Menjadi pasangan yang baru menikah adalah hal yang sangat membahagiakan. Akan tetapi, tentu banyak hal juga yag harus disesuaikan.

Dari yang dulu kita single kini telah memiliki ‘partner’ hidup pastinya kita juga akan belajar memahami satu sama lain dan bekerjasama untuk membangun rumah tangga dengan baik.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dan cukup penting adalah tentang pengelolaan keuangan. Mungkin banyak dari pasangan yang baru menikah akan merasa bingung saat berbicara tentang mengatur keuangan.

Tidak perlu bingung dan khawatir berikut beberapa langkah dalam menyusun keuangan keluarga bagi pasangan baru.

Membuat Anggaran Bersama

9 juli keloala dana
www.allianz.co.id

Ketika dulu belum menikah, kalian dulu mempunyai pemasukan dan pengeluaran masing-masing. Nah setelah menikah kalian memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama-sama.

Sebaiknya mulailah untuk mediskusikan tentang sumber pemasukan dan beberapa pengeluaran bersama dalam satu bulan.

Apalagi jika kalian sama-sama berkerja, diskusikan siapa saja yang menjadi sumber pemasukan, pengelolaan pengeluaran dan lain sebagainya. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari perselisihan tentang pendapatan dan pengeluaran.

Siapkan Dana Darurat

9 juli darurat
racikkata.blogspot.com

Terkadang kebutuhan tak terduga bisa muncul, seperti biaya sakit, bantuan untuk keluraga, dan lain-lain. Maka dana darurat memiliki fungsi sebagai dana cadangan dalam kondisi keuangan. Ia berperan sebagai biaya-biaya tidak terduga di luar anggaran kita.

Saling Terbuka

9 juli saling terbuka
dadangsuprianto10.blogspot.com

Dalam membina suatu keluarga, keterbukaan merupakan hal yang sangat penting. Sebab yang akan diwarisi oleh pasangan kita tidak hanya kekayaan tapi bisa juga mewarisi hutang.

Sebaiknya jika memiliki hutang segera dibicarakan dan terbukalah dengan menceritakan masalah hutang. Kalian bisa segera melunasi hutang-hutang tersebut terutama hutang yangbersifat konsumtif.

Mulailah juga berkomitmen untuk tidak berutang. Keterbukaan dalam hal keuangan memang wajib dilakukan karena cara itu membuat pasangan kita akan memahami dan menerima segala kemungkinan yang akan terjadi di masa depan tanpa merasa dibohongi.

Membuat Proteksi Atau Asuransi

9 juli asuransi01
lolading.com

Setiap aset yang kamu miliki mempunayai risiko, maka kamu bisa memproteksinya. Kalian bisa memiliki asuransi kesehatan, jiwa, kendaraan, dan lain sebagainya.

Sebelum membeli atau memilih premi dari produk proteksi itu, pelajarilah dengan sekasama dan tentunya harus disesuaikan dengan keadaan kantong.

Membuat Tujuan dan Investasi

9 juli dana pendidikan
yessidian.wordpress.com

Pada awal-awal pernikahan sebaiknya segera buat tujuan-tujuan keuangan keluarga kalian untuk masa depan.

Misalnya tentang dana pendidikan anak, dana ibadah haji, dana pensiun, dana beli rumah, dan lain-lain. Kalian bisa melakukan investasi seperti properti,  emas, dan lain sebagainya. Atau bisa juga lho sekarang ini hanya dengan uang Rp. 100.000, 00 sudah bisa berinvestasi.

Evaluasi Secara Berkala

9 juli evaluation-graph
bangfajars.wordpress.com

Tujuan dilakukannya investasi ini agar keuangan rumah tangga kalian selalu terpantau dengan baik dan berjalan pada jalurnya.

Kalaupun keuangan tersebut ‘berbelok’ maka segera mediskusikan hal tersebut bersama-sama.

Fokus Pada Prioritas

9 juli fokus
laliung.wordpress.com

Tetap fokus pada prioritas kalian, maka cara itu tidak akan membuat kalian keluar dari jalur dan tetap pada tujuan bersama.

Hal tersebut memberikan manfaat antara lain membuat keharmonisan keluarga tetap terjaga dengan baik, membuat kalian lebih disiplin dan menjadikan pernikahan kalian bahagia sesuai dengan harapan.