Untuk Para Introvert, Inilah Cara Ampuh Agar Tetap Percaya Diri Saat Melakukan Presentasi

Posted on

Berbicara di depan umum adalah hal mudah yang biasa dilakukan oleh para ektrovert. Baginya hal itu merupakan suatu kebahagiaan sendiri ketika berbicara di hadapan banyak orang.

Akan tetapi lain halnya dengan seorang introvert, mungkin bisa dibilang seperti berada di ‘neraka dunia’ saat harus berhadapan dengan orang banyak dan berbicara di hadapan mereka.

Ketika kamu sedang menempuh studi, tentu yang namanya melakukan presentasi belajar tidak dapat dihindari. Rasa gugup, takut, tidak percaya diri kadang menggelayut di dalam diri.

Namun, kamu harus mengatasi semua itu. Kamu seorang introvert tak perlu khawatir, berikut beberapa tips jitu agar tetap percaya diri dan lancar saat presentasi di depan banyak orang.

Buatlah Materi Presentasi yang Mumpuni

kiki widyasari 10 slide
cumibunting.com

Lain halnya dengan seorang ektrovert yang pandai dalam mengungkapkan segala isi pikirannya, seorang introvert merupakan seorang yang memiliki kemampuan berpikir matang-matang sebelum mereka berbicara namun mengungkapkan apa yang ia pikirkan adalah keahliannya.

Maka dari itu persiapakan apa yang akan dipresentasikan dengan slide yang mumpuni, runtut dan komperhensif. Kamu bisa membuat slide yang atraktifdan tentunya mudah dipahami.

Sebab slide merupakan unsur terpenting dalam presentasi, dengan slide yang oke akan membuat audience tertarik dan kamupun bisa berpresentasi dengan percaya diri.

Lakukan Latihan Presentasi di Depan Cermin atau Temanmu

10 cermin
papasemar.com

Terkadang ada ketakutan tersendiri jika apa yang terjadi saat presentasi diluar dugaanmu. Tentu kita tidak tahu apa yang akan terjadi di sana.

Untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan ‘buruk’ itu, sebaiknya persiapakn dirimu dengan baik. Kamu bisa melakukan latihan berbicara di depan cermin.

Mengatur nada bicaramu, arah pandanganmu, atau mengetes penyampaian materi yang kamu punya. Kamu juga bisa melakukan laithan di depan temamu, mintalah ia untuk mengajukan pertanyaan apapun bahkan yang sulit sekalipun.

Cara tersebut akan membantu dalam mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di hari H.

Saat Menghadapi Audience, Tatap Titik Tepat di Atas Kepala Audience

10 tatapan
arifwicaksanaw.blogspot.com

Kadang tatapan audience bisa menjadi hal yang sangat mengerikan yang dapat menciutkan nyali. Tapi kamu jangan khawatir, ketika presentasi kamu tidak harus menatap mata audience.

Kamu bisa mentapa titik di atas kepala audience, seolah kamu melihat mereka. Itu adalah trik yang bisa kamu terapkan untuk menghalau rasa gugup yang melibatkan kontak mata.

Jangan lupa juga untuk sesekali menatap sekeliling ruangan agar nerveous itu terminimalisir.

Tersenyumlah Sebelum Memulai Presentasi

rileks
selikuliah.blogspot.com

Senyum merupakan sesuatu yang sangat sederhana, tapi bisa berdampak luar biasa. Cobalah untuk melemparkan senyumanmu kepada audience sebelum melakukan presentasi.

Hal itu akan membuatmu merasa lebih tenang dan para audience pun akan merasa senang sebab kamu telah menyapa mereka dengan senyuman hangatmu.

Saat Panik, Tarik Nafas Panjang dan Lepaskan Perlahan

10 gugup
blog.komunikasiefektif.com

Ketika rasa gugup dan panik berada pada titik puncak, segerlah tarik nafas panjang dan katakan pada dirimu bahwa semua akan baik-baiksaja dan ini hanya sebentar, semangati dirimu sendiri.

Cara itu cukup membantu, sebab yang bisa menenangkan dirimu hanya kamu sendiri.

Just Be Your Self

10 just be yourself
senibicara.blogspot.com

 

Banyak yang beranggapan bahwa presentasi yang sukses itu adalah presentasi yang cair dan terdapat humor yang mampu membuat gelak tawa audience.

Akan tetapi, sebenarnya tidak selalu seperti itu. Jika kamu tidak memiliki sense of humor tinggi, sebaiknya tidak perlu memaksakan diri untuk melakukan lelucon, nanti jadinya malah membuat garing suasana.

Jadilah dirimu sendiri, presentasikan materi itu dengan gaya dankemampuanmu. Yang terpenting adalah meateri presentasimu dapat diterima audience.

Selamat mencoba dan percayalah kamu pasti bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *