Pada bulan Ramadhan terdapat suatu malam yang sangat istimewa. Lailatul Qadar, seorang muslim yang sangat mencintai Allah SWT dan Rasul-Nya tentu sangat merindukan malam istimewa tersebut.

Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari 1000 bulan, atau jika dihitung 83 tahun 3 bulan.

Pada malam itu para malaikat turun ke bumi yang dipimpin lansung oleh Malaikat Jibril atas ijin Allah, malam itu penuh dengan kedamaian.

Dalam surah Al-Qadr, Allah SWT menjelaskan pada malam inilah Al-Qur’an  diturunkan.Beribadah pada malam ini lebih baik daripada beribadah selama seribu bulan.

Banyak ibadah yang dapat dilakukan untuk menghidupkan malam-malam 10 terakhir Ramadhan agar mendapatkan Lailatul Qadar, seperti memperbanyak tilawah Al-Qur’an, sholat, dzikir, bahkan biasanya umat muslim banyak yang beri’tikaf di masjid.

Lantas bagaimana dengan wanita yang sedang haid pada 10 malam terakhir Ramadhan? Bagaimana cara menghidupkan 10 malam terakhir tersebut agar bisa mendapatkan kemuliaan Lailatul Qadar?

Tak perlu khawatir, terdapat banyak aktivitas ibadah yang dapat dilakukan wanita yang sedang haid di malam-malam 10 terakhir Ramadhan.

Berdo’a Sebanyak-banyaknya Kepada Allah SWT

25 doa wanita haid
www.jabarmerdeka.co

Berdo’a pada malam-malam tersebut sangat mustajab untuk dikabulkan. Dari Al-Nu’man bin Basyir, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Do’a itu adalah ibadah, kemudian beliau membaca 60 surah Gahafir yang artinya:

‘dan Tuhanmu berfirman, berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.’” (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Daud, al-Nasa’I, dan Hakim)

Sehingga meskipun wanita sedang haid, tak ada halangan baginya untuk senantiasa memanjatkan do’a-do’anya.

Mengulang Hafalan Al-Qur’an Atau Mendengarkan Murottal Al-Qur’an

25 murottal
nuraniberhijrah.blogspot.com

Wanita yang sedang haid dapat melakukan muroja’ah atau mengulang kembali hafalan Al-Qur’an yang dikuasai.

Kamu juga bisa mendengarkan rekaman Al-Qur’an hingga khatam. Intinya kita dianjurkan untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

Berdzikir

25 dzikir
uktiindah.blogspot.com

Wanita yang sedang haid masih bisa untuk berdzikir dengan sebanyak-banyaknya, dan sebaik-baik dzikir pada sepertiga akhir malam adalah istighfar.

“dan pada akhir malam  mereka memohon ampunan (kepada Allah).” (QS. Az-Zariyat [51] : 18)   

Menyediakan Kebutuhan Orang yang Sedang Beri’tikaf

25 itikaf
mahdiyatusyauqiya.wordpress.com

Kamu juga bisa menyediakan kebutuhan bagi orang yang sedang beri’tikaf, bisa berupa makanan ataupun dalam bentuk sedekah uang. Segala kebaikan apa saja yang mudah dan ringan bisa kita lakukan pada malam itu.                   

Menambah Pengetahuan

25 baca
cigrey.blogspot.com

Selain cara di atas, wanita yang sedang haid bisa membaca buku-buku keagamaan yang dapat menambah pengetahuan tentang Islam dan dapat mendapatkan diri kepada Allah.

Semakin banyak ilmu yang diperoleh, akan semakin menambah kecintaan kita kepada Allah SWT.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan wanita haid untuk menghidupkan Lailatul Qadar. Ternyata menghidupkan Lailatul Qadar tidak hanya terbatas dengan shalat, tapi mencakup semua bentuk ibadah kepada Allah.