Akhir-akhir ini banyak pemberitaan kriminal tentang kasus pemerkosaan ataupun tindak kekerasan yang lagi-lagi perempuan menjadi korbannya.

Sangat miris dan memperhatinkan memang, bahkan dalam beberapa kasus para pelaku kejahatan sampai tega membunuh korban.

Bagi kaum perempuan yang sering keluar sendirian pasti sangat merasa was-was. Memang sebaiknya perempuan senantiasa waspada apalagi jika menghadapi situasi yang berpotensi menjadi tindakan kriminal.

Semakin kamu mengetahui informasi yang benar, maka semakin baik persiapanmu jika kamu berada dalam kondisi yang kurang berkenan.

Maka perlu kamu tahu pengetahuan tentang pertahanan diri, agar kamu tidak merasa takut dan nyaman ketika berada di luar dimanapun kamu berada.

Berikut beberapa langkah pertahanan diri yang harus dikuasai perempuan.

Secara Mental Persiapakan Dirimu

30 mental kiki widyasari
susiynr.tumblr.com

Dalam hal ini, persiapkan mentalmu agar terhindar dari kepanikan maka tubuhmu akan lebih mudah untuk bergerak dan mencari bantuan terdekat.

Dengan mengetahui apa yang akan kamu lakukan ketika menghadapi situasi sulit melawan penjahat maka hal itu bisa menolongmu untuk memanggil bantuan.

Buat Rencana Matang Agra Dapat Memperkirakan Apa Saja yang Akan Kamu Lakukan

Bagi kamu yang tidak mememiliki keahlian dalam teknik bela diri tidak perlu khawatir. Tidak harus bersabuk hitam untuk mempertahankan atau melindungi dirimu dari orang jahat.

Kamu bisa melihat video online di internet atau mengikuti seminar. Setelah kamu mengetahui beberapa teknik atau strategi dalam menghadapi lawan, praktikan srategi tertentu dalam skenario yang berbeda.

Pekalah Terhadap Keadaan Sekitar

30 peka
fariznhuda.wordpress.com

Saat berada di keramain jangan sampai kamu terlena dan tidak waspada. Perhatikan apa yang ada di sekitarmu, tetaplah waspada.

Jangan sibuk bermain handphone saja. Jika kamu melihat gerak-gerik pria yang mencurigakan segera menjauhlah tapi jangan menunjukkan bhawa kamu takut.

Misal kamu merasa ada yang mengikutimu, menyebranglah ke sisi jalan yang lain atau masuk ke sebuah toko.

Jangan Terlihat Sebagai Korban

30 kuat
blackhiden.blogspot.com

 

Para ‘pemangsa’ memilih korbannya tidak sembarangan, tentu dengan pertimbangan. Mereka biasanya menyerang perempuan dengan rambut panjang yang dikuncir sehingga dapat dengan  mudah ditarik atau dijambak.

Tidak hanya itu, dari segi pakaianpun juga bisa, mereka biasanya melihat pakaian korban apakah bisa dengan mudah untuk dilucuti atau tidak. Namun, kamu bisa menghindari kemungkinan buruk dengan menunjukkan bahwa kamu kuat.

Maka dari itu senantiasa dalam pikiran yang jernih, sebab perempuan yang terlihat bingung atau linglug  juga bisa menjadi sasarannya. Serta tetaplah berada pada wilayah yang ramai banyak orang agar aman.

Mengetahui Letak Kekuatanmu dan Kelemahannya

30 lemah
penyakitjantungnya.blogspot.co.id

Kamu harus mengetahui dimana letak kekuatanmu juga. Perlu diketahui bahwa sikumu merupakan titik terkuat pada tubuhmu.

Misal jika kamu dan lawan sudah terlalu dekat gunakan sikumu. Atau jika kamu telah terjatuh di tanah, tendang pelaku dengan kakimu.

Selain itu sangat perlu diketahui letak kelemahan pria. Terdapat empat titik kelemahan pria yakni pada mata, leher, bagian jakun selangkangan dan lutut.

Jika kamu dalam kondisi di bekap dari belakang maka cubit legan dekat ketiak dengan keras. Atau lakukan teknik lain sebisa mungkin terutama pada titik-titik terlemahnya.

Kadang berada dalam situasi seperti itu sangat menakutkan. Akan tetapi  kamu masih bisa membuat keputusan cerdas untuk bisa menghindari resiko yang ada. Percayalah pada kemampuan dirimu.