yang mencintai perusahaannya, akan bertanggung jawab akan kemajuan perusahaannya.

Orang yang mencintai Tuhannya, akan bertanggung jawab untuk melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Itulah Responsibility.

3Respect (hormat)

www.pakarcinta.com

Cinta harus melahirkan sikap menerima apa adanya objek yang dicintai, kelebihannya kita syukuri, kekurangannya kita terima dan perbaiki.

Tidak bersikap sewenang-wenang dan selalu berikhtiar agar tidak mengecewakannya. Inilah yang disebut respect.

4Knowledge (pengetahuan)

ummi-online.com

Cinta harus melahirkan minat untuk memahami seluk beluk objek yang dicintai. Kalau kita mencintai seorang wanita atau pria untuk dijadikan isteri atau suami.

Maka kita harus berusaha memahami kepribadian, latar belakang keluarga, minat, dan ketaatan beragamanya. Kalau kita mencintai Tuhan, maka harus berusaha memahami ajaran-ajaran-Nya.

SHARE