Beberapa bulan lagi akan memasuki tahun ajaran baru. Lulusan SMA sekarang sedang berlomba-lomba mencari perguruan tinggi yang mereka suka. Saat kamu memasuki dunia mahasiswa, nuansanya akan sangat berbeda dari nuansa ketika kamu SMA.

Kamu akan mendapatkan lebih banyak tuntutan. Mulai dari prestasi, teman, adaptasi sampai dengan harus lebih mandiri. Yang paling penting, kamu bisa memotivasi diri sendiri. Kalau di masa perkuliahan merasa jatuh, kamu mesti bisa bangkit lagi.

Tapi, tenang saja guys. Ada 6 tips yang akan menolong kamu untuk menghadapi dunia baru bernama perkuliahan. Simak yuk, ulasannya.

1Cari Teman Saat Ospek

hipwee.com

Perponcloan ketika ospek sudah tidak zaman lagi. Pemerintah sudah melarang adanya aktivitas nyeleneh saat momen penerimaan mahasiswa baru. Walaupun ada beberapa perguruan tinggi yang masih melanggar larangan pemerintah.

Nah, di kala ospek adalah kesempatan kamu untuk mencari teman sebanyak mungkin. Minimal carilah 5 orang teman. Kalau kamu punya teman, apapun yang kamu lakukan akan mudah.

Mengerjakan tugas, hangout dan saat kamu membutuhkan pertolongan, ada teman yang siap menolong. Apalagi saat kamu kesulitan mempelajari mata kuliah, teman kamu mungkin bisa membantu kamu memahaminya.

2Jangan Malu Bertanya Pada Senior

wecarewelove95.blogspot.com

Mahasiswa baru notabenenya tidak tahu seluk beluk perkuliahan. Kamu pasti belum kenal betul bagaimana karakter dosenmu. Tipsnya, bertanyalah pada senior di kampus.

Jangan takut dianggap cari perhatian, yang penting kamu berniat baik. Kalau bukan bertanya pada senior, siapa lagi yang akan kamu tanyai. Bertanyalah sebanyak mungkin hal yang kamu tahu, asalkan kamu tetap menghormati seniormu.

3Memperluas Pergaulan

hipwee.com

Ketika masih SMA, teman-teman kamu terbatas. Kamu tidak banyak memiliki teman di luar sekolah. Sekarang, saat kamu menginjak bangku kuliah, perluaslah pertemanan kamu.

Semakin banyak teman, semakin mudah hidup kamu selama kuliah. Cari teman di segala tingkat, entah yang sebaya atau bahkan para senior.

Percaya deh, mereka akan menolong kamu dalam mendapatkan hal yang ingin kamu tahu. Misalnya, kamu butuh pindah kos, mereka akan bersegera menolong kamu.

4Pinjam Buku ke Senior

hipwee.com

Para dosen kadang-kadang menyuruh mahasiswanya untuk membeli buku tertentu. Jangan buru-buru beli di toko. Bertanyalah dulu pada senior kamu. Mungkin, di antara mereka ada yang punya.

Bagaimana kalau mereka tidak punya? Gampang. Mintalah pada seniormu untuk memberitahu kamu cara mencari versi e-book atau minta tolong dicarikan ke kawannya. Lalu, kamu fotokopi saja bukut tersebut.

Pokoknya, tidak perlu buru-buru beli. Harga buku teks mahal lho, guys. Kecuali, jika kamu memang mampu membelinya.

5Gunakan Uang Bulanan Secara Bijak

ciricara.com

Mahasiswa pasti dikasih jatah bulanan sama orang tuanya. Apalagi kalau hidup jauh dari orang tua, jatah bulanan yang kamu dapatkan harus digunakan dengan cermat. Kurangi jajan yang tidak perlu. Jangan suka foya-foya, kalau tidak ingin hidup sengsara.

Belajarlah untuk menghitung, berapa biaya untuk jatah kamu makan, untuk biaya praktikum, uang semesteran dan masih banyak lagi. Gunakan sebijak mungkin ya, untuk meringankan beban orang tua kamu.

6Jadilah yang Terbaik Dari Diri Kamu

hipwee.com

Lelah karena jadwal kuliah yang padat merupakan hal wajar. Apalagi mahasiswa baru, biasanya kuliah pagi pulang petang. Tapi, jangan sampai tertidur saat kuliah ya. Selain rugi ilmu, kamu juga akan mendapatkan kesan buruk dari dosen dan teman-teman.

Selama kuliah, tunjukan yang terbaik dari diri kamu. Jadilah diri sendiri dan jangan suka copas, baik dari sikap, perilaku, tugas kuliah sampai ujian. Tinggalkan kesan baik agar kamu mendapatkan hasil seperti yang kamu inginkan.