Merokok sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian orang di sekitar kita. Adalah pemandangan yang sering kita lihat, orang-orang dengan kepulan asapnya yang berada di terminal, transportasi umum, ruangan, dan lain-lain.

Bagi kamu yang bukan perokok aktif sebagian akan merasa terganggu jika ada yang merokok di dekatmu.

Bahaya akan rokok sudah jelasl-jelas diketahui dan banyak contoh kasus dampak merokok bagi kesehatan. Zat-zat yang terkandung di dalam rokok sangat membahayakan.

Namun, ternyata menjadi perokok pasif malah lebih berbahaya lho, jika tidak segera dihindari. Perokok pasif memang secara tidak langsung menghirup asap hasil dari isapan rokok perokok aktif.

Justru itu, mengisap rokok saja sudah sama hanlya menghiap racun kemudian ‘olahan’ zat yang dihisap tadi dikeluarkan dalam wujud asap yang didalamnya sudah mengadung racun lebih berbahaya.

Kamu pastinya tidak mau menjadi perokok pasif kan? Lakukan beberapa hal di bawah ini agar terhindar dari perokok aktif.

1Berilah Kode Jika Ada yang Merokok di Dekatmu

www.gakuku.com

Misalnya kamu tengah berada di tempat umum. Agak jengkel mungkin ya, saat orang yang di dekatmu merokok, asapnya sangat mengganggu.

Coba berilah kode seperti menutup hidungmu, bagi perokok yang peka ia akan menyingkir dari mu. Jika tidak mempan cobalah sambil batuk-batuk.

Cara ini dirasa agak tidak menyinggung perokok aktif, karena jika menegur dengan kata-kata langsung ia akan tersinggung apalagi orang tersebut tidak kita kenal.

2Tegur Si Perokok Aktif

www.youtube.com

Cara ini bisa kamu lakukan jika perokok aktif tersebut orang yang sudah kamu kenal dengan baik misalnya teman atau sahabatmu. Kamu bisa menyampaikan secara langsung bahwa rokoknya sangat mengganggu.

Mungkin kamu bisa menyuruhnya agar dia memilih tempat lain untuk merokok agar tidak mengganggu orang lain bahkan kamu bisa menasehati tentang bahaya merokok dan memberinya saran untuk berhenti merokok.

3Memakai Masker di Tempat Umum

malikherbal.blogspot.com

Adalah hal yang terkadang tidak bias kita hindari, yakni tempat umum. Tempat umum adalah tempat yang tidak terhindar dari asap rokok.

Karena belum semua tempat umum ada area bebas asap rokok. Nah, solusi agar aman dari asap rokok adalah menggunakan masker.

Masker dapat melindungimu dari bau asap rorok, selain itu juga dari asap-asap kendaran atau polusi udara.

4Ciptakan Rumah Bebas Asap Rokok

aditya-pbun.blogspot.com

Rumah merupakan tempat tinggal kita, dimana kita memulai hari-hari. Maka dari itu, mulailah terapkan aturan larangan bagi siapa pun yang merokok di dalam rumah.

Lindungi keluarga kita dari bahaya rokok.

5Pilih Tempat “Area Bebas Rokok”

blog.thomsonreuters.com

Agar tetap aman dan nyaman berada di tenat umum, pilihlah tempat yang bebas dari asap rokok, atau sering dikenal dengan No Smoking Area.

Misalnya tempat makan yang bebas rokok, kamu bisa menikmati makanan tanpa takut akan asap rokok yang mengepul.

Nah, itulah beberapa cara agar terhindar dari asap rokok yang membahayakan. Cukup mudah kan? Silahkan dicoba.