Fisik yang sehat harus ditunjang dengan berbagai olahraga atau latihan fisik. Jika hanya asupan makanan saja yang diperhatikan bisa jadi tidak terjadi pembentukan kebugaran tubuh yang optimal.

Olahraga sekarang beragam bentuknya. Bisa dilakukan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Jika olahraga dilakukan secara teratur dan didukung asupan makanan yang sehat maka akan tercipta kondisi tubuh yang bugar atau kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani sendiri sejatinya adalah sebuah keadaan seseorang yang mampu melakukan kerja sehari-hari secara efisien tanpa timbul kelelahan yang berlebihan sehingga masih menikmati waktu luangnya.

Sementara pendapat lain menyebutkan jika kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang menyelesaikan tugas sehari-hari dengan tanpa mengalami kelelahan berarti, dengan pengeluaran energi yang cukup besar, guna memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang serta untuk memenuhi keperluan darurat bila sewaktu-waktu diperlukan

Menurut T. Cholik Muthohir (1999) dalam Ismaryati (2006: 40), ia menyebut kebugaran jasmani adalah kondisi yang mencerminkan kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan produktif tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

Nah kalau kondisi tubuh sudah mencapai level kebugaran jasmani yang optimal, maka kita akan menjadi pribadi yang produktif karena memiliki kondisi fisik yang prima untuk melakukan banyak hal.

Guna mencapai titik kebugaran jasmani itu lebih baik jika kita bersama simak apa saja unsur pembentuk kebugaran jasmani. Dengan mengetahui unsur tersebut maka semoga kita bisa dengan mudah mencapai titik kebugaran optimal.

1Daya Tahan (Endurance)

running.competitor.com

Ada dua macam daya tahan atau endurance dalam unsur kebugaran jasmani. Pertama adalah daya tahan umum atau general endurance.

Daya tahan umum ini adalah kemampuan seseorang dalam mempergunakan sistem jantung, paru-paru dan peredaran darahnya secara efektif dan efisien untuk menjalankan kerja secara terus menerus dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.

Yang kedua adalah daya tahan otot. Daya tahan otot adalah kapasitas sekelompok otot untuk melakukan kontraksi yang beruntun atau berulang-ulang terhadap suatu beban submaksimal dalam jangka waktu tertentu.

Daya tahan otot bermanfaat untuk mengatasi kelelahan. Pengukuran daya tahan otot dilakukan melalui Push up test, Sit up test.

2Kecepatan (Speed)

penngazettesports.com

Kecepatan adalah Kemampuan seseorang untuk bergerak secepat mungkin dengan waktu sesingkat-singkatnya setelah menerima rangsangan.

Sementara menurut Sajoto, (1988: 17) kecepatan adalah kemampuan seseorang untuk mengerjakan gerakan berkesinambungan dalam bentuk yang sama dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Kecepatan sendiri terdiri dari 3 macam, yaitu kecepatan siklis yang merupakan pengulangan gerakan dari satu bentuk keterampilan yang sama.

Kedua, kecepatan asiklis yang merupakan keterampilan yang berkaitan dengan kecepatan dalam sebuah permainan yang menggunakan alat.

Terakhir kecepatan reaksi yang merupakan kecepatan yang dikerahkan sebagai tanggapan dari rangsangan yang diterima oleh tubuh dan dilakukan pada saat mendapat rangsang.

3Kelenturan (Flexibility)

www.youtube.com

Kelenturan adalah kemampuan tubuh untuk melakukan gerakan melalui ruang gerak sendi secara maksimal.

Sementara menurut Moeloek, (1984: 9), kelenturan adalah kemungkinan gerak maksimal yang dapat dilakukan oleh suatu persendian, meliputi hubungan antara bentuk persendian , otot, tendo, ligament dan sekeliling persendian.

4Kekuatan (Strength)

www.wowkeren.com

Kekuatan adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya dalam mempergunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja.

5Daya Ledak

wallpaperscraft.com

Daya ledak merupakan perpaduan antara kekuatan dan kecepatan kontraksi otot yang dinamis dan eksplosif serta melibatkan pengeluaran kekuatan otot yang maksimal dalam waktu yang secepat-cepatnya.

6Keseimbangan

hereandnow.wbur.org

Keseimbangan adalah kemampuan seseorang mengendalikan organ-organ syaraf otot, seperti dalam hand stand atau dalam mencapai keseimbangan sewaktu seseorang sedang berjalan kemudian terganggu (misalnya tergelincir)

7Reaksi (Reaction)

lebuzz.eurosport.co.uk

Adalah kemampuan seseorang untuk segera bertindak lewat indra, syaraf atau feeling lainnya. Seperti dalam mengantisipasi datangnya bola yang harus ditangkap dan lain-lain.

8Koordinasi

www.lotterygoodcauses.org.uk

Koordinasi merupakan kemampuan seseorang untuk menggabungkan beberapa gerakan menjadi satu gerakan secara tepat, cermat dan efisien.

Kemampuan koordinasi sangat mendukung penguasaan keterampilan dasar gerak. Koordinasi meliputi mata – tangan, mata – kaki, tangan – kaki, mata – tangan – kaki, telinga – mata – kaki, dan seterusnya.

9Kelincahan (Agility)

www.sportsblog.com

Adalah kemampuan seseorang mengubah posisi di area tertentu. Seseorang yang mampu mengubah satu posisi yang berbeda dalam kecepatan tinggi dengan koordinasi yang baik, berarti kelincahannya cukup baik

10Ketepatan (Accuracy)

azharjaafar313.blogspot.com

Adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Sasaran dapat merupakan suatu jarak atau mungkin suatu objek langsung yang harus dikenai dengan salah satu bagian tubuh.

SHARE