Soe Hok Gie. Namanya tentu tak asing di telinga kita. Soe Hok Gie atau yang biasa dipanggil Gie, adalah salah satu aktivis paling berpengaruh di masanya.

Ia adalah sosok yang telah memberikan teladan baik bagi generasi muda Indonesia. Pemikirannya yang cerdas, perjuagannya yang berkobar membuka mata anak muda lebih meningkatkan kesadaran mereka dalam bidang politik.

Kepergiannya satu hari sebelum ulang tahunnya saat itu, menyisakan duka yang mendalam di hati keluarga, teman dan kerabatnya.

Kala itu Gie begitu kritis terhadap pergolakan rezim penguasa di tanah air ini. Apakah kamu juga aktivis kampus?

Yang terkadang jengah dengan ‘kebobrokan’ pemerintah? Memang semangat mahasiswa sangatluar biasa mereka sangat kristis.

Akan tetapi ada juga mahasiswa yang hanya bisa turun ke jalan dan berdemo ‘tidak jelas’, dengan aksi membakar ban, berteriak-teriak, saling bersahut-sahutan.

Kamu bisa meneladani sikap Gie berikut agar kamu tahu bagaimana menjadi seorang demonstran atau mahasiswa yang ‘cerdas’.

1Murni, Setiap Aksinya Tak Pernah Ditungganggi Kekuasaan

www.blog-netizen.com

Gie adalah sosok yang hanya menuntut kebenaran. Ia bukanlah seorang yang mengejar kekuasaan. Tidak heran jika ia memberikan kritikan keras ketika banyak mahasiswa yang menjual ideologinya untuk sebuah kekuasaan.

Saat ia masih menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia, Gie sangat tidak setuju akan kehadiran oragnisasi kemahasiswaan yang merupakan antek partai.

Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi itu kerap memaksakan kehendak dan pola pikir. Maka  dari itu Gie membentuk gerakan mahasiswa independen di kampusnya.

Kala itu organisasi mahasiswa memiliki pengaruh yang sangat kuat bagi para mahasiswa.  Ditunjuklah Herman O Lantang untuk calon ketua senat Fakultas Satra.

Ya bisa dilihat bagaimana Gie hanya ingin mencari dan menuntut kebenaran tanpa ada maksud politik apapun.

2Ia Tidak Hanya Mengkritik Tapi Juga Memberi Ide yang Membangun

www.haidunia.com

Memang sejak kecil Gie suka mengunjungi toko buku ataupun perpustakaan bersama kakaknya, Arif Budiman. Bahkan karya-karya sastra yang sangat berat pun sering dibaca.

Maka tidak heran jika ketika sudah besar ia memiliki pengetauan yang luas dan kesadaran politik yang tinggi.

Gie dikenal sebagai penulis yang produktif. Kritikan-kritikannya terhada kebobrokan pemerintah saat itu sering dimuat di koran-koran ternama.

Tindakannya itu dilakukan agar pemerintah atau pejabat ‘bersedia’ membuka mata terhadap rakyat yang sedang menderita.

Namu, Gie tidak hanya mengkriktik, ia juga selalu memberikan gagasan yang yang cerdas. Gagasan itu berisi ide tentang apa yang seharusnya dilakukan pemerintah agar Indonesia lebih baik.

3Gie Tak Pernah Membenci Lawannya yang Berbeda Pandangan

rheyzaurusworld.files.wordpress.com

Meski Gie memiliki sikap yang keras dan pemikiran yang tajam terhadap hal yang menyangkut ketidakbenaran dan ketidakadilan. Akan tetapi ia tak pernah membenci orang-orang yag tak seide dengannya.

Salah satu contohnya, kala itu Gie memang gencar mengkritik PKI dengan sangat pedas, namun ia juag menjadi sosok yang sangat mengencam aksi pembantaian PKI.

klosetide.files.wordpress.com

Gie yang juga merupakan seorang pecinta alam itu meninggal di puncak tertinggi tanah Jawa, Mahameru.

bellazoditama.files.wordpress.com

Akan tetapi sampai saat ini nafas perjuangannya masih hidup, tulisan-tulisannya telah terangkum ke dalam berbagai judul buku.

Sikap Gie di atas dapat kamu teladani sebagai mahasiswa yang ingin bersatu padu membangun negeri.

Sekarang kita membutuhkan generasi muda yang cerdas dan kreatif guna kemajuan Indonesia menjadi bangsa yang besar.